hamilplus.com

Cara Klaim Asuransi Kesehatan yg Benar, Dijamin 100% Approved

Biaya pengobatan di Indonesia termasuk tinggi. Oleh karena itu, asuransi kesehatan menjadi solusi terbaik bagi masyarakat untuk menjamin menghindari risiko-risiko kesehatan yang tidak diinginkan. Berbagai perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi kesehatan yang  beragam.

Asuransi kesehatan umumnya menanggung biaya rumah sakit yang meliputi biaya perawatan inap maupun biaya perawatan jalan, biaya pembedahan atau operasi, dan biaya lain yang berhubungan dengan pengobatan.

Sayangnya, terkadang pihak perusahaan asuransi terkadang menolak klaim asuransi kesehatan yang diajukan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pahami dulu cara klaim asuransi kesehatan.

CAra Klaim Asuransi kesehatan Swasta Sesuai Prosedur CAra Klaim Asuransi Swasta Sesuai Prosedur

Biaya perawatan rumah sakit mencakupi biaya perawatan inap dan biaya perawatan jalan. Dua tipe pembiayaan ini mempunya cara klaim asuransi kesehatan yang berbeda. Berikut penjelasannya.

  1. Rawat Inap

Biaya rawat inap diberikan kepada pengguna asuransi yang harus menjalani perawat danmenginap di rumah sakit. Agar klaim disetujui pihak perusahaan asuransi, simak cara klaim asuransi kesehatan rawat inap berikut

  • Penuhi Syarat Melakukan Klaim

Ada beberahal hal yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan klaim. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah masa premi harus aktif, cicilan premi sudah lunas, dan polis tidak sedang dalam masa tenggang.

  • Hubungi Pihak Asuransi

Sebaiknya sebelum menjalani rawat inap, piha asuransi sudah diberi tembusan. Namun, apabila dalam ekadaan darurat, hubungi pihak perusahaan asuransi sesegera mungkin atau paling tidak 2×24 jam setelah rawat inap. Pihak perusahaan asuransi juga dapat dihubungi melalui agen-agen asuransi atau pihak pelayan rumah sakit yang mengurusi asuransi.

  • Lampirkan Dokumen Pendukung

Saat hubungi pihak asuransi, jangan lupa lekangi dokumen pendukung seperti identitas diri, nomor polis, data rumah sakit, dan rujukan dari dokter. Dokumen pendukung ini sangat penting untuk proses selanjutnya.

  • Pemilihan Rumah Sakit

Setelah data masuk, pihak perusahaan asuransi akan menyetujui rumah sakit yang dipilih apabila rumah sakit tersebut termasuk rekanan pihak perusahaan asuransi atau Anda akan diberi alternatif rumah sakit lain yang merupakan rekanan pihak perusahaan asuransi.

  • Penyelesaian Klaim

Setelah rumah sakit disetujui, tunjukan identitas polis pada pihak rumah sakit. Segala administrasi sudah menjadi urusan pihak rumah sakit dan perusahaan asuransi. Seluruh biaya perawatan akan menjadi tanggungan perusahaan asuransi selama masih dalam batas maksimal pertanggungan yang tercantum dalam polis. Selisih biaya yang ditimbulkan baru menjadi kewajiban pengguna asuransi.

  1. Rawat Jalan

Cara klaim asuransi kesehatan rawat jalan juga berlaku untuk mengajukan klaim atas rawat inap di rumah sakit nonprovider. Pihak tertanggung harus mengeluarkan biaya sendiri terlebih dahulu baru mengajukan klaim penggantian biaya. Berikut cara klaim asuransi kesehatannya.

  • Pengisian Formulir

Isi dan lengkapi data formulir dengan benar dan jujur.

  • Lengkapi Dokumen

Agar klaim yang diajukan disetujui, persiapkan bukti pembayaran atau tanda terima asli, laporan lengkap dari dokter, rincian biaya pengobatan dari dokter, biaya obat-obatan dan jasa yang diberikan.

  • Mengajukan Klaim Sebelum Masa Kadalawursa

Setiap perusahaan asuransi mengatur kebijakan masa kadaluwarsa pengajuan polis. Oleh karena itu pengajuan klaim harus dilakukan sesegera mungkin setelah kejadian. Hal ini bertujuan agar pihak asuransi dan pihak rumah sakit dapat saling memberi informasi dengan cepat.

baca:  Perusahaan Penyedia Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia

Pada saat menyerahkan tagihan  dan mengisi formulir, pastikan semua data diisi sesuai rincian jelas dan benar. Pastikan penulisan data seperti nama, tanggal lahir, nama dokter, dan identitas polis sudah tepat. Hal ini agar klaim asuransi kesehatan yang diajukan segera dapat diproses dan diterima.

Informasi diatas adalah cara klaim asuransi kesehatan secara umum. Sebelum melakukan klaim atas asuransi Anda, pahami kebijakan dan aturan mengenai cara klaim asuransi kesehatan Anda yang terdapat di dalam polis. Kunci utama klaim diterima adalah sesuai dengan perjanjian yang terdapat dalam polis.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan yg Benar, Dijamin 100% Approved

durasi baca: 4 min
⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆