Bayi 1 Bulan Susah Tidur? Inilah Penyebab dan 5 Solusinya

Menghadapi bayi 1 bulan susah tidurtentunya tidak mudah. Bayi yang baru lahir atau berusia 1 bulan rata-rata memiliki durasi tidur selama 14 jam sampai 18 jam.

Saat beristirahat, otak bayi akan bekerja lebih keras untuk berkembang secara optimal. Sayangnya, hingga kini kasus bayi susah tidur masih banyak dijumpai karena beberapa faktor penyebab.

bayi 1 bulan susah tidur

Penyebab bayi 1 bulan susah tidur

Ada asap ada api, jadi tidak mungkin bayi tidak bisa tidur jika tidak ada rangsangan dari dalam maupun luar tubuhnya. Orang tua wajib mengenal beberapa penyebab bayi susah tidur berikut ini:

  • Sakit batuk atau pilek
  • Dibiarkan tidur sendirian sehingga bayi jadi gelisah
  • Merasa tidak nyaman dengan ranjang tidurnya
  • Bayi merasa lapar
  • Lampu ruangan terlalu terang
  • Rewel atau kolik (kondisi saat bayi terus menangis selama berjam-jam)

5Cara mengatasi bayi susah tidur

Pola tidur bayi 1 bulan berbeda dengan bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas. Mereka membutuhkan waktu lebih banyak untuk beristirahat. Mereka hanya bangun di waktu-waktu tertentu karena lapar atau buang air. Saat bayi mengalami susah tidur lakukan tips berikut:

  1. Tidak memakai lampu terlalu terang

Terlepas bayi tidur di kamarnya sendiri atau tidur bersama orang tua, saat malam hari pastikan untuk tidak menyalakan lampu utama. Anda cukup menyalakan lampu tidur yang cahayanya tidak terlalu terang. Waktu tidur siang bayi, orang tua tidak perlu menyalakan lampu sama sekali, cukup manfaatkan cahaya sinar matahari.

  1. Memberikan ASI secukupnya dan secara teratur

Bayi kurang tidur bisa disebabkan karena kurang cairan atau merasa lapar. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk memberikan ASI secara teratur supaya bayi mudah tidur. Saat menjelang tidur malam, jangan biarkan bayi tidur tanpa minum ASI sama sekali.

  1. Hadir selalu di dekat bayi

Bayi 1 bulan masih sangat kecil sehingga mereka memerlukan perhatian yang lebih besar saat ingin tidur. Bayi cenderung akan menangis saat orang tua meninggalkan mereka seorang diri. Bayi juga suka ditepuk halus di pantatnya ketika sedang mengantuk dan ingin tidur.

  1. Menjaga asupan ASI dan Gangguan Kembung

Penyebab lain mengapa bayi susah tidur karena bayi mengalami kolik. Kolik terjadi pada bayi karena perut yang penuh dengan gas.

Penyebab kolik banyak sekali, salah satunya karena pola makan ibu. Saat ibu mengonsumsi makanan yang penuh gas lalu memberikan ASI kemungkinan besar bayi akan mengalami kolik.

  1. Atur jam tidur secara konsisten

Orang tua harus sudah mulai mengarahkan bayi untuk memiliki jam tidur yang teratur sejak dini. Ibu harus memastikan bayi tidur di jam-jam yang sama setiap harinya dengan begitu bayi bisa mengantuk di waktu tidur yang sama. Ibu dapat menimang bayi untuk membuat mereka belajar memenuhi jadwal tidur secara konsisten.

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Batuk Berdahak?
Inilah Cara Efektif Mengatasinya

Bayi 1 bulan susah tidurbukanlah hal sederhana, karena di usia tersebut bayi lebih banyak tidur dari pada membuka mata mereka. Atasi bayi susah tidur dengan tepat sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.