Produk Asuransi Kesehatan yang Bagus dengan Premi Kompetitif

Produk asuransi kesehatan yang bagus. Di era sekarang, kebutuhan akan asuransi kesehatan memang penting. Gaya hidup yang lebih banyak tidak sehatnya ditambah penyakit yang mudah saja menyerang, membuat kita harus bersiap jika sewaktu-waktu sakit.

advertisement

Tentunya, dengan memiliki asuransi kesehatan, masalah pengobatan penyakit yang mahal akan terbantu. Seperti diketahui, banyak sekali jenis asuransi kesehatan sekarang ini dengan keunggulannya sendiri-sendiri. Mulai dari askes dari pemerintah mau pun swasta, semua menawarkan produk terbaiknya untuk Anda.

Nah, bagaimana tips memilih produk asuransi kesehatan yang bagus? Berikut ulasannya!

Produk asuransi yang bagus

BPJS Atau Asuransi Swasta?

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah yang satu ini. Sebelum menilik langkah-langkah berikutnya, pastikan dulu Anda ingin memakai BPJS yang notebene askes dari pemerintah, atau asuransi kesehatan milik perusahaan swasta?

advertisement

Kesehatan masing-masing individu di Indonesia memang sudah diklaim milik BPJS sejak UU tentang BPJS ini berlaku. BPJS juga memberikan pelayanan yang cukup bagus, baik dari segi cek kesehatan rutin, rawat inap, operasi, sampai melahirkan. Tentu ada premi yang harus dibayar secara rutin setiap bulan.

Namun, ada juga hal yang bisa dijadikan perbandingan BPJS vs asuransi swasta. Contoh kecilnya adalah, peserta BPJS harus rela mengantri panjang ketika berobat, yang mana hal ini tidak akan terjadi bila Anda menggunakan asuransi kesehatan swasta. Selain itu, biasanya beberapa RS yang bekerja sama dengan BPJS tidak bersedia menerima pasien BPJS apabila ruangannya penuh. Pilihan rumah sakit ini juga terbatas dan harus sesuai dengan domisili peserta BPJS tersebut.

Hal ini berbanding terbalik dengan askes milik swasta. Alih-alih harus meminta rujukan ke sana-kemari dulu seperti BPJS, Anda langsung bisa menggunakan asuransi ini di rumah sakit provider. Dalam berbagai hal seperti fleksibilitas, kenyamanan, juga kecepatan layanannya, asuransi kesehatan swasta memang bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan BPJS.

Nah, bagaimana? Sudah memutuskan ingin memakai asuransi kesehatan yang mana?

advertisement

Pilihlah yang Cashless

Tips memilih asuransi kesehatan selanjutnya adalah cashless. Dengan sistem ini, Anda akan dimudahkan dalam urusan penggantian klaim. Misalnya, saat masuk rumah sakit provider Anda tidak harus membayar. Dengan menyelesaikan tagihan dan menggesek kartu asuransi saja, maka biaya sudah akan tercover. Anda tidak perlu repot untuk membayar di muka, kemudian melakukan proses reimbursement dan sebagainya.

Namun begitu, sistem cashless ini hanya bisa digunakan di rumah sakit yang memang sudah bekerja sama dengan asuransi yang Anda gunakan. Karena, pihak RS tentunya harus menyediakan mesin untuk menggesek kartu asuransi tersebut, bukan?

Pastikan Jaringan RS-nya Luas

Tips kedua untuk memilih produk askes yang baik adalah yang satu ini. Sebelum memutuskan menggunakan asuransi tersebut, pastikan pihak asuransi bekerja sama dengan banyak rumah sakit. Jika Anda memiliki rumah sakit langganan, pastikan juga askes tersebut bekerja sama dengan rumah sakit itu. Meski bisa menggunakan claim cashless, tapi klaim tersebut tidak berlaku untuk rumah sakit yang tidak bekerja sama dengan pihak asuransi. Jadi, pilih asuransi yang jaringan RS-nya luas, supaya Anda tidak repot nantinya.

Perhatikan Plafond dan Preminya

Berikutnya, perhatikan plafond dan premi yang akan Anda dapat dan bayarkan untuk asuransi kesehatan ini. Hal tersebut memang bisa dipilih sesuai keinginan, tapi Anda perlu tahu juga fasilitasnya. Misalnya, jika Anda mengambil premi yang rendah, nantinya fasilitas yang akan didapat juga sepadan. Bahkan, mungkin saja Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengcover kekurangan biaya yang tidak ditanggung asuransi.

Plafond dan premi ini sifatnya juga berbanding lurus. Semakin mahal ukuran kamar rumah sakit yang diminati, maka akan makin mahal juga preminya. Karena itu, pilihlah premi yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai asuransi ini terkesan memberatkan, ya!

lifepal.co.id Produk asuransi yang bagus

Pilih Perusahaan Asuransi yang Terpercaya

Hal yang satu ini juga tidak boleh luput dari perhatian. Banyak sekali perusahaan asuransi kesehatan swasta di Indonesia yang menawarkan produknya. Pilihlah yang terpercaya dan tidak membebani Anda. Anda bisa membuka profil lifepal.co.id untuk mencari informasi asuransi jiwa dan kesehatan yang paling tepat.

Nah, itu dia beberapa tips memilih produk asuransi kesehatan yang bagus. Bagaimana, sudah semakin mantap memilih? Semoga bermanfaat!

advertisement