Pantangan Makanan Calon Pengantin untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Menjelang pernikahan, pastinya calon pasangan pengantin harus mempersiapkan fisik sebaik mungkin agar tidak sakit pada hari-H. Selain itu, pastinya mereka juga perlu menjaga penampilan yang bugar agar tampil sempurna. Pantangan makanan calon pengantin menjadi hal yang wajib dilakukan termasuk latihan fisik seperti olahraga dan diet sehat.

Dengan begini maka gaun dan pakaian pengantin yang dikenakan akan kelihatan bagus. Berikut daftar jenis pantangan makanannya.

Inilah daftar jenis pantangan makanan calon pengantin

  1. Makanan instant

Makanan cepat saji alias instant biasanya mengandung garam, zat pengawet serta gula dalam jumlah banyak. Makanan ini sementara waktu sebaiknya jangan dimakan, apalagi makanan cepat saji umumnya menganduk lemak dan kalori tinggi.

Jika Anda terlanjur mengonsumsinya maka imbangi dengan makanan mengandung kalium. Kandungan ini akan membantu tubuh memproduksi air. Anda bisa makan pepaya, pisang, alpukat, kiwi, mangga dan dandelion hijau yang kaya akan kalium.

Pantangan Makanan Calon Pengantin

  1. Makanan dengan garam tinggi

Kurangi mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi karena terlalu banyak garam bisa menyebabkan kulit berminyak dan mudah berjerawat.

Jadi, kalau Anda menginginkan kulit kelihatan cantik maka jangan sementara waktu hindari makanan dengan garam tinggi.

  1. Biji-bijian

Jenis makanan ini memang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi menjelang hari pernikahan sebaiknya dihindari. Biji-bijian bisa memicu perut kembung dan Anda jadi mudah buang angin. Lalu kandungan gula di dalamnya juga susah dicerna oleh pencernaan tubuh.

  1. Gorengan

Buat Anda yang sangat suka mengonsumsi gorengan dan cemilan yang digoreng, maka hal ini justru kebiasaan yang harus dihilangkan menjelang pernikahan. Masalahnya goreng-gorengan bisa menambah berat badan berlebih karena kandungan kalori dan lemak yang banyak, membuat perut terasa mudah kembung, dan peradangan. Apalagi gorengan yang digoreng dengan minyak yang sudah dipakai berulang-ulang.

  1. Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi di pagi hari memang kelihatan enak dan menyenangkan. Akan tetapi, minuman berkafein seperti ini ada baiknya tidak dikonsumsi menjelang pernikahan karena bisa membuat tubuh jadi mudah dehidrasi. Kandungan di dalamnya cepat menyerap cairan.

  1. Minuman bersoda/ berkarbonasi

Pantangan sebelum menikah adat Jawa ataupun modern sebaiknya menghindari jenis minuman berkarbonasi/ bersoda. Buat calon pasangan pengantin kandungan karbonasi bisa memberikan efek yang kurang baik bagi tubuh.

Beberapa contoh yang harus dihindari yaitu minuman soda, minuman bir/ sampanye, minuman dengan kadar gas tinggi, dan minuman berkalsium tinggi. Jenis minuman ini gampang membuat perut kembung.

  1. Produk susu dan olahannya

Susu dan produk olahannya seperti keju sangatlah susah untuk dicerna oleh pencernaan tubuh. Selain itu susu juga mudah memicu bloatin yang membuat orang jadi sering buang angin. Akan lebih baik menghindari susu dan olahannya sehari sebelum jelang hari pernikahan.

  1. Sayuran tertentu

Beberapa jenis sayuran harus dihindari menjelang pernikahan yaitu kembang kol, brokoli, dan kubis karena bisa membuat perut jadi mudah kembung. Memang dalam diet sehat, sayuran menjadi hal yang wajib dilakukan. Tapi sayuran dengan kandungan raffinose bisa menghasilkan gas dan membuat perut kembung.

Baca juga:
Pantangan Makanan Cacar Ular Bagi Penderita Herpes Zoster

Itulah beberapa jenis pantangan makanan calon pengantin yang harus dihindari, apalagi menjelang hari pernikahan. Memiliki pernikahan yang sempurna tidak hanya soal jasa catering, tata rias, dan dekorasi.

Calon pasangan pengantin juga perlu berusaha menjaga kesehatan dan penampilan tubuh. Lalu makanan apa yang sebaiknya dimakan? Jenis makanan berserat tinggi dan bernutrisi seperti sayuran, buah dan gandum.


📌 Rekomendasi Artikel

⓵ Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah
⓶ Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu
⓷ Ucapan Ulang Tahun untuk Suami
⓸ Ucapan Ulang Tahun untuk Anak
⓹ Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak
⓺ Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri
⓻ Ucapan Anniversary ke Suami atau ke Istri
⓼ Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah
⓽ Ucapan Bela Sungkawa Duka Cita
⓾ Sindiran untuk Suami Yang Tidak Pengertian
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah bila Sering Dipakai
➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Kulit
➥ Efek Samping Produk Pemutih Fair and Lovely
➥ Pelembab Wardah untuk Kulit Berminyak Berjerawat
➥ Efek Samping dan Manfaat Produk TheRaskin