Bayi 1 Bulan Sering Kentut Terus? Begini Tips Cerdas Mengatasinya

Apakah bayi 1 bulan sering kentutmenandakan gejala penyakit? Di dalam tubuh bayi terdapat banyak gas yang membuatnya mudah untuk bersendawa dan kentut sepanjang hari. Kondisi ini dipengaruhi karena bayi sering makan sehingga sistem pencernaannya bekerja tanpa henti sepanjang waktu.

Salah satu penyebab bayi sering kentut adalah  nutrisi makanan yang mengandung gas yang diperoleh dari MPASI awal sebelum bayi berusia 6 bulan. Salah satu contohnya seperti memberikan jus jeruk pada bayi.

bayi 1 bulan sering kentut

Fakta tentang bayi 1 bulan sering kentut

Bayi 1 bulan memiliki sistem pencernaan yang masih belum sempurna. Ketika menyusui, sistem pencernaan bayi tidak mampu untuk memecah makanan dengan baik sehingga gas terjebak di dalam usus menyebabkan bayi sering kentut.

Seiring dengan pertumbuhannya, sistem pencernaan bayi mulai sempurna, bayi tidak lagi sering kentut. Berikut ini beberapa penyebab atau kondisi tertentu yang menyebabkan bayi sering kentut disertai BAB:

  • Ketidakseimbangan bakteri di dalam tubuh

Bayi dilahirkan dengan sistem pencernaan yang baik, usus bayi tidak mengandung bakteri baik atau probiotik. Pada umumnya, bakteri baik berfungsi sebagai tambahan enzim pencernaan dan memproses nutrisi makanan.

Tidak heran jika bayi memerlukan waktu beberapa bulan agar bisa mencerna susu formula atau ASI yang selanjutnya membuat gas terbentuk secara berlebihan. Saat bayi memperoleh bakteri baik dari ASI maka otomatis bayi akan mengalami sering kentut setiap hari bahkan disertai dengan buang air besar.

  • Posisi menyusui yang salah

Salah satu penyebab bayi sering kentut dan bau karena posisi menyusui yang keliru. Saat bayi menyusui dengan posisi yang salah, bayi akan menelan banyak gas yang kemudian membentuk gelembung pada usus.

Cara terbaik mengatasi ini adalah dengan mengatur posisi menyusui, pastikan bayi memperoleh ASI dari kedua payudara atau dengan menempatkan bayi secara vertikal.

  • Bayi minum susu dari botol

Mengapa bayi sering kentut dan mengejan? Salah satu penyebab adalah kebiasaan orang tua yang memberikan susu melalui botol. Bayi akan menelan gas lebih banyak saat minum dari botol apalagi bila memakai puting dot berukuran kecil, alhasil bayi jadi sering kentut dan terkadang mengejan.

Cara alami mengatasi bayi sering kentut

Sebelum membawa bayi ke dokter, orang tua bisa mencoba cara ini untuk mengatasi bayi sering kentut:

  1. Meletakkan bayi pada posisi tengkurap lalu perlahan-lahan pijat punggung bayi hingga bayi mengeluarkan gas dengan bersendawa atau kentut.
  2. Oleskan minyak telon pada perut bayi.
  3. Pijat perut bayi dengan perlahan searah jarum jam lalu gerakan kaki bayi seperti mengayuh sepeda.

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Bisa Apa Selain Menangis, Ngompol, Pup & Tidur?

Dengan mengetahui penyebab bayi 1 bulan sering kentut, semoga orang tua bisa mengatasi kondisi tersebut. Karena usia bayi terlalu muda, hendaknya tidak langsung memberikan obat-obatan tertentu.


📌 Rekomendasi Artikel

⓵ Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah
⓶ Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu
⓷ Ucapan Ulang Tahun untuk Suami
⓸ Ucapan Ulang Tahun untuk Anak
⓹ Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak
⓺ Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri
⓻ Ucapan Anniversary ke Suami atau ke Istri
⓼ Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah
⓽ Ucapan Bela Sungkawa Duka Cita
⓾ Sindiran untuk Suami Yang Tidak Pengertian
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah bila Sering Dipakai
➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Kulit
➥ Efek Samping Produk Pemutih Fair and Lovely
➥ Pelembab Wardah untuk Kulit Berminyak Berjerawat
➥ Efek Samping dan Manfaat Produk TheRaskin