Bayi 1 Bulan Bisa Apa Selain Menangis, Ngompol, Pup & Tidur?

Di usianya yang masih sangat kecil nyatanya bayi 1 bulan bisa apa saja. Balita tidak hanya bisa menangis dan tidur, ada beberapa aktivitas yang sudah dapat mereka lakukan.

Pertumbuhan dan perkembangan bayi memang sangat cepat, tanpa kita sadari bayi sudah bisa membuka mata mereka, tersenyum bahkan tertawa saat diajak bercanda. Perkembangan ini tidak terjadi tanpa rangsangan, tentunya dengan stimulasi orang tua.

bayi 1 bulan bisa apa, perkembangan bayi usia 0-1 bulan, stimulasi perkembangan bayi 1 bulan

Perkembangan bayi 1 bulan bisa apa dan bagaimana?

Berikut ini aktivitas yang biasa dilakukan bayi saat berusia 1 bulan:

  1. Mengoceh

Orang tua bisa mengajak bayi bicara atau hanya tersenyum padanya. Senyuman dan ocehan yang ibu katakan akan dibalas dengan ocehan ala bayi.

Temukan timing waktu saat dimana bayi dalam mood yang baik. Misal pagi hari setelah mandi atau bahkan dinihari. Terus ajak bayi bercanda dan berbicara untuk mengasah perkembangan bayi usia 0-1 bulan.

  1. Mengenal kaki dan tangannya

Tidak banyak orang yang tahu, faktanya bayi yang baru lahir belum menyadari jika mereka mempunyai kaki dan tangan. Tapi di usia 1 bulan, bayi mulai menunjukkan aktivitas mengeksplorasi tubuhnya. Tangan dan kaki menjadi anggota tubuh yang pertama kali bayi eksplorasi.

  1. Mengangkat kepala

Orang tua bisa meletakkan bayi dalam posisi tengkurap, bayi akan mulai berusaha untuk mengangkat kepalanya bahkan menoleh ke kiri dan kanan.

  1. Mengikuti benda/ objek dengan mata

Jika diperhatikan maka mata bayi dapat mengikuti gerakan objek yang ada di depan mereka. Misalnya saja saat ibu menggerakkan mainan ke kanan dan kiri di depan wajah si kecil atau saat ibu sedang berbicara, mata bayi dapat mengikuti gerakan kepala Anda.

Selain beberapa perkembangan di atas, bayi sebulan juga sudah mulai belajar untuk menggenggam benda yang ditaruh di tangannya. Meski mereka biasanya belum dapat melepaskan benda yang ada di tangannya meski mereka ingin.

Contoh stimulasi yang bisa diberikan ibu pada bayi

Agar perkembangan bayi 1 bulan tidak terlambat dari bayi lain di usia yang sama, ibu bisa melakukan beberapa stimulasi perkembangan bayi 1 bulan berikut ini:

  • Agar bayi mengangkat kepala

Pertama-tama, tempatkan bayi pada posisi telungkup lalu ibu bisa menggerakkan mainan favoritnya atau membuat suara bising di depan bayi. Mereka akan belajar merespons dengan mengangkat kepalanya.

  • Agar bayi meraih dan menendang mainan

Orang tua bisa membeli mainan gantung yang aman untuk bayi, mainan yang berwarna cerah dan bisa mengeluarkan suara serta berputar. Gerakan mainan tersebut dan lihat bagaimana respons bayi, apakah bayi mulai belajar meraih atau menendang mainan tersebut?

  • Agar bayi berbicara

Ibu dan ayah harus rajin mengajak bicara bayi termasuk ketika bayi sedang diberi ASI, ketika bayi sedang dimandikan atau saat berbaring di ranjangnya. Dengan rangsangan suara ini, bayi akan mulai merespons lalu mengeluarkan ocehan ala bayi.

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Susah Tidur? Inilah Penyebab dan 5 Solusinya

Ternyata bayi 1 bulan bisa apasaja tetap orang tua yang merangsang dan memperhatikan. Sudah sejauh mana perkembangan bayi 1 bulan Anda? apa sudah bisa diajak bercanda atau sudah bisa tersenyum?