Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Resep Daging Kambing Biar Empuk dan Tidak Bau Prengus

Resep daging kambing biar empuk merupakan informasi yang banyak dicari khususnya oleh para ibu. Terlebih menjelang momen Idul Adha dimana stok daging kambing sering menumpuk. Daging kambing merupakan salah satu jenis daging merah yang memang memiliki ciri khas bau serta teksturnya yang memang cenderung alot.


Banyak orang yang tidak menyukai daging kambing karena alasan bau prengus yang tidak hilang meski telah melalui proses pengolahan.

Resep daging kambing biar empuk dan tidak bau prengus

Ikuti beberapa resep atau cara membuat daging kambing lebih empuk dan tidak prengus berikut ini:

  • Jangan mencuci daging kambing

Daging kambing sebaiknya tidak dicuci sebelum dimasak. Berbeda dengan jenis daging lainnya yang memang harus dicuci terlebih dahulu sebelum diolah. Jika daging kambing dicuci, maka tekstur dagingnya akan jauh lebih alot dan bau prengusnya tambah menyengat.

resep daging kambing biar empuk resep daging kambing biar empuk

Untuk menyiasati daging kambing yang tidak dicuci, sebaiknya rebus dahulu daging kambing kemudian buang air rebusannya barulah daging kambing diolah menjadi berbagai sajian sesuai selera.

  • Taburi garam

Cara kedua supaya daging kambing lebih empuk serta tidak prengus ketika diolah adalah dengan menaburi garam. Langkah ini dilakukan jika Anda sudah terlanjur mencuci daging kambing mentah.

baca :  Resep Makanan Dari Singkong (Singkong Thailand) Mudah dan Lezat

Balurkan garam pada permukaan daging kambing kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam. Proses penaburan garam pada daging mampu menetralisir darah pada daging kambing yang menjadi penyebab utama bau menyengat.

  • Menyingkirkan lemaknya

Bau prengus yang tajam pada daging kambing berasal dari lapisan lemak yang banyak menempek pada daging kambing. Lapisan lemak ini biasanya berwarna putih. Jadi, untuk mengurangi bau dan tekstur kerasnya, hilangkan lemak-lemak tersebut dengan pisau khusus.

  • Mencampur air jeruk nipis

Banyak orang yang bertanya berapa lama merebus daging kambing supaya memperoleh tekstur empuk. Akan tetapi jika memang dari proses pembersihannya saja sudah salah, maka tekstur ini tidak akan diperoleh meski memasak daging selama berjam-jam.

Resep agar daging kambing empuk dan tidak bau prengus bisa dilakukan dengan mengaplikasikan air jeruk nipis pada irisan daging kambing yang telah dibumbui. Setelah itu diamkan selama 1 jam terlebih dahulu sebelum diolah sesuai selera.

  • Menambahkan parutan buah pir

Pir merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan air dan rasanya manis. Ternyata buah ini juga mampu membuat daging kambing menjadi lebih empuk dan tidak bau prengus yang menyengat. Caranya mudah saja yakni berilah parutan pir pada daging kambing sebelum diolah dan diamkan dahulu selama 30 menit hingga 1 jam.

  • Menggunakan daun pepaya

Cara membuat daging kambing empuk dan tidak bau yang selanjutnya tergolong mudah yakni hanya dengan menggunakan daun pepaya. Daun dengan rasa pahit ini mampu meredakan bau prengus dan melunakkan daging kambing yang memang alot. Caranya sangat mudah sekali yakni tinggal selimuti daging kambing sebelum diolah dengan potongan daun pepaya mentah lalu diamkan selama 30 menit.

  • Menambahkan parutan nanas

Membuat tekstur daging menjadi lebih empuk juga dapat dilakukan dengan menambahan parutan nanas. Buah yang satu ini mampu membuat tekstur berbagai daging menjadi empuk termasuk daging kambing. Caranya sangat mudah yakni merendam dahulu daging kambing dengan parutan nanas yang keluar airnya selama 30 menit. Setelah itu baru olah daging sesuai selera.

baca :  Rahasia Resep Sop Konro Daeng Tata

Dengan menerapkan beberapa resep daging kambing biar empuk dan tidak berbau menyengat di atas, maka Anda dapat membuat berbagai macam masakan tanpa khawatir banyak yang tidak menyukainya. Berbagai variasi masakan lezat dapat dibuat dari daging kambing. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi daging kambing karena kadar kolesterolnya cukup tinggi.

✰ advertisement ✰