Pantangan Makanan Darah Rendah Agar Badan Tak NgeDrop Lagi

Kalau Anda sering merasa cepat lelah dan kepala merasa pusing, maka itu mungkin gejala Anda memiliki tekanan darah rendah. Jika memang iya, maka sudah pasti Anda dianjurkan melakukan pantangan makanan darah rendah yang bisa menyebabkan sakit lebih parah.

Umumnya tekanan darah manusia normal ada di sekitar 120/80 mm HG, sementara mereka yang punya darah rendah biasanya antara 90/60 mm HG. Selain pengobatan lewat konsumsi obat, Anda juga sebaiknya menjaga asupan makan seperti berikut.

Pantangan Makanan Darah Rendah

Inilah pantangan makanan darah rendah yang harus dijalani

Gejala atau ciri-ciri darah rendah kambuh yaitu merasa pusing, badan merasa ringan, mual, tidak enak badan, lemah, penglihatan kabur, detak jantung lebih cepat dari biasanya, merasa bingung, kedinginan, dan sebagainya. Bagi yang sering merasakan darah rendah kambuh maka sebaiknya dilarang konsumsi:

  1. Gorengan

Makanan gorengan adalah jenis makanan yang begitu digemari karena memang rasanya yang enak. Akan tetapi gorengan yang kebanyakan dijual biasanya mengandung minyak trans yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Sifatnya yang mengikat nutrisi tubuh dan menghambat aliran darah sehingga memicu tekanan darah rendah. Kalau memang mau mengonsumsi gorengan, maka sebaiknya masak sendiri dengan minyak yang selalu baru dan memakai minyak zaitun.

  1. Makanan cepat saji/ instant

Makanan cepat saji seperti mie instant memang kurang baik bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi terus menerus dalam jumlah banyak. Akan lebih baik Anda jangan sering mengonsumsinya karena bahan pengawet dan bahan lain yang terkandung di dalamnya dapat menghambat usus untuk mencerna makanan.

Apalagi mie instant kurang mengandung nutrisi baik zat besi maupun serat sehingga tubuh biasanya akan menolak asupan makanan lain setelah mengonsumsi mie instant. Apalagi mie instant bersifat menekan rasa lapar dan pada akhirnya memicu darah rendah.

  1. Air kelapa muda

Air kelapa meski menyegarkan, namun rupanya bisa menurunkan suhu tubuh dan tekanan darah dalam sekejab apalagi setelah seseorang merasa lelah akibat olahraga atau kerja berat. Air kelapa mengandung ion yang dapat menggantikan cairan tubuh sehingga tak baik dikonsumsi penderita darah rendah.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi buah untuk penderita darah rendah seperti: buah naga, kiwi, apel, manggis, anggur dan jenis buah yang mengandung mineral, zat besi, mineral dan vitamin.

  1. Makanan asam

Jenis makanan asam dapat membuat lambung iritasi dan menyebabkan nafsu makan jadi berkurang. Hal ini karena asam lambung meningkat dan bisa sampai timbul luka di bagian lambung hingga menekan nafsu makan. Jika seseorang kurang makan nutrisi maka otomatis kekurangan zat besi dan darah rendah dapat kambuh.

  1. Belimbing, labu parang dan mentimun

Ketiga jenis makanan di atas mengandung mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh namun tidak untuk mereka yang punya darah rendah.

Pasalnya ketiga buah tersebut bersifat menekan tekanan darah dan menekan jumlah sel darah berlebihan supaya seimbang. Memang kondisi ini bagus untuk penderita darah tinggi, namun tidak bagi penderita darah rendah.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung gula buatan berkadar tinggi dan ditambah lagi terdapat zat pengawet di dalamnya. Kandungan gula tersebut bisa memicu peningkatan kadar gula di dalam darah sekaligus menghambat penyerapan gula alami dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Akibatnya, tubuh jadi kekurangan nutrisi untuk memperbaiki kualitas sel darah merah.

Baca juga:
Pantangan Makanan Darah Tinggi (Hipertensi) agar Tidak Kumat Lagi

Selain pantangan makanan darah rendah di atas, Anda juga ada baiknya hindari makanan yang kurang berserat karena makanan tinggi serat akan membantu memperbaiki jumlah sel darah merah.