Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Menyimpan Daging Kurban agar Tahan Lama di Freezer Kulkas

Cara menyimpan daging kurban penting untuk diketahui terutama bila daging tidak langsung dimasak. Salah satu cara adalah dengan pemanfaatan kulkas/freezer. Hal ini demi menjaga kualitas daging kurban agar tetap segar dan tidak segera busuk.


daging kurban

Daging kurban yang diterima saat perayaan Idul Adha kebanyakan diolah untuk sate, namun ada juga yang dimasak sebagai gulai, kare, tongseng, sampai menu nasi. Metode masaknya sendiri berbeda-beda, ada yang perlu ditunggu sampai beberapa hari agar daging lebih empuk jika sudah lewat proses pelayuan.

Cara menyimpan daging kurban agar tetap segar dan tidak busuk

Memang idealnya daging qurban dimasak di hari daging dipotong dan diterima saat Idul Adha. Namun, bagi yang ingin menyimpannya terlebih dahulu maka berikut cara menyimpan daging qurban yang benar:

  1. Tidak perlu dicuci

Sebelum Anda menyimpan daging kurban yang didapatkan, lebih baik daging tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Kalau Anda cuci dengan air kran, ditakutkan bakteri dan kuman akan masuk ke pori-pori daging dan akan membuat daging cepat busuk dan mempengaruhi kualitasnya. Cara yang benar adalah daging baru dicuci ketika mau dimasak.

cara menyimpan daging kurban, cara menyimpan daging qurban yang benar, cara menyimpan daging qurban dalam kulkas

  1. Pisahkan daging jadi beberapa potong

Biasanya saat Idul Adha, satu orang bisa menerima daging kurban begitu banyak dan tidak habis dimasak dalam satu hari itu juga. Jadi kalau Anda menerima banyak daging kurban ada baiknya jangan menyimpan daging besar secara utuh misalnya 2-4 kilogram di freezer kulkas.

πŸ“‹ Recommended  Resep Wafel Keju Bergizi Tinggi bagi Keluarga

Akan lebih baik kalau Anda potong-potong daging yang besar tersebut menjadi beberapa bagian lebih kecil, kemudian baru disimpan di dalam plastik misalnya ukuran Β½ – 1 kilogram. Saat daging hendak dimasak, ambil 1 kantong plastik daging dari dalam freezer sedangkan yang lainnya biarkan tetap membeku. InsyaAllah dengan cara penyimpanan yang benar, maka daging kurban bahkan bisa tahan lama hingga berhari-hari.

  1. Simpan daging di bagian kulkas yang sejuk

Sebelum daging kurban dimasukkan ke freezer, ada baiknya daging disimpan terlebih dahulu ke bagian kulkas yang sejuk sekitar 4 hingga 5 jam. Setelah nanti daging kurban sudah agak dingin maka Anda baru pindahkan daging itu ke bagian freezer. Inilah cara menyimpan daging qurban dalam kulkas yang paling baik.

  1. Simpan dengan plastik bening atau tas kresek warna putih

Saat ingin menyimpan daging kurban ke dalam plastik atau tas kresek sebelum dimasukkan ke kulkas/ freezer, maka lebih baik jangan simpan daging di tas kresek warna hitam. Mengapa? Karena tas kresek yang berwarna hitam itu biasanya adalah hasil daur ulang yang ditakutkan mengandung karsinogen. Zat karsinogen ini bisa memicu sakit kanker, maka dari itu lebih baik pakai plastik bening atau tas kresek yang berwarna putih.

πŸ“‹ Recommended  Resep Pastel Tutup, Makanan Ala Retoran Mewah

Cara mencairkan daging kurban yang sudah beku

Sebagai tips tambahan, setelah Anda tahu cara yang benar bagaimana menyimpan daging kurban ke dalam freezer, maka selanjutnya Anda perlu memperhatikan juga bagaimana mencairkan daging kurban yang sudah membeku sebelum dimasak.

Sebaiknya jangan mencairkan daging yang beku dengan disiram air panas. Cara yang benar yaitu cukup letakkan daging yang sudah beku di bawah air kran suhu normal yang mengalir (daging biarkan saja masih ada di dalam plastik terbungkus rapat).

Baru setelah daging dirasa sudah empuk, plastik atau tas kresek bisa dibuka. Sebelum dimasak, cuci dagingnya terlebih dahulu, tiriskan dan daging kurban siap diolah menjadi masakan lezat. Demikian informasi mengenai cara menyimpan daging kurban dan mencairkannya.

✰ advertisement ✰