Pantangan Makanan Faringitis Bagi Penderita Radang Tenggorokan

Ada beberapa pantangan makanan faringitisyang wajib dihindari agar kondisi tenggorokan tidak makin parah. Radang tenggorokan atau faringitis merupakan pembengkakan yang terjadi di faring.

Faringitis ini umumnya disebabkan oleh bakteri dan virus yang kemudian mengakibatkan rasa gatal dan luka pada tenggorokan hingga penderita sulit menelan makanan.

Daftar pantangan makanan faringitisatau radang tenggorokan

Selain harus minum obat serta istirahat cukup, penderita faringitis juga harus mematuhi pantangan makanan radang tenggorokan agar lebih cepat sembuh sehingga tenggorokan bisa bekerja seperti biasanya.

pantangan makanan faringitis (buah untuk penderita radang tenggorokan)Berikut ini beberapa pantangan makanannya:

  1. Makanan Pedas

Bila Anda berpikir jika makanan pedas bisa menghilangkan rasa gatal, maka itu suatu kekeliruan. Makanan pedas justru memperparah kondisi tenggorokan dan akan memicu lukanya makin parah. Maka dari itu, hindari konsumsi makanan pedas yang mengandung lada, cengkeh, cabai serta rempah lainnya.

Meskipun sangat gemar makan makanan pedas, untuk merawat kesehatan tenggorokan dan membuatnya menjadi lebih baik, pastikan tidak mengonsumsi makanan ini dalam jumlah yang banyak.

  1. Makanan Atau Minuman Asam

Semua yang berasa masam bisa memperburuk faringitis, setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam, rasa nyeri ketika menelan akan menjadi jauh lebih parah. Jika terbiasa untuk minum jus jeruk setiap hari, maka bisa mengganti jeruk dengan buah yang lebih manis.

  1. Pasien Faringitis Pantang Konsumsi Makanan Kering

Ketika tenggorokan sedang sakit biasanya akan menjadi lebih sensitif terhadap makanan yang ditelan. Maka dari itu, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan kering seperti gorengan, kacang-kacangan, keripik atau biskuit, karena akan semakin melukai tenggorokan.

Pilihlah makanan yang bertekstur lembut atau encer dengan kandungan mineral yang banyak supaya tenggorokan tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menelan makanan.

  1. Produk Susu

Saat seseorang mengalami radang tenggorokan makanan yang dihindari sangat bervariasi termasuk olahan susu, seperti keju, es krim, yoghurt, dsb. Susu memicu produksi lendir yang bisa menyebabkan rasa gatal di tenggorokan sehingga tentunya dengan mengonsumsi produk susu, faringitis tidak akan sembuh dalam waktu dekat.

  1. Alkohol

Tidak hanya memberikan pengaruh negatif bagi lambung kita, minuman beralkohol juga bisa meningkatkan rasa nyeri pada tenggorokan. Ketika Anda sedang mengalami radang pada tenggorokan, usahakan untuk menghindari konsumsi minuman atau makanan yang memiliki kadar alkohol tinggi.

  1. Makanan Bersantan

Santan adalah makanan berlemak yang bisa mengakibatkan produksi lendir makin banyak, pengaruh santan hampir sama dengan pengaruh susu terhadap tenggorokan kita yakni bisa menyebabkan rasa sakit dan gatal yang sangat menyiksa.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Di Indonesia ada banyak makanan bersantan yang sangat populer seperti opor ayam, kari dan bubur ayam. Namun untuk sementara waktu, hindari konsumsi makanan bersantan tersebut supaya faringitis cepat sembuh.

  1. Kafein

Secangkir teh atau kopi panas memang bisa menenangkan rasa gatal di tenggorokan namun itu hanya awalnya saja, karena setelahnya tenggorokan akan terasa gatal dan rasa sakitnya akan lebih parah dari sebelumnya. Selain minuman, makanan dengan kafein juga wajib dibatasi.

Baca juga:
Pantangan Makanan dan Minuman Saat Haid agar Tidak Nyeri Perut

pantangan makanan faringitis streptokokal (buah untuk penderita radang tenggorokan)

Buah untuk penderita faringitis

Agar kondisi tenggorokan menjadi lebih baik, ada beberapa buah yang cocok untuk mengatasi radang tenggorokan, contohnya seperti buah pisang dan delima. Buah untuk penderita radang tenggorokan ini memiliki tekstur yang sangat lembut jadi mudah untuk ditelan termasuk bagi penderita faringitis.

Kandungan vitamin C dan B6 serta kalsium baik untuk proses penyembuhan tenggorokan. Sementara itu, kandungan pada jus delima mampu mencegah infeksi sekaligus membantu mengurangi peradangan. Demikian informasi tentang pantangan makanan faringitisserta buah yang bagus untuk penderita faringitis.