Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Apa Saja Jenis Mahar Pernikahan yang Digunakan di Momen Sakral ?

Jenis mahar pernikahan akan menjadi saksi resminya sebuah hubungan dengan status ikatan suami istri. Pernikahan merupakan sebuah momen yang sakral bagi pasangan pengantin dan akan membawa mereka menuju jenjang kehidupan yang baru.


apa saja mahar pernikahan, jenis mahar, Macam macam mahar, macam2 mahar, apa saja mahar untuk pernikahan, shampo yang membuat rambut cepat panjang dalam satu minggu loc:ID

Seorang pria yang hendak menikahi wanita pujaannya tentu sudah mampu betanggungjawab dan memenuhi kebutuhan lahir batin sang istri. Hal tersebut akan diucapkan sebagai janji suci tak hanya di hadapan saksi, namun juga di hadapan Allah. Mahar pun menjadi salah satu komponen wajib yang harus diberikan mempelai pria kepada mempelai wanita.

5 Jenis mahar pernikahan yang bisa dibawa

Penentuan hendak memberi mahar tentu sudah direncanakan dan dipersiapkan jauh-jauh hari selama proses persiapan pernikahan. Bagi yang masih mencari-cari ide hendak memberi mahar apa, berikut ini adalah berbagai macam-macam mas kawin atau mahar dalam pernikahan:

jenis mahar pernikahan emas cincin uang benda elektronik

  1. Seperangkat peralatan ibadah

Jenis mahar yang pertama ini hanpir selalu diberikan pengantin pria sebagai mahar dalam pernikahan. Misalnya saja dalam pernikahan pasangan muslim, perlengkapan ibadah yang biasanya diberikan antara lain mukena, sajadah, tasbih dan kitab suci Al Qur’an.

Bukan tanpa alasan, makna dari pemberian mahar perlengkapan sholat ini menjadi bukti bahwa sang suami akan membimbing sang istri dalam melaksanakan ibadah sholat yang lebih baik.

  1. Logam mulia

Bagi pengantin wanita yang tidak senang menggunakan perhiasan atau mengalami alergi saat memakai perhiasan, memberikan mahar logam mulia yang belum berbentuk perhiasan dapat menjadi langkah yang tepat. Logam mulia justru sekalian dapat dijadikan investasi dalam menjalani kehidupan bersama.

📋 Recommended  Jenis & Pengemasan Hantaran Coklat untuk Lamaran/ Pernikahan

apa saja jenis mahar pernikahan logam mulia

  1. Perhiasan

Namun bagi pengantin wanita yang suka memakai perhiasan, memberikan serangkaian perhiasan seperti kalung, gelang, cincin dan anting-anting merupakan langkah yang tepat.

Perhiasan yang diberikan tidak harus perhiasan emas, berlian, mutiara atau yang lainnya dapat dijadikan pilihan. Untuk berat dan jenisnya, dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

  1. Uang

Uang merupakan mahar yang sangat simple untuk diberikan kepada mempelai wanita. Ta perlu pusing-pusing dalam memilih jenis atau corak seperti mahar yang lainnya. Mahar pernikahan uang biasanya dibingkai menjadi berbagai bentuk yang cantik.

Nominalnya pun biasanya tidak sembarangan. Banyak yang menyamakan nominal dengan tanggal pernikahan, tanggal lahir istri, tanggal jadian dan lain sebagainya. Bahkan jenis mata uang yang digunakan juga sesuai dengan keinginan. Bisa dalam bentuk mata uang rupiah, dollar, ringgit, real, dan masih banyak lagi.

  1. Barang Favorit Berharga (Misal: Kamera)

Apabila sang calon istri memiliki hobi atau kegemaran tertentu, ternyata mahar juga bisa disesuaikan dengan kesukaannya tersebut. Misalnya saja jika calon mempelai wanita menggemari, bejerja atau menggeluti dunia fotografi, maka pemberian kamera sebagai mahar merupakan ide yang bagus. Berbagai jenis kamera yang dapat dijadikan refrensi antara lain kamera pocket, mirrorless hingga kamera antik.

📋 Recommended  Undangan Pernikahan Unik dan Bermanfaat serta Inspiratif

jenis mahar pernikahan yang sakral kendaraan mobil

Contoh jenis mahar pernikahan yang berupa benda lain adalah Kendaraan. Bisa berbentuk motor, mobil bahkan truk menyesuaikan kemampuan puhak lelaki. Opsi mahr ini sering terjadi baik itu di adat jawa atau pulai lainnya.

Arti Makna dan Filosofi Seserahan / Hantaran

Demikianlah beberapa inspirasi jenis mahar pernikahan yang dapat diberikan oleh calon pengantin pria kepada wanita pinangannya. Yang terpenting dalam pemberian mahar ialah disesuaikan dengan kemampuan. Apapun bentuk mahar yang Anda berikan, entah bernilai besar atau kecil, tak akan menentukan kebahagiaan kalian di masa depan. Mahar merupakan bukti dan tanda cinta kasih suami kepada sang istri, jadi pilihlah mahar yang benar-benar tepat.

✰ advertisement ✰