Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Arti Seserahan / Hantaran dan Macam-Macam Isinya

Arti seserahan yang sudah menjadi tradisi dalam setiap pernikahan dapat diartikan sebagai simbol bahwa calon pengantin pria sudah memiliki kemampuan untuk memberi nafkah lahir dan batin kepada sang calon istri. Atau dalam arti lain, seserahan dapat dikatakan sebagai simbol dari bentuk tanggungjawab seorang pria pada calon istrinya.


arti seserahan, Macam macam hantaran, arti mimpi diberi hantaran, tapsir mimpi kita seserahan nikah, arti mimpi melihat seserahan lamaran, arti mimpi melihatorg membawa seserahan dlm islm

Arti seserahan dari macam-macam isi hantarannya

Kemasan seserahan selalu dikemas secara menarik dengan berbagai hiasan yang disesuaikan dengan isi hantaran. Berikut ini adalah berbagai isi yang terdapat dalam seserahan beserta maknanya:

  • Daun sirih

Daun sirih masih banyak diberikan pada calon pengantin dalam tradisi Jawa. Pemberian daun sirih dalam seserahan adalah sebagai symbol dari dua hati yang menjadi satu. Adanya daun sirih juga semakin menguatkan tekad masing-masing calon mempelai untuk menjalani kehidupan bersama dengan berbagai perbedaan.

  • Makanan tradisional

Makanan tradisional merupakan isi seserahan yang wajib ada saat pernikahan berjenis makanan basah yang terbuat dari bahan yang lengket lainnya. Hal ini memiliki makna supaya tali silaturahmi dan ikatan pasangan pengantin beserta keluarga dari kedua pihak dapat terjalin dengan erat.

  • Beragam buah-buahan

Macam-macam hantaran selalu dikemas dengan sangat termasuk pada beragam buah. Buah yang wajib ada dalam seserahan adalah pisang raja. Untuk buah pelengkap lainnya, dapat disesuaikan dengan keinginan. Makna dari pemberian buah-buahan ini supaya pasangan pengantin dapat menghasilkan buah berlimpah dan membawa kebaikan bagi keluarga dan orang sekitarnya.

  • Peralatan make up

Peralatan make up sangat dibutuhkan oleh calon pengantin wanita. Tanyakan dahulu make up apa yang dikehendaki oleh calon pengantin wanita. Makna dari pemberian perlengkapan make up ini adalah supaya sang mempelai wanita dapat menjaga penampilannya.

  • Peralatan mandi

Selain perlengkapan make up, peralatan mandi juga wajib ada di dalam seserahan. Tujuan dari diberikannya perlengkapan mandi seperti handuk, sabun, sampo, lulur dan lainnya ini adalah agar pengantin wanita selalu menjaga kebersihan diri dan keluarganya.

  • Pernak Pernik

Pernak-pernik juga tak boleh ketinggalan saat memberi seserahan misalnya kalung, gelang, tas, sepatu, liontin dan masih banyak lagi. Kepercayaan di balik pemberian pernak-pernik adalah supaya sang wanita selalu menjaga kepercayaan suami dan akan selalu indah seperti berlian meskipun berbagai masalah menghadang.

  • Seperangkat pakaian

Pakaian sangat wajib hukumnya dalam seserahan yang diberikan kepada mempelai wanita yang meliputi busana dari ujung kaki hingga ujung kepala. Yang tak kalah penting dalam pernikahan adat jawa adalah jarik. Ada berbagai jenis jarik dalam seserahan yang penjelasanya terdapat pada ulasan berikutnya.

πŸ“‹ Recommended  Akad Nikah, Filosofi dan Makna Mendalam yang Ada di Baliknya

arti seserahan (isi hantaran, jenis jarik dalam seserahan, kenapa harus ganjil, macam macam hantaran )

Jenis-jenis jarik untuk seserahan

  • Sido mukti

Jarik atau kain batik yang diberikan saat seserahan biasanya juga akan digunakan saat akad. Jenis kain yang sering digunakan adalah sido mukti yang bertujuan agar memperoleh kehidupan rumah tangga yang dilimpahi kebahagiaan dunia akhirat.

  • Sido asih

Sido asih juga sering dijadikan pilihan untuk seserahan karena memiliki makna rasa sayang, cinta dan eman yang selalu melandasi perjalanan rumah tangga kedua mempelai.

  • Sido luhur

Sama halnya dengan kain motif sido luhur yang juga memiliki makna sangat baik yaitu supaya dalam berumah tangga selalu berbudi luhur dan jadi panutan masyarakat.

  • Sido mulyo

Sedangkan kain jenis sido mulyo memiliki makna bahwa pernikaahn tersebut mengharapkan kehidupan rumah tangga yang selalu mulia.

  • Sido drajat

Kain sido drajat melambangkan kehidupan rumah tangga yang memperoleh derajat dan pangkat yang mulia.

  • Wahyu tumurun
πŸ“‹ Recommended  Cara Mudah Membuat dan Menghias Seserahan Handuk

Untuk kain jenis wahyu tumurun memiliki makna memohon supaya memperoleh petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT.

Perbedaan Seserahan Lamaran dengan Pernikahan

Satu hal yang penting, dalam memberi seserahan, jumlah yang diberikan haruslah ganjil. Khususnya untuk pernikahan adat Jawa, kenapa seserahan harus ganjil? Jawabannya karena dalam agama Islam angka ganjil merupakan kesukaan nabi Muhammad SAW.

Dengan demikian, jumlah ganjil dipercaya akan memperoleh keberkahan dan pahala. Demikianlah beberapa ulasan mengenai arti seserahan, berbagai macam isi dan beragam informasi lainnya.

✰ advertisement ✰