Makanan Penyebab Rematik Kambuh Secara Tiba-tiba & Terasa Sakit

Makanan penyebab rematik kambuh memang ada baiknya dihindari kalau ingin tubuh tetap sehat. Rematik sendiri memang sering membuat persendian terasa sakit, namun rupanya penyakit ini juga menyerang di bagian otot, tulang dan jaringan sendi. Hal ini karena terjadi peradangan atau pembengkakan di bagian persendian serta jaringannya maupun otot dan tulang.

Inilah jenis makanan penyebab rematik kambuh

  1. Makanan yang dipanggang

Makanan yang dimasak dengan temperatur tinggi, misalnya makanan yang dipanggang juga bisa menjadi penyebab rematik kambuh. Hal ini karena ketika makanan dipanggang ataupun digoreng dengan temperatur tinggi akan menghasilkan zat yang disebut AGE.

Zat beracun ini dapat merusak protein tertentu dalam tubuh sehingga tubuh terpaksa mengeluarkan zat sitokin yang bisa menyebabkan peradangan.

makanan penyebab rematik kambuh

  1. Karbohidrat dan gula olahan

Lebih baik menghindari makanan dengan kandungan gula serta karbohidrat tinggi seperti kue berbahan tepung, permen, dan beberapa makanan olahan. Jenis makanan tersebut juga bisa menghasilkan zat AGE yang telah dijelaskan di atas.

  1. Daging merah

Daging merah mengandung zat purin yang cukup tinggi. Tidak hanya rematik, namun asam urat pun juga bisa kambuh akibat mengonsumsi daging merah. Lebih baik ganti daging putih yang memiliki kandungan purin lebih sedikit. Misalkan Anda pun ingin konsumsi daging merah seperti daging sapi, maka batasi jumlahnya.

  1. Bayam

Bayam menjadi jenis sayuran yang tidak boleh dimakan penderita rematik karena kandungan purinnya yang begitu tinggi. Meskipun sayuran bayam memang terkenal punya banyak mineral dan zat besi serta vitamin, namun sayur ini kurang baik dan bisa menyebabkan rematik kambuh. Ganti sayur bayam dengan sayuran yang boleh dimakan penderita rematik, misalnya wortel.

  1. Minuman kafein dan alkohol

Kedua jenis minuman ini memang sangat tidak baik bagi penderita rematik. Kafein dan alkohol bisa menguras nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan rematik dapat kambuh karena kekurangan nutrisi. Selain itu, mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko kena sakit rematik gout.

  1. Kerang

Makanan laut salah satunya seperti kerang memiliki kandungan purin yang tinggi dan bisa menyebabkan asam urat yang berujung pada gangguan rematik. Jika seandainya Anda ingin mengonsumsi kerang, maka lebih baik dibatasi sekitar 4-6 ons saja dan tidak boleh setiap hari. Tak ada salahnya mengonsumsi makanan laut asalkan jumlahnya dibatasi.

  1. Makanan cepat saji/ fast food

Makanan cepat saji yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya rematik. Kebanyakan lemak dapat meningkatkan resiko terjadinya peradangan yang membuat rasa tidak nyaman seperti rematik.

  1. Tomat dan kacang panjang

Selain sayur bayam, rupanya tomat juga menjadi sayuran yang sebaiknya jangan dikonsumsi apabila menderita penyakit asam urat serta rematik. Tomat juga mengandung purin yang tinggi dan sebaiknya cari alternatif sayuran lain. Selain tomat, kacang panjang dianjurkan untuk dihindari dengan alasan yang sama.

Rekomendasi makanan yang meringankan sakit rematik

Penuhi kebutuhan asupan makanan yang dapat meringankan gejala rematik seperti sayuran dan buah-buahan. Contoh buah yang berkhasiat untuk menyembuhkan rematik antara lain seperti buah pepaya karena kandungan antioksidan dan vitamin C-nya yang tinggi.

Baca juga :
Makanan Pantangan Penderita Cacar Air

Jenis sayuran berwarna-warni seperti kentang, brokoli, dan sebagainya juga sangatlah baik untuk meringankan rematik. Makanan biji-bijian serta minyak zaitun juga jadi kategori makanan  yang bisa dikonsumsi oleh penderita rematik.

Itulah beberapa daftar makanan penyebab rematik kambuh yang harus dibatasi dan dihindari asupannya. Semoga bermanfaat untuk pembaca ataupun sanak saudara yang sekarang sedang mengalami encok rematik


📌 Rekomendasi Artikel

⓵ Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah
⓶ Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu
⓷ Ucapan Ulang Tahun untuk Suami
⓸ Ucapan Ulang Tahun untuk Anak
⓹ Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak
⓺ Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri
⓻ Ucapan Anniversary ke Suami atau ke Istri
⓼ Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah
⓽ Ucapan Bela Sungkawa Duka Cita
⓾ Sindiran untuk Suami Yang Tidak Pengertian
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah bila Sering Dipakai
➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Kulit
➥ Efek Samping Produk Pemutih Fair and Lovely
➥ Pelembab Wardah untuk Kulit Berminyak Berjerawat
➥ Efek Samping dan Manfaat Produk TheRaskin