Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes Wajib Dihindari

Diabetes merupakan penyakit kronis yang sangat berbahaya dan mematikan, penyakit ini ditandai dengan kadar glukosa tinggi dalam darah akibat dari resistensi hormon. Penderita diabetes memiliki beberapa pantangan makanan untuk penderita diabetes. Mengapa demikian? Karena tidak semua makanan mengandung kadar gula rendah.


Mengkonsumsi makanan tinggi glukosa hanya akan memperburuk kondisi kesehatan penderita diabetes. Bahkan dampak paling parah, penderita diabetes bisa mengalami gejala stroke sehingga anggota tubuh sulit untuk digerakkan.

8 Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes Melitus

Sebenarnya tidak semua makanan manis harus dijauhi oleh penderita diabetes, terutama bila makanan manis tersebut bersumber dari bahan alami seperti buah dan sayuran.

Lain halnya jika konsumsi makanan manis berasal dari gula buatan yang umumnya bisa kita temukan dengan sangat mudah pada minuman bersoda, minuman manis, kue coklat, kue kering dan makanan manis lainnya.

Merubah pola makan tentunya tidak mudah, apalagi jika Anda terbiasa mengkonsumsi makanan berat sekaligus makanan manis. Namun bila dibiarkan saja, kondisi tubuh akan menjadi lebih buruk karena penyakit menggerogoti tubuh Anda.

🔗  Pantangan Makanan 40 Hari Setelah Melahirkan Bagi Ibu Menyusui

Berikut ini sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi sebagai cemilan untuk penderita diabetes:

pantangan makanan untuk penderita diabetes (sayur dan buah untuk penderita diabetes)

  • Selada

Sayuran alami ini mengandung mangan, folat, serta zinc yang tinggi. Dengan mengkonsumsi selada, penderita diabetes telah membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Kandungan gula yang terdapat pada selada hanya 0,8gram saja sehingga masih bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Asparagus

Makanan khusus penderita diabetes lainnya adalah asparagus. Sayuran ini termasuk sayuran rendah glukosa yang sangat aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Dalam asparagus terkandung vitaminA, vitaminC, vitaminK, tidak mengandung gula dan lemak. Asparagus baik untuk mempercepat metabolisme tubuh.

  • Brokoli

Sayur brokoli tidak hanya efektif untuk program diet namun juga baik untuk menjaga kadar gula darah tetap rendah. Karena memiliki kandungan zat baik yaitu kalsium dan antioksidan tinggi makanan ini juga dapat meningkatkan daya tubuh penderita.

  • Pasien Diabetes Dilarang Makan Kubis

Tidak perlu bingung mencari sayuran yang baik untuk penderita diabetes karena ada kubis sebagai alternatif pilihan terbaik. Meskipun kubis tidak mengandung gula, konsumsi sayuran ini tidak dianjurkan secara berlebihan karena bisa meningkatkan resiko penyakit asam urat.

  • Alpukat

Dalam buah alpukat terkandung lemak nabati, vitamin A, vitamin B6, vitamin E dan vitamin K selain itu alpukat mengandung gula rendah jadi penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi buah alpukat secara langsung baik yang diolah menjadi menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes.

  • Pepaya

Tidak hanya baik untuk mengatasi sembelit, buah pepaya juga baik untuk penderita diabetes karena memiliki sedikit lemak dan bebas gula. Agar manfaat pepaya tidak tercemar, konsumsi secara langsung tanpa ditambahkan gula.

  • Tomat

Merupakan salah satu buah rendah lemak dengan kandungan gula minim. Tomat juga baik untuk membantu menjaga bentuk tubuh tetap sehat dan ideal serta merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah dan kulit tubuh.

  • Buah Bit

Rekomendasi buah terakhir adalah buah bit. Buah ini memiliki kandungan potassium, zat besi, dan juga serat yang tinggi. Selain itu buah bit juga rendah gula, jadi baik sekali untuk Anda yang sedang diet gula atau menjaga berat badan.

🔗  Pantangan Makanan Efusi Pleura sebagai Langkah Preventif & Medis

Baca juga :
Pantangan Suami saat Istri Hamil Menurut Adat Jawa, Islam & Hindu

Pantangan makanan untuk diabetes tersebut dibuat agar penderita menghindarinya karena hanya akan membuat menjadi lebih sakit dan lemah. Namun dengan mengkonsumsi makanan khusus dengan kadar gula rendah bahkan nol akan membantu penderita diabetes hidup lebih baik di masa depan.

✰ advertisement ✰