Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Hantaran Buah Untuk Seserahan, Cara Membuat & Menghias

Hantaran buah merupakan salah satu jenis hantaran yang umumnya diberikan pihak pengantin laki-laki kepada mempelai wanita saat lamaran. Seserahan yang terdiri dari beragam barang dari mulai makanan hingga pakaian lengkap memiliki makna bahwa sang pengantin pria sudah memiliki kemampuan untuk bertanggung jawab terhadap pemenuhan kebutuhan lahir dan batin sang pengantin wanita.


cara membuat hantaran buah, cara membuat parcel buah untuk lamaran, cara menghias buah untuk hantaran, tutorial parcel buah, cara menghias buah untuk lamaran, parcel buah untuk hantaran

Berbagai jenis hantaran buah

Buah merupakan salah satu jenis seserahan yang wajib diberikan. Dalam pengemasannya, biasanya buah diletakkan dalam keranjang atau wadah buah dan diberi berbagai hiasan untuk mempercantik tampilannya.

Terdapat beberapa macam buah untuk lamaran, salah satu yang wajib ada adalah pisang raja. Sedangkan untuk pelengkap yang lainnya dapat memilih berbagai jenis buah sesuai selera atau kebutuhan.

hantaran buah (buah untuk lamaran, cara menghias, parcel buah sederhana)

Memberikan buah sebagai salah satu jenis seserahan bukan tidak memiliki maksud atau makna. Hantaran buah memiliki makna tersendiri yang sudah turun temurun. Menurut filosofi Jawa, makna di balik pemberian buah pada saat melaksanakan seserahan ialah supaya pasangan pengantin mampu menghasilkan buah yang berupa rejeki yang bermanfaat bagi keluarga dan orang-orang yang berada di sekitarnya.

Jumlah pisang raja yang biasanya diberikan saat seserahan ialah satu tangkap atau dua sisir yang dikemas menjadi satu kemasan tersendiri dan terpisah dari buah-buahan lainnya. Untuk buah-buahan lainnya biasanya dikemas sendiri di wadah buah lainnya.

πŸ“‹ Recommended  Seserahan Untuk Pria ,Balasan dari Calon Pengantin Wanita

Bahkan hantaran buah dan barang-barang lainnya juga sering kali digunakan sebagai penghias kamar pengantin untuk kepentingan sesi pengambilan gambar. Hal ini dikarenakan pengemasan berbagai barang saat seserahan memang didesain sangat unik dan menarik.

Cara membuat hantaran buah sendiri

Berbagai cara menghias hantaran buah dapat dipelajari dengan mudah. Dengan begitu, ketika terdapat sudara atau teman yang hendak melangsungkan pernikahan, Anda dapat memberikan bantuan untuk mengemaskan barang-barang hantaran khususnya buah-buahan. Selain lebih hemat, membuat sendiri kemasan hantaran di rumah dapat benar-benar disesuaikan dengan konsep pernikahan dan selera sang calon mempelai.

Parcel buah atau serangkaian berbagai jenis buah-buahan yang diletakkan dalam wadah dan dikemas dengan menarik untuk diberikan kepada seseorang. Termasuk dalam acara seserahan, parcel buah selalu ada. Bagia yang penasaran dengan bagaimana cara membuat parcel buah untuk hantaran saat seserahan, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Memilih buah berkualitas

Langkah pertama dalam membuat parcel buah untuk hantaran adalah memilih buah apa saja yang hendak diberikan kepada mempelai wanita. Pilihlah buah-buah yang masih dalam kondisi segar dan berkualitas. Perhatikan pula tingkat ketahanan buah dalam suhu ruang agar tidak terjadi kebusukan buah.

  • Menyusun buah dengan rapi

Setelah memilih berbagai buah, kemudian siapkan tempat untuk buah-buahan tersebut. Biasanya, jika digunakan untuk seserahan, wadah buah yang digunakan disesuaikan dengan tema atau konsep pernikahan. Lalu tatalah secara rapid an indah buah-buahan terpilih dalam wadah. Untuk pisang raja, tempatkan pada wadah yang berbeda.

  • Melakukan pengemasan atau pembungkusan

Cara membuat hantaran parcel buah sederhana sendiri yang selanjutnya adalah mengemas parcel buah tersebut. Kemas dengan mengaplikasikan wrap plastic atau plastik kaca dengan motif yang menarik.

  • Menambahkan aksesoris supaya parcel buah terlihat lebih cantik

Setelah parcel buah terbungkus rapi dan rapat dengan plastik kaca, tibalah saatnya untuk memberikan hiasan atau aksesoris yang membuat tampilan parcel buah untuk seserahannya semakin menarik. Aksesoris yang biasanya digunakan antara lain pita atau bunga dengan warna senada.

πŸ“‹ Recommended  Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan, Beda Tipis!

Perbedaan Seserahan Lamaran dengan Pernikahan

Kemasan seserahan buah yang menarik dengan pemilihan buah-buahan yang tepat akan membuat pihak mempelai wanita juga merasa sangat dihargai. Semoga beberapa cara menyusun hantaran buah di atas bermanfaat.

✰ advertisement ✰