Pantangan Makanan Amandel agar Penderita Radang Tidak Memburuk

Radang amandel adalah peradangan yang terjadi di amandel (tonsil) yang sebagian besar dialami oleh anak-anak. Itulah sebabnya saat sakit ini, sebaiknya anak-anak tidak mengonsumsi pantangan makanan amandel yang bisa menyebabkan peradangan makin parah.

Amandel sendiri merupakan 2 kelenjar kecil yang terdapat di bagian tenggorokan yang fungsinya mencegah infeksi khususnya pada anak-anak. Seiring bertambahnya usia, maka sistem kekebalan tubuh pada tonsil pun mulai digantikan karena tubuh orang dewasa jelas lebih kuat sehingga kelenjar ini perlahan-lahan akan mulai menyusut dengan sendirinya.

pantangan makanan amandel

Daftar pantangan makanan amandel yang jangan dikonsumsi

Berikut ini beberapa pantangan makanan yang sebaiknya harus dilakukan penderita amandel, yaitu:

  1. Makanan pedas

Amandel sangat sensitif terhadap makanan pedas karena bisa melukai amandel dan membuat radang makin parah. Jadi sebaiknya, penderita amandel jangan mengonsumsi makanan yang mengandung pedas seperti sambal cabai, saus maupun merica. Bahkan jika dikonsumsi, amandel akan semakin bengkak.

  1. Ikan

Ikan memang mengandung protein yang penting, namun saat sakit amandel sebaiknya jangan mengonsumsi ikan dulu terutama ikan asin. Ada banyak alasannya, yang pertama karena amandel sangat sensitif terhadap kandungan dalam ikan. Belum lagi ikan yang mengandung banyak duri dikhawatirkan bisa tertelan dan melukai amandel.

  1. Minuman dingin

Amandel juga begitu sensitif terhadap minuman dingin dan bisa membuat radang tambah parah. Hal ini karena suhu yang berbeda dari suhu panas ke suhu dingin sehingga dibutuhkan waktu untuk amandel menyesuaikan. Jika amandel tak bisa menyesuaikan malah justru radang lebih parah. Apalagi untuk minuman dingin dan bersoda.

  1. Makanan instant

Makanan instant yang mengandung banyak bumbu-bumbu beraroma kuat sebenarnya tak baik untuk amandel. Ada baiknya kurangi makanan instant seperti itu, apalagi makanan yang mengandung micin seperti mie instant dan jajanan ciki-cikian. Kalau memang anak mau ngemil maka sebaiknya cari cemilan untuk penderita amandel yang menyehatkan, contohnya buah pepaya, buah manggis, dan sebagainya. Perbanyak ngemil buah yang mengandung vit C sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan radang.

Baca Juga:
Cara Mengobati Cantengan Tanpa Operasi yang Aman dan Efektif

  1. Buah durian

Buah durian yang berbau menyengat ketika dikonsumsi bisa meninggalkan rasa sebah yang tidak enak pada tenggorokan. Begitu pula saat amandel akan menyebabkan rasa kurang nyaman, itulah sebabnya jangan konsumsi durian.

Selain kelima pantangan makanan di atas, sebetulnya masih banyak terdapat beberapa pantangan makanan lainnya. Contohnya seperti makanan gorengan, makanan berpengawet, makanan kemasan, minuman ringan, minuman beralkohol dan sebagainya.

Susu untuk penderita amandel

Lalu bagaimana dengan susu? Susu memang sangat baik untuk diminum karena mengandung berbagai macam nutrisi, tidak hanya untuk orang dewasa tapi juga anak-anak. Namun, susu untuk penderita amandel sebaiknya jangan dulu dikonsumsi. Hal ini karena ada kemungkinan susu kurang baik untuk amandel apalagi untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Jadi, aman tidaknya susu untuk dikonsumsi penderita radang amandel itu tergantung dari produk susu itu sendiri. Beberapa produk susu bisa berpotensi membuat bakteri jadi berkembang biak lebih cepat sehingga bukannya menghentikan peradangan. Susu justru membuat amandel makin kambuh.

Baca juga:
Apa Itu Pap Smear?
Kenapa Wanita Sangat Dianjurkan Melakukan Pengecekan Rutin?

Kalau memang Anda ingin konsumsi produk susu, pertama pastikan produknya berkualitas dan aman. Kedua, sebaiknya jangan mengonsumsi berlebihan sementara ini. Konsumsilah dengan takaran yang pas dan jangan terlalu sering meminumnya sampai amandel benar-benar sembuh. Hindari mengonsumsi susu pula dalam keadaan yang dingin.

Itulah beberapa informasi mengenai pantangan makanan amandel yang semoga bermanfaat baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.


📌 Rekomendasi Artikel

⓵ Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah
⓶ Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu
⓷ Ucapan Ulang Tahun untuk Suami
⓸ Ucapan Ulang Tahun untuk Anak
⓹ Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak
⓺ Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri
⓻ Ucapan Anniversary ke Suami atau ke Istri
⓼ Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah
⓽ Ucapan Bela Sungkawa Duka Cita
⓾ Sindiran untuk Suami Yang Tidak Pengertian
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah bila Sering Dipakai
➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Kulit
➥ Efek Samping Produk Pemutih Fair and Lovely
➥ Pelembab Wardah untuk Kulit Berminyak Berjerawat
➥ Efek Samping dan Manfaat Produk TheRaskin