Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Pantangan Makanan Ambeien yang Berdarah di Bagian Luar / Dalam

Bagi penderita ambeien atau wasir, maka memang sebaiknya Anda memperhatikan soal pantangan makanan ambeien. Salah makan bisa menyebabkan wasir bertambah parah. Wasir/ ambeien sendiri merupakan sakit yang disebabkan karena pembuluh darah yang berada di sekitar rektum (anus) meradang dan membengkak.


Penyebabnya sendiri belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan besar disebabkan meningkatnya tekanan darah di pembuluh darah sekitar anus.

Daftar makanan pantangan ambeien bagi penderita

Ambeien membuat tidak nyaman saat beraktivitas sehari-hari. Supaya sakit ini tak bertambah parah, jangan konsumsi beberapa makanan berikut:

  1. Makanan asam

Makanan asam pada dasarnya memang kurang baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh karena makanan terlalu asam bisa membuat pencernaan terganggu. Khususnya bagi mereka yang sedang wasir karena makanan asam dapat membuat BAB terasa sakit.

Beberapa contoh makanan asam, misalnya buah pantangan penderita ambeien seperti jeruk dan apel hijau. Bahkan tingkat keasaman apel hijau lebih tinggi dari jenis buah lain.

✰ ads ✰

pantangan makanan ambeien wasir

  1. Makanan pedas

Makanan pedas seperti cabai mengandung capsicum yang bisa memicu pendarahan pada penderita ambeien. Cabai atau sambal juga bisa membuat proses BAB terasa lebih sakit dan perlu diketahui bahwa mengonsumsi makanan pedas sendiri bisa menyebabkan wasir. Ditambah lagi makanan pedas dapat memicu diare dan kalau diare kambuh maka hal tersebut juga dapat membuat ambeien.

  1. Makanan kurang serat

Makanan tinggi serat dapat memperlancar BAB dan sebaliknya, makanan yang kurang serat dan keras dapat membuat feses menjadi keras. Feses pun jadi susah dikeluarkan sehingga dapat membuat anus terluka saat berusaha mendorong feses keluar. Hal ini bisa membuat ambeien semakin parah dan terasa sakit.

  1. Makanan instan

Makanan instan bisa menimbulkan radang di pembuluh darah dan hal ini akan membuat ambeien tambah parah. Jenis-jenis makanan instan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita wasir antara lain seperti makanan kaleng, makanan cepat saji, makanan kemasan dan makanan kaleng.

  1. Makanan berminyak

Makanan berminyak seperti gorengan yang mengandung minyak kurang baik sebaiknya jangan dikonsumsi penderita ambeien. Hal ini karena makanan berminyak dapat membuat sistem cerna bekerja lebih lambat sehingga merusak dinding usus. Akhirnya wasir akan terasa semakin sakit.

pantangan makanan ambeien wasir

  1. Makanan berlemak

Lemak memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna dalam tubuh dibanding nutrisi lain. Itulah sebabnya sistem pencernaan akan bekerja lebih keras saat tubuh menerima makanan berlemak sehingga dapat berisiko memperparah sakit ambeien.

✰ ads ✰

Contoh makanan berlemak tinggi seperti hati, daging, ikan, makanan yang digoreng dengan mentega dan telur. Itulah sebabnya banyak yang sering bertanya bolehkah penderita wasir makan telur? Sebaiknya jangan karena telur juga mengandung lemak tinggi.

  1. Minuman beralkohol dan kafein

Tidak hanya makanan, namun penderita wasir jangan konsumsi minuman beralkohol, apalagi kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak. Minuman semacam ini dapat mengganggu sistem pencernaan dan membuat tubuh jadi dehidrasi. Jika tubuh kekurangan cairan maka feses pun jadi sulit untuk dikeluarkan dan akan terjadi sembelit. Alasan yang sama juga terjadi pada minuman berkafein.

Baca juga:
Pantangan Makanan Amandel agar Radang Tidak Kambuh Lagi

  1. Susu

Minuman susu juga bisa membuat penderita ambeien jadi tidak nyaman sebab susu dapat memproduksi gas di dalam perut. Kalau gas ini diproduksi maka akibatnya perut jadi terasa kram atau sakit sehingga bisa membuat sistem pencernaan juga terganggu. Akibatnya ambeien dapat bertambah parah.

Itulah beberapa daftar pantangan makanan ambeien yang memang sebaiknya tidak dimakan selama Anda menderita sakit wasir.

✰ advertisement ✰