Makanan Pantangan Varicella yang Sangat Dihindari untuk Dimakan

Makanan pantangan varicella memang sebaiknya tidak dikonsumsi agar penyakit tidak bertambah parah. Varicella sendiri merupakan istilah medis dari cacar air yaitu penyakit yang disebabkan karena virus Varicella zoster. Salah satu tanda paling umum seseorang yang terkena sakit ini yaitu munculnya ruam-ruam kemerahan yang gatal berisi cairan di sekujur tubuh.

Meskipun orang dewasa memang dapat terinfeksi oleh virus ini, namun cacar air kebanyakan diderita oleh anak-anak. Biasanya mereka yang masih berusia di bawah 12 tahun. Penyakit ini merupakan penyakit yang menular, misalnya lewat dahak atau ludah melalui udara maupun kontak langsung dengan cairan dari ruam, ludah dan dahak.

makanan pantangan varicella

10 Makanan pantangan Varicella

  1. Makanan pedas

Makanan pedas bisa memicu kulit jadi lebih gatal dan membuat peradangan makin kering dan parah hingga dapat memicu iritasi. Sebaiknya sementara hindari makanan semacam ini.

  1. Makanan asin

Tak hanya makanan pedas, namun makanan yang asin bisa memicu bekas luka sekaligus membuat ruam-ruam merah semakin gatal.

  1. Produk susu

Ketika sedang terkena cacar air maka sebaiknya hindari produk olahan dari susu. Contohnya seperti mentega, es krim, keju, yogurt, dsb. Hal ini karena makanan yang mengandung susu dapat membuat kulit jadi berminyak sehingga bisa menimbulkan masalah di kulit dan membuat cacar air makin parah.

Baca juga: Apa itu pap Smear?
Apa Manfaatnya bagi Wanita? Berapa Biayanya?

  1. Gorengan/ makanan berminyak

Makanan yang berminyak seperti gorengan, kacang tanah, opor dan sebagainya bisa menimbulkan ruam-ruam cacar air menjadi makin parah. Makanan untuk penderita cacar air yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan yang direbus/ dikukus, buah dan sayuran.

  1. Makanan amis

Makanan amis misalnya ayam, ikan, daging sapi, dsb atau daging merah bisa membuat tubuh jadi panas. Padahal penderita cacar air biasanya disertai sakit demam sehingga sebaiknya menghindari makanan amis atau makanan yang membuat panas.

  1. Kopi

Untuk anak-anak memang sudah jelas tak boleh mengonsumsi kopi. Namun untuk orang dewasa, sebaiknya juga jangan mengonsumsi kopi selama menderita Varicella. Karena kandungan dalam kopi bisa membuat kulit semakin iritasi.

  1. Cokelat

Hampir sama seperti kopi, kandungan di dalam cokelat dapat menjadi asam di dalam tubuh saat dikonsumsi. Oleh karena itu, asam ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Buah citrus

Penderita cacar air memang disarankan untuk mengonsumsi buah yang berserat seperti aneka macam jeruk. Tapi khusus untuk buah citrus yang kaya akan asam bisa memicu reaksi iritasi dan dapat membuat kulit makin gatal.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  1. Olahan gandum dan terigu

Makanan olahan yang terbuat dari gandum atau terigu sebaiknya jangan dikonsumsi saat cacar air. Hal ini karena olahan makanan tersebut bisa membuat badan jadi terasa ngilu.

  1. Makanan cepat saji (junk food)

Memang tak akan terjadi masalah apa-apa saat mengonsumsi junk food bagi penderita cacar air. Namun makanan cepat saji ini tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi di saat Anda sakit.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Cacar
yang Ampuh secara Alami

Sementara waktu jangan mengonsumsi daftar makanan di atas. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran serta makanan-makanan kaya serat atau makanan yang direbus/ dikukus. Beberapa contoh makanan yang direkomendasikan antara lain seperti: kacang hijau, oatmeal, ubi jalar, buah alpukat, jamur, tomat, dan sebagainya. Tidak ketinggalan supaya penyembuhan lebih cepat dan efektif, maka konsumsi obat cacar air di apotik atau yang sudah diresepkan oleh dokter secara teratur sampai Anda sembuh.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai makanan pantangan Varicella yang sebaiknya memang dihindari. Semoga bermanfaat.