Cara Mengusir Nyamuk di Rumah dengan Serai, Kopi, Kapur Barus

Kehadiran nyamuk di sekitar rumah memang sangat mengganggu. Apalagi buat Anda yang sedang belajar atau bekerja. Anda bisa kehilangan konsentrasi akibat suara yang ditimbulkan oleh nyamuk. Belum lagi efek gatal akibat gigitannya yang sangat menyiksa dan bisa menimbulkan bekas di kulit.

Berbagai macam produk tersedia untuk gangguan nyamuk ini, mulai dari jenis cairan yang harus disambungkan ke listrik untuk mengaktifkannya.atau yang berupa spray dan bakar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Misalnya menanam tanaman yang aromanya tidak disukai nyamuk. Atau menggunakan bahan tradisional yang terbukti aman dan ampuh mengusir nyamuk. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini:

cara mengusir nyamuk secara alami

Daun Serai

Anda bisa menggunakan cara mengusir nyamuk secara alami dengan menggunakan salah satu bumbu dapur yaitu daun serai. Aromanya yang menyengat mampu menghalau nyamuk. Caranya adalah, ambil beberapa batang serai, potong tipis-tipis dan letakkan pada wadah yang terbuka.

Anda bisa meletakkan wadah yang berisi potongan serai tersebut di bawah kolong tempat tidur, meja belajar, dapur atau di sudut ruangan yang sering didatangi nyamuk. Semakin tajam aroma serai akan membuat nyamuk tidak mau datang sehingga Anda dan keluarga akan aman dari gangguan nyamuk.

Kulit Jeruk

Cara mengusir nyamuk secara alami yang kedua adalah dengan memanfaatkan kulit jeruk. Bahan alami yang terdapat pada kulit jeruk juga tidak disukai oleh nyamuk. Cara yang satu ini tergolong mudah dan cepat. Anda hanya perlu meletakkan kulit jeruk yang sudah kering pada ruangan yang sering didatangi oleh nyamuk dan lihat khasiatnya. Nyamuk-nyamuk yang mengganggu akan pergi dari ruangan tersebut.

Daun Kemangi

Salah satu lalapan yang biasanya disajikan pada rumah makan yang bisa menghindarkan Anda dari serbuan gigitan nyamuk adalah daun kemangi. Namun tidak semua orang menyukai daun kemangi karena rasanya yang khas di lidah. Anda bisa memanfaatkan daun lalapan ini dengan cara meremasnya dan kemudian mengoleskannya pada kaki, tangan, leher atau area badan yang terbuka lainnya.

Larutan Gula dan Botol Plastik Bekas

Cara mengusir nyamuk secara alami berikut ini bisa membuat nyamuk fokus pada satu titik dan tidak akan mengganggu istirahat Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan botol bekas, potong bagian atas yang agak melengkung.
  • Masukkan 200 ml air hangat dan 50 gram gula pasir ke dalam botol. Diamkan.
  • Biarkan sampai suhu air kembali normal dan tambahkan lagi 1 gram gula. Jangan diaduk.
  • Pasang kembali tutup yang sudah dipotong dengan posisi terbalik.
  • Letakkan pada sudut ruangan yang sering didatangi nyamuk.
  • Nyamuk akan segera menghampiri dan masuk ke dalam botol plastik tersebut.

Lemon

Selain kulit jeruk, Anda juga bisa memanfaatkan air lemon sebagai pengusir nyamuk. Caranya adalah dengan memeras lemon dan diambil sarinya. Masukkan ke dalam wadah atau botol semprot dan tambahkan sedikit air. Kocok hingga tercampur rata, lalu semprotkan pada ruangan yang banyak nyamuknya.

Bawang Putih

Cara mengusir nyamuk secara alami juga bisa menggunakan bawang putih yang tersedia pada dapur Anda. Bau bawang putih yang menyengat membuat para nyamuk enggan menghampiri. Cara mengolahnya mudah, yaitu dengan memakan bawang putih tersebut secara langsung. Tubuh Anda akan bekerja secara alamiah mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.

Namun jika tidak sanggup melakukannya, Anda bisa menggunakan cara lain. Yaitu dengan cara menghancurkan 2 atau 3 siung bawang putih dan rebus hingga mendidih. Air rebusan tersebut bisa Anda semprotkan pada ruangan atau disemprotkan pada area tubuh Anda yang terbuka agar tidak dihinggapi nyamuk.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Larutan Vitamin B2 dan Vitamin C

Anda bisa membuat lotion sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ini merupakan salah satu cara mengusir nyamuk secara alami yang bisa Anda terapkan. Caranya adalah dengan menggunakan bahan yang mengandung vitamin B2 dan C, misalnya saja apel dan jeruk. Campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk lotion. Anda bisa mengoleskan lotion alami Anda pada tangan, kaki dan leher.

Lavender

Bunga yang satu ini merupakan salah satu jenis bunga yang cantik namun tidak disukai nyamuk. Anda bisa menanam di pekarangan atau memanfaatkan body lotion atau lilin yang mengandung lavender agar terhindar dari gigitan nyamuk. Baca juga: Cara Mengusir Lalat

Banyak sekali bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengusir nyamuk secara alami. Mulai dari potongan serai, kulit jeruk, sari lemon sampai dengan bawang putih. Bahkan Anda juga bisa menanam jenis tanaman yang dari aromanya bisa membuat nyamuk pergi jauh dari rumah Anda. Semua bahan alami tersebut dapat dengan mudah ditemukan dan terbukti ampuh serta aman bagi Anda dan keluarga.