Cara Mengusir Lalat di Rumah Pembawa Penyakit dengan Cara Alami

Lalat merupakan salah satu serangga yang sering kali terlihat di mana saja. Serangga ini suka hinggap di atas makanan. Sayangnya, bukan hanya makanan yang masih bagus saja yang dihinggapi. Lalat suka dengan sampah makanan dan juga kotoran. Hal ini menunjukkan lalat berpotensi menyebarkan penyakit.

Oleh karena itu, lalat harus diusir jauh-jauh dari rumah supaya tidak menjangkiti penghuni rumah dengan berbagai penyakit seperti diare, disentri, kolera dan lainnya. Untuk mencegah lalat berkeliaran di rumah cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan.

Selain menjaga kebersihan, ada beberapa cara lain yang bisa diterapkan di rumah untuk mengusir lalat menggunakan bahan-bahan alami sebagai berikut.

cara mengusir lalat di rumah

Cara Mengusir Lalat Menggunakan Daun Pandan

Daun pandan biasa digunakan sebagai penyedap aroma makanan dan bahan pewarna alami. Aromanya yang sedap dan harum ternyata bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengusir lalat di rumah. Baunya yang khas dan alami tidak akan mengganggu atau mencemari makanan.

Untuk menangkal kehadiran lalat, iris daun pandan kecil-kecil. Letakkan potongan tersebut pada suatu wadah. Tempatkan wadah tersebut di tempat yang sering dihinggapi lalat terutama di atas meja makan.

Cuka Apel

Cuka apel dikenal memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Namun aroma yang dihasilkan dari fermentasi apel ini ternyata sangat menarik bagi lalat. Dengan memanfaatkan aromanya, cuka apel bisa dijadikan umpan untuk memerangkap lalat.

Cara mengusir lalat di rumah dengan menggunakan cuka apel sangat mudah. Pertama, siapkan botol atau gelas air mineral bekas. Jika menggunakan botol bekas, gunting lalu masukkan cuka apel hingga setengahnya.

Tutup permukaan botol menggunakan kertas atau plastik. Lalu beri lubang kecil yang muat untuk lalat. Letakkan botol berisi cuka apel tersebut di tempat yang banyak lalat. Lalat yang tertarik bau cuka apel akan masuk ke dalam botol dan kemudian terendam.

Cengkeh dan Apel

Bau cengkeh bisa menenangkan dan sering digunakan sebagai salah satu campuran dalam membuat kue dan beberapa penganan lain. Aromanya yang pekat bisa juga digunakan untuk mengusir lalat. Pertama-tama, rendam biji cengkeh menggunakan air.

Letakkan rendaman tersebut di tempat yang terdapat banyak lalat. Cengkeh juga bisa dikombinasikan dengan buah apel segar. Tusukkan biji-biji cengkeh ke permukaan apel lalu simpan apel di atas meja. Lalat pun tidak akan berani mendekat.

Jeruk Lemon atau Jeruk Nipis

Kedua jenis jeruk ini dikenal memiliki banyak khasiat dan kandungan. Karena aromanya yang kuat, harum dan menyegarkan, baik jeruk lemon maupun jeruk nipis sering digunakan sebagai bahan campuran dalam berbagai produk kebersihan.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Nyatanya, baunya yang seperti ini ternyata bisa dijadikan salah satu cara mengusir lalat di rumah. Apalagi jika perasan jeruk ini digabungkan dengan cengkeh.

Memanfaatkan jeruk lemon atau jeruk nipis sebagai pengusir lalat sangatlah sederhana. Iris tipis-tipis jeruk nipis atau jeruk lemon. Letakkan irisan jeruk tersebut di dekat makanan yang didekati oleh lalat.

Irisan jeruk ini bisa juga ditambahkan dengan biji cengkeh untuk memperkuat aromanya. Dengan kombinasi ini, lalat tidak akan berani untuk mendekat. Baca juga: Cara Mengusir Kecoa

Demikianlah beberapa cara mengusir lalat di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah didapatkan. Jika lalat masih sering berkeliaran dan mengerubungi makanan ada baiknya letakkan penutup makanan supaya lalat tidak bisa hinggap.