Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

5 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah yang Ampuh 100%

Tanaman Pengusir Nyamuk – Jika telah tiba musim hujan, nyamuk merupakan salah satu hewan yang dapat berkembang biak pesat dan patut untuk dihindari. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, karena nyamuk seringkali membawa penyakit yang cukup berbahaya, seperti demam berdarah, malaria dan jenis penyakit lainnya. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menyingkirkan nyamuk, yang mana salah satunya adalah menggunakan tanaman pengusir nyamuk.


Di dunia ini ada beberapa jenis tanaman yang terbukti dapat mengusir nyamuk. Penggunaan tanaman ini tentunya lebih baik dibandingkan dengan penggunaan obat anti nyamuk seperti lotion, obat semprot dan jenis obat-obatan lainnya yang mengandung kimia. Akan tetapi dengan penggunaan obat nyamuk dari tanaman ini tentunya akan lebih mudah dan tanpa efek samping untuk kesehatan.

Jenis tanaman pengusir nyamuk ini dapat anda tanam di sekitar rumah anda atau bisa juga digunakan dengan cara menggosok daun tanaman tersebut ke tubuh anda. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak jenis tanaman pengusir nyamuk yang sudah kami siapkan dibawah ini.

Tanaman Pengusir Nyamuk Tanaman Pengusir Nyamuk

5 jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Ampuh

  1. Lavender

Lavender mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda, dimana anda tentunya sudah sering melihat beberapa produk iklan di televisi yang menggunakan bahan dasar bunga yang satu ini. Bunga Lavender ini memiliki harum yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu bunga lavender banyak digunakan untuk produk-produk lotion dan obat pengusir nyamuk.

πŸ“‹ Recommended  Tanaman Transgenik (Teknik, Manfaat dan Kelebihan & Kekurangan)

Lavender tanaman pengusir nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk ini berasal dari kawasan daerah pegunungan Alpen di Swiss yang memiliki kandungan linalool dan juga lynalyl acetate yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Jika anda menanam bunga yang satu ini pastinya rumah anda akan aman dari serangan nyamuk bandel.

  1. Geranium

Tanaman pengusir nyamuk yang kedua adalah bunga geranium. Bunga ini dapat anda temui di beberapa daerah di tanah air. Selain memiliki nama geranium, bunga ini juga dikenal dengan nama lain yaitu Tapak Dara.

tanaman pengusir nyamuk

Dipercaya mampu mengusir nyamuk karena tanaman ini mengandung zat geraniol dan juga sitronelol. Zat tersebut sangatlah mudah terbawa angin sehingga jika anda menanamnya didekat rumah pastinya akan sangat aman dari serangan nyamuk karena nyamuk juga tidak menyukai aroma harum dari bunga yang satu ini.

  1. Rosemary

Rosemary ini merupakan tanaman pengusir nyamuk yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak telon dan juga minyak kayu putih. Maka tak jarang jika jenis telon dan minyak putih ini sering dioleskan pada bayi untuk melindunginya dari serangan gigitan nyamuk. Anda juga dapat menanamnya di pekarangan rumah dan pastikan agar selalu terkena paparan sinar matahari langsung supaya dapat tumbuh dengan baik.

πŸ“‹ Recommended  Manfaat Daun Sukun untuk Menjaga Kesehatan dan Organ Tubuh

Tanaman Pengusir Nyamuk

  1. Zodia

Tanaman pengusir nyamuk yang satu ini banyak ditemui di daerah Papua dan sekitarnya. Penduduk pribumi Papua seringkali menggunakan tanaman ini untuk melindungi kulit mereka dari gigitan nyamuk dengan cara daun tanaman ini digosokan ke tubuh mereka. Tanaman ini memiliki kandungan zat evodiamine dan rutaecarpine yang tidak disukai oleh nyamuk.

Tanaman Pengusir Nyamuk

  1. Citrosa Mosquito

Dilihat dari namanya saja kita sudah pasti dapat mengetahui manfaat dari bunga yang satu ini. Tanaman pengusir nyamuk ini merupakan jenis tanaman yang mampu mengeluarkan harum lemon yang kuat. Tidak hanya sanggup mengusir nyamuk, aroma lemon dari tanaman ini juga mampu mengusir berbagai serangga lainnya.

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman ini berasal dari Belanda dan dapat anda tanam dengan cukup mudah dan dengan perawatan yang cukup simpel, namun harus selalu terkena sinar matahari yang teratur.

✰ advertisement ✰