7 Tanaman Apotek Hidup Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tanaman Apotek Hidup – Kata Apotek memang identik dengan obat-obatan, karena memang disini kita dapat mendapatkan beberapa macam jenis obat-obatan. Namun sama halnya dengan kata Apotek Hidup, dimana kita dapat langsung mencerna kata tersebut dan pastinya langsung memikirkan jenis tumbuhan herbal.

Yap, Apotek hidup adalah jenis tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan beragam penyakit. Jenis tumbuhan ini juga dapat anda tanam disekitar halaman atau pekarangan rumah.

Obat tradisional mungkin dapat menjadi contoh dari perpaduan antara berbagai macam jenis tumbuhan herbal yang mampu mengobati penyakit. Menariknya lagi, selain dapat mengobati penyakit, jenis tanaman apotek hidup juga tentunya tidak memiliki efek samping yang kebanyakan dimiliki oleh obat-obatan yang ada di Apotek. Memang tidak semua obat-obatan apotek memiliki efek samping, masih ada beberapa yang tidak memiliki efek samping seperti jenis obat-obatan herbal.

Tanaman Apotek Hidup

Anda tentunya dapat menanam beberapa jenis tanaman apotek hidup disekitar rumah anda, sehingga jika ada salah satu keluarga yang sakit, anda tidak perlu bingung lagi untuk berobat karena anda dapat mengobatinya dengan tanaman apotek hidup yang anda tanam.

Tanaman obat memang memiliki kandungan zat alami yang dapat melawan penyakit, namun perlu anda ketahui jika ingin menanam jenis tumbuhan obat, jangan sampai menggunakan pupuk yang mengandung zat kimia.

Bukan tanpa alasan, karena hal tersebut akan menjadikan tumbuhan obat yang anda tanam akan tercemar bahan kimia dan tentunya akan memiliki efek samping yang kurang baik pada tubuh jika dikonsumsi. Dibawah ini kami telah memberikan informasi mengenai daftar tanaman apotek hidup yang dapat langsung anda simak berikut ini.

Contoh Tanaman Apotek Hidup Yang Memiliki Manfaat Kesehatan

Tanaman Apotek Hidup

  1. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu jenis tumbuhan obat yang sering kita jumpai di kebun atau pekarangan rumah-rumah. Temulawak ini dipercaya memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan, maka tidak heran jika banyak jenis obat yang menggunakan bahan dasar temulawak yang satu ini.

Jika kita cermati dengan seksama, Temulawak ini memiliki kemiripan dengan kunyit, hanya saja memiliki ujung rimpang dan berwarna orange.

Temulawak sendiri juga mampu mengatasi berbagai penyakit seperti, susah BAB (Buang air besar), sakit ginjal, pusing dan juga dapat digunakan untuk penambah nafsu makan yang biasa diidap oleh anak-anak.

Maka dari itu, tanaman yang memiliki kandungan kurkumin ini banyak dicari oleh sebagian masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit tersebut.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Tanaman Apotek Hidup

  1. Kumis Kucing

Tanaman Apotek Hidup yang kedua adalah Kumis Kucing. Kumis kucing juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan, dimana kumis kucing ini konon memiliki khasiat mampu menyembuhkan rematik, susah BAB, buka angin. Selain masuk dalam daftar tanaman herbal, kumis kucing juga termasuk dalam kategori tanaman hias.

Tanaman Apotek Hidup

  1. Sirih

Tanaman obat yang satu ini juga tidak asing lagi bagi anda semua, Sirih. Sirih ini memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan karena daun sirih memiliki beberapa senyawa seperti minyak terbang, kavikol, seskuterpen, zat pati serta zat samak.

Berbagai jenis kandungan senyawa tersebut ini mampu mengatasi beberapa masalah penyakit seperti, pendarahan (mimisan), batuk, menyembuhkan luka luar dan mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti BAB. Selain itu, sirih juga memiliki sifat anti jamur dan juga antioksidan yang mampu menghilangkan kuman serta menetralkan racun pada tubuh kita.

Tanaman Apotek Hidup

  1. Daun Dewa

Mungkin masih belum banyak yang mengetahui khasiat dari daun dewa yang satu ini. Tanaman apotek hidup yang satu ini memiliki khasiat yang melimpah, seperti mampu menghilangkan rasa nyeri, menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar peredaran darah dan menghentikan pendarahan. Tak hanya itu saja, daun dewa juga mampu mengatasi masalah kencing manis dan diabetes.

Tanaman Apotek Hidup

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya ini sebenarnya masuk dalam kategori tanaman hias. Namun bukan hanya itu saja, selain menjadi salah satu jenis tanaman hias, Lidah Buaya juga memiliki khasiat yang ampuh bagi kesehatan. Seperti menjaga sistem kekebalan tubuh, mengatasi peradangan, meningkatkan kesehatan pada jantung dan juga dapat dijadikan sebagai sumber nutrisi dan suplemen dalam tubuh.

Tanaman Apotek Hidup

  1. Jintan Hitam

Jintan hitam biasanya digunakan untuk obat-obatan asam urat sebagai bahan dasar untuk membuatnya. Hal ini dikarenakan jintan memang memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan. Memiliki kandungan senyawa aktif dipercaya mampu mengatasi berbagai jenis masalah seperti diabetes, menormalkan kadar gula darah, sakit perut dan perut kembung.

Disamping itu Jintan Hitam juga memiliki kandungan thimoquinone yang memiliki peran sebagai anti kanker dan membunuh sel kanker yang ada pada tubuh kita. Ada beberapa penelitian yang membenarkan jika khasiat yang dimiliki oleh jintan hitam ini karena memiliki senyawa aktif seperti nigellone, saponin, minyak atsiri, lakaloid dan juga thimqoinone.

Tanaman Apotek Hidup

  1. Daun Miana

Dan tanaman apotek hidup yang terakhir adalah Daun Miana. Daun Miana ini juga merupakan jenis tanaman yang hias memiliki khasiat untuk kesehatan. Daun yang satu ini dipercaya mampu menyembuhkan bisul dan penyakit lain seperti wasir atau ambeien.

Nah itulah beberapa jenis tanaman apotek hidup yang mungkin dapat anda tanam disekitar rumah untuk dimanfaatkan khasiatnya. Selain itu ada juga beberapa tanaman obat tersebut yang memiliki keindahan sehingga patut juga dijadikan sebagai tanaman hias. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai daftar tanaman apotek hidup, semoga bermanfaat. Cukup sekian dari kami dan terima kasih.