Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Tanaman Hortikultura : Jenis , Ciri-ciri dan Manfaat Tanaman

Tanaman Hortikultura – Hortikultura ini merupakan kata yang berasal dari bahasa latin, yakni Hortus yang memiliki artis kebun dan culture yang berarti cocok tanam. Dengan kata lain Holtikultura ini bisa diartikan sebagai bentuk atau cara bercocok tanam yang dapat dilakukan di pekarangan rumah atau di kebun.


jenis tanaman holtikultura

Disamping itu, prinsip tanaman holtikultura ini dapat memberikan manfaat secara langsung bagi si petani atau si penanam, baik dapat dikonsumsi sendiri ataupun dijual.

Bukan hanya itu saja, Hotikultura juga salah satu cabang dari agronomi yang lebih fokus pada tanaman buah, tanaman obat dan juga taman. Dan salah satu produk yang khas dari holtikultura adalah Perisabel atau mudah rusak karena segar.

Tanaman Holtikultura

Nah untuk ciri-cirinya, dibawah ini dapat anda simak ciri-ciri dari tanaman hortikultura.

Ciri-ciri Tanaman Holtikultura

  • Lebih cepat mengalami pembusukan atau tidak mampu bertahan lama
  • Memerlukan lahan yang luas untuk media tanam
  • Wilayah tanam cukup spesifik, biasa menonjol menghasilkan buah tertentu
  • Masa panen musiman
  • Harga fluktuatif atau bisa dikatakan tidak stabil tergantung langka atau banyaknya hasil panen

Tanaman Holtikultura

Nah sedangkan untuk macam-macam atau jenis tanaman holtikultura ini dibagi menjadi 4 macam, yakni tanaman sayur, tanaman buah, tanaman hias dan yang terakhir adalah tanaman obat-obatan. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja kita simak jenis tanaman holtikultura yang sudah kami siapkan dibawah ini.

baca :  5 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah yang Ampuh 100%

Tanaman Holtikultura

Jenis Tanaman Holtikultura

  1. Tanaman Sayuran (Olerikultura)

Untuk kelompok tanaman sayuran ini dibagi menjadi 2, yakni tanaman sayuran tahunan dan juga tanaman sayuran musiman:

  • Sayuran Tahunan merupakan jenis tanaman sayuran yang tumbuh sepanjang tahun, seperti petai, melinjo dan juga jengkol
  • Sayuran Musiman adalah tanaman sayuran yang tumbuh pada musim tertentu saja. Contoh tanaman sayuran tersebut adalah bayam, kangkung, wortel, kubis, bawang merah, bawang putih, kentang, kembang kol, lobak, cabe besar, cabe merah, cabe rawit dan masih banyak lagi jenis sayuran lainnya.

Tanaman Holtikultura

  1. Tanaman Buah (Frutikultura)

jenis tanaman hortikultura yang selanjutnya adalah Tanaman Buah atau frutikultur. Tanaman buah ini juga dibagi menjadi dua, yakni musiman dan tahunan:

  • Tanaman Buah Musiman, buah musiman ini diantaranya adalah semangka, melon, strawberry dan juga blewah.
  • Tanaman Buah Tahunan, contoh tanaman buah ini adalah nanas, pisang, salak, jambu air, apel, durian, alpukat, markisa, anggur, jeruk, nangka, sirsak, sawo, belimbing, jambu biji, sukun, pepaya, langsat, manggis, kokosan dan masih banyak lagi jenis buah-buahan tahunan yang lain.

Tanaman Holtikultura

  1. Tanaman Hias (florikultura)

Selanjutnya adalah tanaman hias. Tanaman hias yang satu ini tentunya memerlukan perawatan yang yang cukup, seperti penyiraman dan juga pemberian pupuk. Ada beberapa jenis tanaman hias yang menjadi komoditi yakni anggrek bulan, bunga tulip, bunga melati, kuping gajah, anyelir, sansivera, adenium, aglaonema dan masih banyak lagi jenis-jenis bunga hias lainnya.

baca :  Tanaman Transgenik (Teknik, Manfaat dan Kelebihan & Kekurangan)

Tanaman Holtikultura

  1. Tanaman Obat (biofarmaka)

Dan jenis tanaman holtikultura yang terakhir adalah Tanaman Obat. Tanaman obat ini juga dikelompokan menjadi dua , yakni biofarmaka non rimpang dan biofarmaka rimpang:

  • Biofarmaka non rimpang merupakan tanaman obat yang kerap digunakan sebagai bahan obat-obatan atau biasa kita kenal sebagai tanaman apotek hidup dan juga sebagai bahan kosmetik. Biasanya dengan memanfaatkan bunga, bunga, daun dan juga akar maupun batangnya. Contoh tanaman biofarmaka non rimpang adalah kumis kucing, lidah buaya, mahkota dewa, sambiloto, mengkudu, jeruk nipis, kayu manis, kulit manggis, mahoni dan masih banyak lagi jenis lainnya.
  • Biofarmaka rimpang ini adalah jenis tanaman obat yang memanfaatkan bagian umbinya sebagai bahan obat dan juga kesehatan. Macam-macam jenisnya adalah jahe, kencur, kunyit, temu ireng, lengkuas, dlingo, temulawak dan masih banyak lagi lainnya.

Tanaman Holtikultura

Nah itulah tadi ulasan informasi mengenai ciri-ciri dan jenis tanaman holtikulutra yang dapat simak dan pelajari. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Sekian dari kami dan terima kasih.

✰ advertisement ✰