Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Seserahan Lamaran Adat Jawa, Barang Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Seserahan lamaran adat Jawa memiliki komponen atau jenis barang yang hampir sama dengan adat yang lainnya. Namun, pernikahan dengan adat Jawa memang sangat sarat dengan serangkaian tradisi yang terasa masih sangat kental. Pernikahan dengan adat Jawa sendiri menyatukan beberapa unsur yakni keindahan, kecantikan dan kesakralan atas pernikahan itu sendiri.


daftar barang seserahan lamaran, seserahan lamaran adat jawa, lamaran adat jawa, seserahan lamaran jawa, hantaran lamaran adat jawa sederhana, apa saja yang dibawa saat lamaran adat jawa

Barang-barang dalam seserahan lamaran adat Jawa

Sebenarnya seserahan dalam adat Jawa tergolong seserahan lamaran sederhana namun memiliki makna dan filosofi yang sangat mendalam. Seserahan merupakan tanda dan simbol jika pengantin pria dapat bertanggung jawab dan sudah dapat memenuhi segala kebutuhan lahir batin mempelai wanita.

seserahan lamaran adat jawa

Adapun beberapa barang yang khas dan umumnya selalu ada dalam pernikahan dengan mengusung adat Jawa antara lain:

  • Perlengkapan mandi

Beberapa perlengkapan mandi seperti sabun, shampoo, shower cup, handuk, pembersih wajah dan beberapa yang lainnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasangan. Makna dari pemberian peralatan mandi ialah supaya sang istri dapat selalu menjaga kebersihan serta kecantikan lahir batin.

  • Perlengkapan make up

Selain perlengkapan mandi, perlengkapan make up juga harus ada dalam seserahan lamaran. Kelengkapan peralatan make up dapat disesuaikan dengan kebutuhan sang mempelai wanita. Untuk itu, jangan lupa untuk tanyakan dahulu produk atau merk kosmetik yang biasa digunakan.

  • Perhiasan

Logam mulia berupa kalung, anting-anting, gelang dan cincin juga biasa muncul menjadi salah satu komponen seserahan pernikahan adat Jawa. Namun apabila budget tidak memenuhi, Anda dapat skip yang satu ini.

  • Pakaian dan aksesorisnya

Kalau yang satu ini tidak bisa di-skip karena wajib ada di seserahan. Beberapa barang yang wajib dikemas dalam komponen seserahan ini antara lain baju atau gaun beserta aksesorisnya seperti tas, sandal, sepatu, dompet dan lain sebagainya.

  • Kain jarik dan kebaya

Selain pakaian siap pakai dan aksesorisnya, kain jarik  dan kebaya tak boleh ketinggalan dalam daftar seserahan lamaran adat Jawa. Berbagai corak jarik dapat dijadikan pilihan dan masing-masing memiliki makna tersendiri. Beberapa corak kain jarik yang dapat dipilih antara lain sido mukti yang mengandung makna mencapai kebahagiaan lahir batin, sido asih, wahyu tumurun dan masih banyak lagi.

  • Makanan tradisional

Makanan tradisional juga selalu hadir dalam seserahan. Makanan tersebut ialah makanan yang terbuat dari bahan baku dengan tekstur lengket. Hal ini memiliki makna supaya hubungan kedua pengantin dan keluarganya terjalin erat dan lengket.

  • Bunga segar

Tak sembarang bunga segar yang harus ada dalam seserahan pernikahan adat Jawa. Jenis bunga kenanga dan melati putih yang masih segar harus ada dalam seserahan dan jumlahnya harus ganjil. Makna dari pemberian bunga ini agar rumah tangga yang terjalin selalu mengharumkan.

  • Pisang raja, buah jambe dan kapur sirih

Pisang raja juga wajib ada pada saat seserahan lamaran. Pemberian pisang raja ini memiliki makna mendalam yakni symbol kesuburan sehingga pasangan pengantin diharapkan akan dikarunia momongan.

📋 Recommended  Arti Seserahan / Hantaran dan Macam-Macam Isinya

Perbedaan Seserahan Lamaran dengan Seserahan Pernikahan

Persiapkan kedelapan barang-barang penting yang sebisa mungkin harus ada dalam seserahan lamaran adat Jawa yang harus dibawa saat meminang sang pujaan hati. Jangan sampai ada yang tertinggal, ya!

✰ advertisement ✰