Pantangan Makanan Asam Urat dan Diabetes (Wajib di BlackList)

Pantangan makanan asam urat dan diabetes kurang lebih sama dan karenanya penderita kedua penyakit ini harus membatasi konsumsi beberapa jenis makanan agar penyakit tidak kambuh. Umumnya penderita penyakit ini dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa dan zat purin yang tinggi.

Asam urat merupakan penyakit yang biasanya menyerang bagian persendian. Disebabkan oleh asam urat atau uric acid yang menumpuk di persendian. Asam urat normalnya akan larut di dalam darah lalu dibuang lewat urin.

Tapi, ada pula kondisi tubuh yang hanya mampu melepaskan asam urat ke urin dalam jumlah amat sedikit. Asam urat pun jadi menumpuk dan mengkristal.

Sementara itu diabetes ditandai dengan kadar gula dalam darah yang tinggi diakibatkan resistensi hormon insulin. Penyakit ini tak bisa sembuh dan hanya melalui perubahan pola hidup saja untuk mencegah diabetes kambuh dan demi menjaga kadar gula darah normal.

Daftar pantangan makanan asam urat dan diabetes

  1. Minuman kemasan

Minuman kemasan seperti jus atau soda biasanya mengandung banyak gula serta memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Oleh karena itu, minuman seperti ini sebaiknya dihindari baik penderita asam urat maupun diabetes.

Coba perhatikan bagian label, biasanya gula diberi nama karbohidrat dan umumnya dapat mengandung 38 gr gula sendiri per 350 ml. Selain itu, minuman bersoda terdapat zat purin tinggi yang bisa merusak jaringan tulang rawan sendi sehingga menyebabkan rasa linu, nyeri dan susah bergerak.

pantangan makanan asam urat dan diabetes

  1. Buah

Rupanya tak semua buah bagus untuk penderita diabetes dan asam urat. Sebaiknya hindari konsumsi buah yang terlalu berlemak, manis dan mengandung purin tinggi. Ini juga perlu dilakukan bagi penderita kolesterol tinggi.

Buah yang sebaiknya dihindari seperti mangga, semangka, anggur, rambutan, kismis, durian serta buah-buahan kering lain. Buah untuk penderita diabetes dan kolesterol maupun asam urat yang baik antara lain: melon, pir dan buah naga.

  1. Makanan laut (seafood)

Makanan laut seperti ikan asin, kepiting dan cumi-cumi mengandung kolesterol dan purin tinggi. Tidak hanya itu, namun makanan ini memiliki kandungan lemak yang sangat banyak sehingga dapat menyebabkan sakit diabetes, asam urat dan kolesterol tinggi bertambah parah.

  1. Daging

Penderita komplikasi diabetes serta asam urat diwajibkan membatasi makanan dari bahan dasar daging. Beberapa jenis daging yagn tidak boleh dimakan antara lain seperti daging unggas, daging merah serta jeroan.

Daging kaya akan protein padat serta kolesterol yang mengandung glukosa cukup tinggi. Hindari pula makanan seperti bakso dan soto.

  1. Makanan goreng-gorengan dan bersantan

Makanan gorengan dan bersantan punya banyak kandungan zat purin dan lemak jahat serta kolesterol. Makanan itu dapat memicu komplikasi lainnya seperti obesitas. Itulah sebabnya banyak dari mereka yang punya asam urat dan diabetes dianjurkan mengonsumsi makanan yang direbus.

  1. Susu

Minuman pantangan asam urat dan diabetes termasuk susu dan produk olahannya. Susu dan olahannya punya kandungan purin dan gula yang tinggi. Beberapa contoh produk susu dan olahannya yang sebaiknya dihindari antara lain seperti es krim, susu full cream, yogurt, keju dan margarin.

Baca Juga:
Pantangan Makanan Asam Lambung Tinggi / Kronis/ Akut

  1. Makanan berkabohidrat tinggi

Penderita asam urat dan diabetes harus menghindari makanan berkabohidrat tinggi dan sebagai alternatif, dapat menggantinya dengan gandum utuh, roti, nasi merah dan jagung. Tubuh manusia memang butuh karbohidrat untuk tenaga, namun mereka yang punya asam urat dan diabetes harus memilih makanan berkabohidrat yang dapat dikonsumsi.

Itulah beberapa pantangan makanan asam urat dan diabetes yang sebaiknya Anda perhatikan. Semoga bermanfaat untuk anda maupun kerabat anda yang sedang mengalami gangguan asam urat / diabetes tersebut


📌 Rekomendasi Artikel

⓵ Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah
⓶ Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu
⓷ Ucapan Ulang Tahun untuk Suami
⓸ Ucapan Ulang Tahun untuk Anak
⓹ Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak
⓺ Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri
⓻ Ucapan Anniversary ke Suami atau ke Istri
⓼ Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah
⓽ Ucapan Bela Sungkawa Duka Cita
⓾ Sindiran untuk Suami Yang Tidak Pengertian
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah bila Sering Dipakai
➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Kulit
➥ Efek Samping Produk Pemutih Fair and Lovely
➥ Pelembab Wardah untuk Kulit Berminyak Berjerawat
➥ Efek Samping dan Manfaat Produk TheRaskin