Pantangan Makanan Asam Urat dan Kolesterol Tinggi Usia >40 Tahun

Pantangan makanan asam urat dan kolesterol sebaiknya menjadi catatan penting Anda untuk mendapat pola makan tepat. Penyakit asam urat dan kolesterol biasanya berkaitan, sebab mereka yang memiliki kolesterol tinggi cenderung memiliki masalah asam urat.

Asam urat ini terjadi akibat penumpukan dan pengkristalan zat asam uram dalam darah di persendian, tulang, otot dan jaringan ikat. Dan diyakini kadar kolesterol tinggi dalam darah bisa memicu risiko terjadinya asam urat.

Daftar jenis pantangan makanan asam urat dan kolesterol

Sebaiknya penderita asam urat maupun kolesterol tinggi mengurangi atau menghindari beberapa jenis makanan berikut ini:

  1. Sayur bayam

Sayur bayam memang sangat baik untuk pertumbuhan tulang khususnya pada anak-anak. Namun, rupanya sayur ini termasuk sayuran yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat sebab sayur bayam mengandung zat purin tinggi.

Lalu sayuran apa yang bisa dikonsumsi penderita asam urat? Sayuran yang boleh dimakan oleh penderita asam urat seperti wortel, brokoli, terong, dll.

pantangan makanan asam urat dan kolesterol

  1. Makanan bersantan

Memang rasa santan makin membuat suatu masakan nikmat, tapi masakan seperti ini tidak dianjurkan bagi penderita asam urat serta kolesterol tinggi. Sebab makanan bersantan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat di dalam tubuh. Makanan bersantan ini juga mengandung lemak yang tinggi.

  1. Jeroan

Tidak hanya penderita asam urat saja yang dilarang makan jeroan meski nikmat. Mereka yang juga punya kolesterol tinggi tidak boleh mengonsumsinya sebab makanan ini memiliki kadar purin dan kolesterol tinggi. Beberapa contoh jeroan yang biasanya ada seperti babat, hati, ampela, kikil, usus, ginjal dan otak adalah contoh makanan dengan purin dan kolesterol tinggi. Apalagi hati yang membuat dan menyimpan kolesterol.

  1. Minuman beralkohol dan bersoda

Kesehatan tubuh jadi lebih berisiko jika Anda sudah menderita asam urat ditambah kolesterol, namun masih punya hobi mengonsumsi minuman beralkohol. Jika Anda terlalu sering meminum alkohol seperti bir maka bisa meningkatkan kadar asam urat dan penyakit akan lebih sering kambuh.

Bir juga akan membuat sistem tubuh semakin sulit membuang asam urat dari urine. Ditambah lagi minuman beralkohol meningkatkan trigliserida serta kolesterol dalam darah.

  1. Olahan Sea Food / Makanan laut

Makanan laut memang enak, contohnya seperti ikan tuna, teri, kerang, tongkol dan sarden. Tapi jenis makanan laut tersebut mengandung zat purin yang lumayan tinggi. Lalu ada pula lobster yang sebaiknya dihindari oleh mereka yang punya kolesterol tinggi sebab kandungan kolesterol dalam lobster mencapai 125 mg sendiri di tiap 85 gram lobster. Kalau lobster itu dimasak dengan digoreng, maka akan semakin meningkatkan kadar kolesterolnya.

  1. Daging Kambing dan Sapi

Penderita kolesterol serta asam urat tinggi sebaiknya membatasi konsumsi daging, seperti daging merah yang punya kandungan kolesterol dan purin tinggi. Kalau memang Anda ingin mengonsumsi daging merah maka disarankan membuang terlebih dahulu bagian lemaknya yang menempel di daging.

Alternatif lain adalah makan daging putih contohnya daging kalkun atau ayam. Cara pengolahannya juga sebaiknya tak digoreng dan dibuang dulu kulitnya.

  1. Durian

Durian mengandung kolesterol tinggi sehingga bagi penderita asam urat pun harus mempertimbangkan dua kali jika ingin memakannya. Durian juga mengandung senyawa sulfur, ethanol dan ethyl yang kurang baik bagi tubuh. Buah-buahan untuk penderita kolesterol dan asam urat yang baik yaitu buah pir, pisang, melon, apel dan buah ceri.

Baca Juga:
Pantangan Makanan untuk Ibu Menyusui agar Kualitas ASI Maksimal

Itulah beberapa pantangan makanan asam urat dan kolesterol yang sebaiknya Anda ketahui supaya dapat menghindari penyakit asam urat dan kolesterol kambuh atau bertambah parah. Semoga bermanfaat.