Pantangan Makanan Gula Darah Tinggi untuk Pasien Diabetes Melitus

Diabetes disebabkan akibat dari konsumsi makanan dengan kandungan glukosa tinggi, penderita penyakit ini tidak bisa melanggar pantangan makanan gula darah tinggi. Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang sangat mematikan, komplikasi diabetes bisa menyebabkan seseorang mengalami stroke atau paling parah meninggal.

Cek apa saja pantangan makanan gula darah tinggidi sini

  1. Minuman kemasan

Jus kemasan atau minuman bersoda adalah 2 jenis minuman dengan kadar glukosa tinggi yang wajib dihindari oleh penderita diabetes. Sebelum minum minuman kemasan, penderita diabetes harus melihat label informasi kadar gula yang tercantum.

Umumnya, minuman kemasan memiliki kadar glukosa sekitar 38 gram gula/350 ml. Ada banyak minuman manis dengan varian rasa buah, jangan terkecoh untuk mengonsumsinya, jika ingin minum jus buah akan lebih bila membuatnya sendiri tanpa gula. Buah yang dipilih pun harus yang rendah gula.

pantangan makanan gula darah tinggi (makanan untuk gula darah tinggi)

  1. Roti putih, nasi dan pasta dari tepung terigu

Ketiga makanan ini merupakan sumber karbohidrat yang sayangnya tidak bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit gula. Karbohidrat sederhana mudah sekali diserap tubuh yang kemudian akan diubah untuk memenuhi kadar gula di dalam darah.

Mengurangi ketiganya lalu menggantinya dengan protein dan makanan tinggi serat adalah pilihan aman dan terbaik untuk menjaga kadar gula tetap stabil.

  1. Makanan tinggi lemak

Merupakan makanan untuk gula darah tinggi yang sebaiknya dihindari saja. Lemak trans biasanya ditemukan pada selai, margarin serta berbagai makanan yang diawetkan.

Walaupun semua makanan tersebut tidak serta merta meningkatkan kadar gula darah namun bila dikonsumsi setiap hari bisa mengakibatkan pembuluh darah rusak atau lebih tepatnya mengurangi HDL. Selain berisiko buruk pada penderita penyakit diabetes, lemak trans bisa menjadi penyebab penyakit kardiovaskular.

  1. Penderita Diabetes Dilarang Konsumsi Buah kering

Merupakan salah satu camilan yang diolah dengan baik mengurangi kadar air, dipotong berukuran kecil lalu diawetkan. Ada banyak buah fresh yang diolah menjadi dry fruit, penderita diabetes diwajibkan untuk menghindari konsumsi buah jenis tersebut dan mengonsumsi buah segar seperti apel yang rendah gula.

  1. Kentang goreng

Walaupun rasanya lezat, kentang goreng bukanlah pengganti nasi yang terbaik karena kombinasi di antara kentang dan minyak goreng dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darah. Kentang goreng umumnya memiliki kandungan kimia aldehida yang bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes.

  1. Makanan kemasan kadar karbohidrat tinggi

Seperti keripik kentang, biskuit, sampai sereal yang terbiasa dikonsumsi untuk sarapan. Semua produk kemasan tersebut tidak hanya mengandung karbohidrat yang tinggi, namun juga tinggi garam serta pengawet dan pewarna makanan.

  1. Madu dan aneka sirup

Walaupun madu terbiasa digunakan sebagai pengganti gula, namun faktanya baik madu, sirup maple atau bahkan sirup agave, sama-sama bukanlah pengganti gula pasir terbaik karena bisa jadi kandungan gulanya jauh lebih tinggi. Lebih baik hindari menambahkan madu ke makanan/ minuman Anda atau ganti dengan produk gula yang dikhususkan untuk penderita diabetes.

  1. Kopi

Kopi yang ditawarkan di kafe biasanya menggunakan gula yang banyak bahkan ditambah dengan sirup cokelat, karamel, dan whipped cream. Kombinasi minuman ini tidak bagus untuk penderita diabetes karena kadar gulanya yang cukup tinggi.

Baca juga:
Pantangan Makanan Hamil Muda 1 Bulan agar Janin Tidak Keguguran

Makanan yang cocok untuk penderita diabetes

Cara menurunkan gula diabetes yang simpel dan mudah adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang bagus untuk penderita diabetes, seperti:

  • Popcorn tawar
  • Nasi merah
  • Oatmeal
  • Daging tanpa lemak
  • Brokoli
  • Ikan laut
  • Dark chocolate

Demikian beberapa pantangan makanan gula darah tinggiserta beberapa jenis makanan bagus untuk penderita diabetes, semoga bisa membantu penderita agar bisa mengatur pola makannya dengan lebih baik lagi.


📌 Rekomendasi Artikel

⓵ Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah
⓶ Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu
⓷ Ucapan Ulang Tahun untuk Suami
⓸ Ucapan Ulang Tahun untuk Anak
⓹ Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak
⓺ Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri
⓻ Ucapan Anniversary ke Suami atau ke Istri
⓼ Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah
⓽ Ucapan Bela Sungkawa Duka Cita
⓾ Sindiran untuk Suami Yang Tidak Pengertian
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah bila Sering Dipakai
➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Kulit
➥ Efek Samping Produk Pemutih Fair and Lovely
➥ Pelembab Wardah untuk Kulit Berminyak Berjerawat
➥ Efek Samping dan Manfaat Produk TheRaskin