Pantangan Makanan Asam Lambung Tinggi/Kronis/Akut yang Dihindari

Pantangan makanan asam lambung bisa berbeda-beda tiap orang karena makanan satu bisa menyebabkan sakit maag pada satu orang, namun tidak pada lainnya. Meski begitu penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis makanan yang paling sering menyebabkan asam lambung.

Asam lambung sendiri biasanya menyebabkan gejala seperti nyeri di bagian ulu hati dan kadang disertai rasa mual dan mulas. Hal ini disebabkan asam lambung yang naik dari lambung ke tenggorokan.

Daftar jenis pantangan makanan asam lambung

  1. Sayur dan buah asam

Buah-buahan yang bersifat sangat asam seperti jeruk, anggur dan lemon bisa membuat asam lambung naik. Begitu pula dengan sayuran seperti tomat atau campuran sayur dengan cuka. Sebaiknya saat merasa maag, jangan mengonsumsi makanan ini apalagi ketika perut sedang kosong.

pantangan makanan asam lambung

  1. Makanan pedas

Makanan-makanan pedas dapat menyebabkan iritasi dan nyeri di bagian ulut hati serta lapisan dalam kerongkongan. Kalau Anda hobi mengonsumsi makanan pedas, maka sebaiknya ganti cabai dengan bahan yang tak terlalu pedas seperti merica atau saus cabai diganti saus tomat.

  1. Kafein

Kafein bisa meningkatkan refluks asam lambung sehingga sebaiknya Anda menghindari minuman berkafein seperti kopi. Satu cangkir kopi per hari masih dapat ditolerir, namun sebaiknya batasi karena minum kopi berkali-kali bisa meningkatkan resiko peningkatan refluks.

  1. Cokelat

Bagi Anda yang doyan makan cokelat maka bagi yang sedang menderita asam lambung sebaiknya hindari atau kurangi. Sebab cokelat mengandung kafein serta theobromine yang dapat membaut refluks. Selain itu, cokelat juga mengandung lemak tinggi yang bisa memicu refluks.

Jadi, buat Anda yang hobi ngemil coklat harap dibatasi atau Anda bisa menggantinya dengan cemilan untuk penderita asam lambung yang lebih aman seperti biskuit jahe atau buah seperti pisang dan pepaya.

  1. Minuman bersoda

Minuman berkarbonasi dan bersoda bisa meningkatkan asam lambung. Apalagi gelembung soda dari minuman karbonasi bisa menyebar ke seluruh perut yang memicu peningkatan asam lambung. Soda juga mengandung kafein yang sebaiknya dihindari kalau tak ingin maag semakin parah. Hal ini menyebabkan rasa mulas, panas lambung dan mual.

  1. Makanan gorengan

Gorengan memang nikmat tapi makanan yang digoreng dapat memicu refluks asam lambung. Gorengan bisa menyebabkan panas lambung sehingga Anda mungkin merasa nyeri di bagian ulu hati. Ditambah lagi gorengan merupakan makanan kurang menyehatkan karena dapat memicu kolesterol tinggi.

  1. Makanan berlemak

Hati-hati dalam memilih lauk pauk untuk penderita asam lambung. Sebaiknya hindari makanan berlemak tinggi karena mengonsumsi makanan tinggi lemak dapat menyebabkan peningkatan tekanan asam lambung. Beberapa contoh makanan berlemak yang harus dihindari seperti kentang goreng, daging sapi, es krim, keju, susu, keripik, dan makanan berminyak lainnya.

  1. Bawang putih

Percaya atau tidak, meskipun bawang putih memang terkenal memiliki banyak sekali manfaat, namun rupanya bumbu dapur satu ini juga dapat meningkatkan resiko kena asam lambung tinggi.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Tidak hanya bawang putih, bawang jenis lainnya seperti bawang bombay menurut Oklahoma Foundation for Digestive Research, bisa mengurangi pH lambung. Perlu Anda ketahui bahwa semakin rendah pH lambung maka asam pun semakin cepat naik. Ini yang menyebabkan penderita asam lambung merasa mual dan sering bersendawa.

Baca Juga:
Pantangan Makanan Anak Autis dan Berkebutuhan Khusus

Selain memperhatikan pantangan makanan asam lambung di atas, Anda juga harus mulai terapkan pola hidup sehat. Misalnya jangan telat makan, jangan makan terlalu banyak dalam satu waktu, jauhi konsumsi alkohol dan rokok, dan jagalah berat badan tetap ideal.