Sayuran Penyebab Asam Urat Naik & Makanan yang Harus Dihindari

Sayuran penyebab asam urat sebaiknya dihindari oleh para penderita asam urat tinggi. Penyakit ini biasanya memang dipicu oleh konsumsi makanan yang mengandung purin berlebihan.

Jika asam urat dalam kadar yang tinggi, maka dapat berakibat pada ginjal yang tidak mampu mengeluarkan zat tersebut melalui urine sehingga bisa bertumpuk pada persendian.

Sendi-sendi tubuh jadi terasa sakit dan nyeri bahkan pembengkakan. Itulah sebabnya penderita asam urat tinggi harus menjaga pola makan mereka. Salah satunya dengan menghindari beberapa makanan sayuran seperti berikut ini.

Daftar 5 sayuran penyebab asam urat tinggi yang harus dihindari

sayuran penyebab asam urat

Berikut daftar makanan asam urat yang sebaiknya dihindari penderita asam urat tinggi:

  1. Bayam

Sayur bayam merupakan sayuran yang mengandung zat besi tinggi beserta vitamin C, beta karoten, luteins dan flavonoid. Anda sendiri pastinya tak asing dengan sayuran ini karena memang disukai banyak orang.

Meski bernutrisi, namun sebaiknya sayur ini tak dikonsumsi oleh para penderita asam urat tinggi/ gout. Hal ini karena kandungan purin di dalam bayam termasuk tinggi sekitar 57 gram sendiri untuk setiap 100 gram sayur bayam yang Anda konsumsi.

  1. Asparagus

Selain bayam, asparagus juga dikenal sebagai sayuran dengan kadar purin yang tinggi, walau sayur yang sering dijadikan sop ini juga menawarkan nutrisi bergizi seperti kalium dan folat.

Setiap 100 gram asparagus yang dimakan, terdapat 23 gram kandungan purin di dalamnya. Baik bayam maupun asparagus memang mengandung purin cukup tinggi. U

ntungnya purin yang didapat dari sayuran lebih mudah dikeluarkan dari dalam tumbuh ketimbang purin yang didapatkan dari konsumsi produk daging.

asparagus sayuran penyebab asam urat

  1. Kol

Kembang kol termasuk sayuran yang sebaiknya dihindari oleh para penderita asam urat karena mengandung purin yang tinggi. Pada 100 gram kembang kol sendiri menawarkan sekitar 51 gram kadar kurin.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Selain itu, kembang kol juga merupakan sayuran dengan kadar gas yang tinggi sehingga tak baik dikonsumsi berlebihan sebab bisa memicu perut kembung dan begah.

  1. Jamur

Sayuran seperti jamur juga tidak termasuk ke dalam pilihan makanan penderita asam urat sebab mengandung purin yang juga tinggi.

Di dalam 100 gram jamu terdapat kandungan purin sekitar 92-17 gram sendiri. Inilah sebabnya jamur merupakan pengganti daging yang tidak dianjurkan bagi mereka yang mengikuti diet asam urat.

  1. Kacang polong

Kacang-kacangan juga termasuk ke dalam produk nabati yang memiliki kadar purin cukup tinggi dan sebaiknya dihindari penderita asam urat.

Salah satu kacang-kacangan yang berada di peringkat teratas kandungan purin yang tinggi yaitu kacang polong. Hal ini karena per 3,5 ons kacang polong mengandung sekitar 5-100 gram kadar purin.

Makanan lain yang sebaiknya dihindari

Selain sayuran di atas, para penderita asam urat tinggi juga dianjurkan untuk menghindari beberapa daftar makanan berikut:

  • Jeroan
  • Seafood
  • Daging angsa, bebek dan kalkun
  • Durian, nanas dan air kelapa
  • Gorengan
  • Makanan bersantan
  • Makanan berprotein dan lemak tinggi
  • Dendeng dan abon
  • Makanan kaleng seperti kornet, sarden, dll.

Sebaliknya bagi penderita asam urat, Anda harus memperbanyak minum air putih untuk mengeluarkan asam urat lewat urine. Sayuran yang boleh dikonsumsi antara lain kacang panjang Prancis yang bahkan bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat.

Anda bisa membuatnya sebagai jus kacang panjang Prancis. Itulah beberapa informasi mengenai sayuran penyebab asam urat tinggi yang sebaiknya dihindari karena kandungan purin yang cukup tinggi. Semoga bermanfaat.