Perbedaan Concealer dan BB Cream, Jangan Sampai Salah Pilih Ya!

Bagi Anda para pecinta makeup pastinya sudah tidak asing lagi dengan kedua produk yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini. Ya, concealer dan BB cream adalah kedua jenis produk makeup yang wajib ada di tas makeup Anda.

Keduanya memiliki fungsi yang sama dalam hal makeup yakni untuk menyempurnakan tampilan wajah pada saat akan menggunakan makeup. Namun, walaupun sekilas memiliki fungsi yang hampir sama kedua produk makeup ini berbeda satu dengan yang lainnya.

Para pemula yang masih awam dalam hal makeup terkadang masih belum mengerti apa perbedaan concealer dan BB cream.Oleh karena itu, kami akan membahasnya secara detail dan tuntas tentang kedua produk makeup tersebut dilihat dari beberapa hal. Langsung saja mari ktia simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan Concealer dan BB Cream

Perbedaan Concealer dan BB Cream

Berikut ini beberapa perbedaan concealer dan BB cream dilihat dari beberapa hal yang mendasarinya.

Fungsi

Dilihat dari segi fungsi concealer dan BB cream hampir sama yakni untuk menyempurnakan riasan makeup. Namun, jika diulas secara lebih detail keduanya memiliki perbedaan yakni concealer berfungsi sebagai color corrector.

✔️  Fungsi Concealer, Cara Pakai & Perbedaan dengan Foundation

Color Corrector berfungsi untuk menutupi kekurangan yang ada di kulit wajah dengan sempurna sedangkan BB cream memiliki fungsi yang sama dengan foundation yakni untuk meratakan warna kulit wajah.

BB cream adalah base atau alas bedak dengan formula yang lebih ringan jika dibandingkan dengan foundation sehingga sangat cocok digunakan untuk makeup sehari-hari.

Tekstur

Dari segi tekstur, perbedaan concealer dan BB cream juga dapat dilihat. concealer memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan BB cream karena fungsinya sebagai corrector jadi teksturnya dibuat agar bisa benar-benar menutupi kekurangan di wajah seperti flek hitam, kemerahan di wajah, lingkar mata panda hingga pori-pori sekalipun.

Berbeda dengan BB cream yang tekstur lebih encer dan lebih ringan pada saat diaplikasikan ke seluruh kulit wajah. Karena memang BB cream berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah. Jadi sudah dapat dipastikan jika coverage  BB cream tidak semaksimal concealer dan tidak dapat menutupi seluruh kekurangan di wajah. Anda bisa tampil cantik dan natural dengan BB cream.

✔️  Produk Concealer Korea untuk Kulit Berminyak dan Mata Panda

Kandungan

BB cream memiliki kandungan yang cukup baik untuk kulit wajah karena tidak hanya berfungsi sebagai makeup saja akan tetapi juga berfungsi sebagai skin care di wajah.

Pada umumnya BB cream mengandung SPF dan pelembab yang dapat membuat tekstur kulit wajah lebih mulus dan terlindung dari paparan sinar matahari. Berbeda dengan concealer yang tidak memiliki kandungan skin care untuk kuli karena memang fungsinya hanya sebagai corrector dan tidak diaplikasikan ke seluruh wajah.

Varian Warna

Perbedaan concealer dan BB cream selanjutnya terletak pada varian warnanya. Pada umumnya concealer memiliki varian warna yang lebih banyak dibandingkan dengan BB cream seperti warna kulit, hijau, biru, ungu, kuning dan coklat. Berbeda dengan BB cream yang hanya memiliki varian warna kulit yakni 1 hingga 3 varian warna saja.

Pengunaan Warna

Varian warna pada concealer memiliki fungsi masing-masing misalnya warna kulit terang untuk highlight, coklat atau gelap untuk shading.

✔️  Cara Memakai Eyeshadow agar Terlihat Natural dan Cantik

Kemudian warna hijau untuk menutupi kemerahan di wajah, orange untuk menutupi kantung mata dan ungu untuk membuat kulit tambah cerah. Berbeda dengan BB cream yang penggunaan warnanya harus Anda sesuaikan dengan warna tone kulit Anda.

Cara Penggunaan

Jika concealer digunakan hanya pada area wajah yang memerlukan koreksi saja, BB cream digunakan ke seluruh bagian wajah. Anda bisa menggunakan BB cream setelah menggunakan concealer.

Sekarang Anda sudah tahu kan perbedaan concealer dan BB cream? Jangan salah pilih ya, semoga bermanfaat, terimakasih. Baca juga: Perbedaan Concealer dan Foundation dari Fungsi dan Cara Pakai