Pantangan Makanan Golongan Darah B Untuk Diet Sehat

Pantangan makanan golongan darah Bumumnya diberikan pada mereka pemilik golongan darah B yang ingin mengatur pola makan atau menjalankan program diet golongan darah. Faktanya diet golongan darah memang memberikan peluang tinggi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat di masa mendatang.

Cek di sini8pantangan makanan golongan darah B!

  1. Daging

Beberapa jenis daging baik dikonsumsi oleh golongan darah B namun ada juga yang bisa menyebabkan efek negatif. Ada pun jenis daging yang tidak diizinkan untuk banyak dikonsumsi adalah daging babi, daging bebek dan daging ayam.

Sedangkan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah ikan, daging kambing, daging kelinci serta daging sapi muda. Jika sedang melakukan program diet golongan darah B hendaknya menghindari konsumsi beberapa jenis daging yang telah disebutkan sebelumnya.

pantangan makanan golongan darah b (sifat golongan darah b)

  1. Seafood/ makanan laut

Mengonsumsi banyak seafood bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah pencernaan serius dan untuk golongan darah B. Jenis seafood yang harus dihindari adalah tiram, kerang, ikan tuna, ikan teri, kepiting, gurita dan belut. Untuk jenis seafood yang boleh dikonsumsi di antaranya adalah ikan salmon, halibut, ikan cod serta ikan laut putih.

  1. Susu

Untuk menyesuaikan diet golongan darah dengan konsumsi makanan, pemilik golongan darah B tidak boleh terlalu banyak makan susu dan produk olahannya seperti es krim, snack keju dan keju biru. Contoh jenis olahan susu yang diizinkan untuk dimakan adalah keju farmer, mozarella, yogurt, susu kambing, keju feta dan keju cottage.

  1. Golongan Darah B jauhi Makanan BerMinyak

Golongan darah B yang mengonsumsi minyak terutama minyak kacang tanah, minyak canola, minyak biji bunga matahari, minyak sawit serta minyak wijen sebaiknya tidak berharap lebih program dietnya akan sukses karena seluruh jenis minyak tersebut termasuk yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Kacang-kacangan

Sebenarnya mereka yang memiliki golongan darah ini tidak diizinkan makan terlalu banyak biji-bijian maupun kacang-kacangan karena jenis makanan tersebut tinggi kandungan lektin yang dapat menyebabkan efek negatif seperti pankreas mengalami kesulitan untuk menghasilkan insulin.

  1. Kacang Polong

Jenis polong pun tidak diizinkan dimakan berlebihan seperti kacang hitam, lentil, garbanzo serta kacang polong hijau. Karena kandungan lektinnya yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit gula (diabetes).

  1. Padi-padian

Semua jenis padi-padian seperti gandum utuh, gandum, tepung roti maupun mie gandum tidak diizinkan untuk dikonsumsi pemilik golongan darah B.

Jenis padi-padian tersebut menyebabkan pankreas mengalami kesulitan untuk menciptakan insulin jadi tubuh lebih mudah mengalami penyakit diabetes akibat resistensi insulin. Padi-padian juga membuat proses pembakaran lemak terhambat sehingga penurunan berat badan akan ikut terhambat.

  1. Sayuran

Merupakan salah satu makanan yang dilarang untuk golongan darah B terutama sayur labu, lobak, tomat, jagung, kubis, artichoke dan produk kedelai. Semua jenis sayuran tersebut tidak diperbolehkan dikonsumsi karena kandungan lektinnya bisa membuat sistem insulin menjadi abnormal serta menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Sedangkan zaitun dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi lebih buruk terutama jika mereka memiliki alergi. Sayuran yang masih diizinkan untuk dimakan adalah asparagus, wortel, bit, rebung, sawi, kubis, mentimun, terong, kentang dan talas.

Baca juga:
Pantangan Makanan Golongan Darah A

Itulah beberapa pantangan makanan golongan darah B,semua pemilik golongan darah ini hendaknya tidak melanggar seluruh pantangan ini jika tidak ingin program diet yang dijalaninya gagal hanya karena tidak sanggup untuk menjauhi semua makanan tersebut.