Bayi 0 Bulan Batuk? Inilah Penyebab & Penanganan yang Benar

Bayi 0 bulan batuk dapat terjadi akibat adanya infeksi bakteri atau virus. Sistem imunitas pada bayi memang tidak sekuat orang dewasa, itulah sebabnya penting bagi orang tua untuk memberikan nutrisi yang baik.

Bayi bisa mengalami baik batuk kering maupun batuk berdahak. Batuk kering bisa terjadi karena adanya rasa iritasi atau rasa gatal di tenggorokan, sementara batuk berdahak lebih terasa di area dada sebagai upaya untuk mengeluarkan dahak di paru-paru.

bayi 0 bulan batuk - penyebab, cara mengatasi

Penyebab bayi 0 bulan batuk

Batuk kering terkadang disertai dengan flu/ pilek biasanya terjadi karena virus atau alergi. Bayi memang punya kemungkinan mengalami flu hingga 8x pada tahun pertama hidupnya.

Tapi bunda tak perlu khawatir karena frekuensi tersebut akan berkurang seiring kekebalan tubuh sang bayi bertambah. Batuk juga dapat disebabkan karena infeksi bakteri. Infeksi tersebut bisa saja ditularkan dari orang dewasa yang terkena batuk.

Batuk pada bayi dapat diikuti dengan gejala lainnya seperti hidung tersumbat, demam, mata merah, radang tenggorokan, rewel, dan nafsu makan berkurang. Kadang juga bisa muncul bengkak di bagian leher, bawah lengan atau belakang kepala karena kelenjar getah bening yang turut membengkak.

Cara mengatasi bayi 0 bulan yang batuk

Jangan sembarangan memberikan obat batuk/ flu apalagi untuk bayi baru lahir atau belum genap 1 bulan. Namun, Anda bisa meringankan batu pada bayi, cara mengatasi bayi 0 bulan batuk seperti:

  • Pemberian cairan untuk tubuh

Memberikan lebih banyak ASI (air susu ibu) sebagai upaya untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Ibu bisa meningkatkan cairah tubuh pada bayi untuk mengurangi lendir di hidung sehingga bayi jadi bisa lebih mudah bernafas.

Khusus bayi di bawah 6 bulan, pemberian ASI esktra sangat direkomendasikan sebab ASI juga dipercaya dapat meningkatkan sistem imun.

  • Menaikkan kepala bayi

Jika batuk bayi disertai hidung tersumbat akibat pilek, maka Anda bisa mencoba menaikkan sedikit kepala bayi. Taruhlah bantal yang tak terlalu tebal atau handuk yang sudah dilipat di bawah kepala bayi ketika dibaringkan. Ini bisa membantu mereka lebih mudah bernafas.

  • Istirahat yang cukup

Memastikan bayi Anda memiliki waktu istirahat yang cukup karena batuk bisa membuat bayi rewel, gelisah dan susah istirahat. Anda bisa coba menidurkan bayi saat waktu beristirahat, misalnya dengan menggendongnya atau membaringkannya di tempat tidur.

  • Penyembuhan Batuk secara Alami dengan Uap panas 

Anda bisa memanfaatkan uap panas di dalam ruangan kamar tidur bayi untuk membantu melegakan saluran pernafasannya. Anda bisa memasak air panas dan tuang ke dalam ember atau baskom dan dekatkan pada bayi.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Tapi ingat, tetap jaga dan pastikan bayi tidak terkena air panas tersebut. Anda juga bisa duduk di kamar mandi dan biarkan air hangat dari pancuran mengalir.

Itulah beberapa cara mengatasi bayi 0 bulan batuk kering maupun berdahak, apalagi yang disertai oleh pilek. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Mengatasi Bayi 0 Bulan yang Mencret