Bayi 2 Bulan Batuk Pilek? Inilah Apa yang Harus Bunda Lakukan

Bayi 2 bulan batuk pilekmerupakan hal wajar, agar tidak terlalu panik, orang tua harus memahami pengaruh batuk pilek. Dengan demikian bisa mencegah bayi mengalami penyakit yang sama di usianya yang masih sangat kecil. Penyebab batuk pilek sama bervariasi.

Pada umumnya, penyakit batuk pilek pada bayi disebabkan alergi atau infeksi dari virus atau bakteri. Infeksi akan disertai hidung meler, gejala demam, hidung tersumbat, bersin, sakit kepala, mata berair dan nyeri otot. Infeksi menular dari batuk, bersin atau kontak tangan dengan penderita batuk pilek.

bayi 2 bulan batuk pilek dijemur sinar matahari pagi

Cara Mengatasi Bayi 2 Bulan Batuk Pilek

Pada bayi baru lahir batuk pilek akan terjadi selama 2-3 hari. Mayoritas disebabkan oleh virus namun bila penyakit tidak juga sembuh setelah 1 minggu.

Kemungkinan besar infeksi disebabkan oleh bakteri atau alergi. Sesungguhnya batuk pilek adalah mekanisme tubuh melawan infeksi kuman penyakit serta melindungi saluran pernapasan. Maka dari itu, orang tua tidak perlu langsung membawa bayi ke dokter atau memberikan obat batuk pilek.

Atasi saja dengan cara alami berikut:

  • Berikan ASI Secara Intensif

Ketika bayi 2 bulan batuk sampai muntah, ibu wajib terus memberikan ASI karena kandungan ASI baik untuk meningkatkan imun bayi. Gerakan bayi mengisap puting payudara saat menyusui akan menutup saluran eustachius yang menjadi penghubung antara telinga dengan hidung.

Kondisi ini efektif untuk mengurangi resiko infeksi telinga akibat bakteri yang terdapat pada tenggorokan dan hidung bayi.

  • Menjemur Bayi di Pagi Hari

Salah satu cara mengobati batuk pada bayi 2 bulan adalah dengan rutin menjemur bayi di pagi hari. Matahari pagi baik untuk kesehatan bayi selain meningkatkan pertumbuhan tulang dan otot. Kegiatan ini juga efektif untuk membasmi virus, bakteri serta jamur.

  • Keluarkan Cairan Dalam Hidung

Agar hidung bayi tidak tersumbat, orang tua bisa mengeluarkan cairan hidungnya dengan menepuk punggung bayi saat bayi ditidurkan dalam posisi telungkup. Bisa juga dengan melakukan penguapan. Cara efektif lainnya adalah menyedot cairan dengan menggunakan alat penyedot.

  • Obat

Alih-alih langsung memberikan obat batuk pilek bayi 2 bulan, ibu bisa memberikan obat penurun panas saja. Terutama bila suhu tubuh bayi sangat tinggi mencapai 38.5celcius agar kondisi bayi tidak semakin memburuk bahkan mengalami kejang. Lakukan konsultasi secepatnya bila bayi menunjukkan beberapa tanda berikut ini:

  • Tidak mampu menelan
  • Sakit kepala parah
  • Pucat dan terus mengantuk
  • Tidak mau minum susu dan sering memuntahkan susunya
  • Sakit perut dan demam tinggi
  • Sangat rewel dan ada ruam di kulitnya

Baca juga:
Bayi 2 Bulan Bisa Apa Saja?
Apakah Bunda Sudah Merasa Optimal?


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Dengan memahami informasi seputar bayi 2 bulan batuk pilekdiharapkan para orang tua bisa segera mengambil tindakan yang tepat. Apalagi bila tidak segera diatasi bisa mengakibatkan penyakit yang lebih serius.