Bayi 1 Bulan Pilek Apa Penyebabnya? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ketika bayi 1 bulan pilekakibat flu, orang tua berusaha mengambil tindakan pengobatan secepatnya. Entah dengan pergi ke dokter atau memberikan obat pilek. Namun, bolehkah memberikan obat untuk bayi usia 1 bulan?

Walaupun bermaksud baik, faktanya memberikan obat pilek secara langsung pada bayi bukan pilihan terbaik. Bahkan tidak direkomendasikan, apalagi jika obatnya diperoleh secara bebas tanpa resep dari dokter.

Bolehkah Memberi Obat Pada Bayi Usia 1 Bulan Pilek?

Batuk pilek disebabkan infeksi dari virus influenza yang bisa membaik sendiri setelah 5-7 hari. Jadi pemberian obat pilek bagi bayi tidak selalu dibutuhkan. Bayi yang mengalami demam dan flu bisa diberikan obat penurun panas.

bayi 1 bulan pilek, bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat, obat pilek untuk bayi 1 bulan, cara mengatasi pilek pada bayi 1 bulan

Bayi usia 1 bulan sebenarnya tidak disarankan untuk diberikan obat pereda rasa nyeri untuk mengatasi demam akibat flu. Khawatir dosisnya yang berlebihan bisa berefek negatif bagi kesehatan bayi.

Cara Terbaik Mengatasi Bayi Baru Lahir yang Pilek

Daripada memaksa memberikan bayi 1 bulan yang sedang pilek hidung tersumbat obat tanpa pedoman petunjuk dari dokter anak. Akan lebih baik bila orang tua menangani pilek bayi dengan cara berikut ini:

  • Meredakan Demam Bayi

Bila bayi berusia 1 bulan dan mengalami demam, sudah dicoba segala upaya untuk menurunkan demam bayi tapi demamnya tidak juga turun. Maka dianjurkan untuk langsung membawa bayi ke dokter. Orang tua tidak diperkenankan memberi obat demam tanpa resep dokter.

  • Memberikan Cairan Agar Tidak Dehidrasi

Sebenarnya ada obat pilek untuk bayi 1 bulan yang sifatnya alami yaitu rajin memberikan cairan pada bayi. Karena usianya 1 bulan, jangan memberikan cairan selain 3 jenis yaitu ASI, air putih dan susu formula. Meskipun buah baik untuk kesehatan tapi kandungannya belum bisa diterima dengan baik oleh tubuh bayi.

  • Buat Bayi Merasa Nyaman

Cara mengatasi pilek pada bayi 1 bulan dengan membuatnya merasa lebih nyaman. Orang tua bisa menidurkan bayi dengan posisi kepala lebih tinggi sehingga bayi bisa bernapas dengan lebih baik.

Saat mencoba cara ini pastikan tidak memposisikan kepalanya terlalu tinggi khawatir mengganggu saluran pernapasan dan menyebabkan kematian mendadak. Agar bayi bisa beristirahat dengan nyaman, beri pijatan lembut di beberapa bagian tubuh bayi atau nyalakan musik klasik.

  • Redakan Hidung Tersumbat

Saat bayi mengalami pilek hal yang paling mengganggu mereka adalah hidung tersumbat. Segera atasi ini dengan memanfaatkan semprotan hidung yang memiliki kandungan sodium. Cara ini efektif melegakan tenggorokan bayi sekaligus membersihkan cairan ingus di hidung.

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Susah BAB, Apa yang Harus Bunda Upayakan?

Meskipun obat bagi bayi 1 bulan pilektidak dianjurkan, orang tua tetap wajib menghubungi atau membawa bayi ke dokter, apalagi jika demam bayi lebih dari 38 derajat Celcius. Jangan tunggu kondisi bayi makin memburuk, segera lakukan tindakan ketika bayi terlihat lemas, batuk terus menerus dan kehilangan nafsu makan.