Bayi 1 Bulan Berdahak? Berikut Ini 8 Cara Alami Mengatasinya

Ketika bayi 1 bulan berdahakmaka Ia akan mudah menangis akibat saluran pernapasan yang terganggu dengan produksi dahak di tenggorokan.

Dahak merupakan sekumpulan lendir yang ada pada saluran pernapasan. Dahak akan terjadi ketika seseorang mengalami pilek, batuk dan gangguan pernapasan lainnya. Dahak yang terlalu kental bisa mengganggu pernapasan dan mengakibatkan sesak napas.

bayi 1 bulan batuk berdahak, cara mengatasi batuk pada bayi, obat batuk untuk bayi 1 bulan bayi 1 bulan berdahak

Cara Mengatasi Bayi 1 Bulan  Berdahak

Ingin mengatasi dahak pada bayi 1 bulan namun khawatir jika obat yang diberikan memiliki efek samping terhadap perkembangan bayi. Maka ibu perlu mencoba cara alami mengencerkan dahak berikut ini:

Mengatasi bayi 1 bulan batuk berdahak memang tidak mudah, namun tidak baik juga bila penyakit dibiarkan begitu saja. Atasi dengan memandikan bayi memakai air hangat, selesai mandi segera selimuti bayi agar tidak kedinginan.

Ibu bisa mengoleskan balsam khusus atau minyak telon bayi di leher dan dada. Rasa hangat dari minyak telon dan balsam akan membantu mengencerkan dahak.

Melakukan terapi uap bila batuk berdahak pada bayi 1 bulan tidak sembuh juga. Terapi uap ini efektif untuk mengencerkan dahaknya sekaligus melegakan pernapasan.

Setelah melakukan berbagai upaya mengencerkan dahak, ibu bisa mulai mengeluarkan dahak pada bayi dengan tips berikut ini:

1. Atur bayi dengan posisi tengkurap di atas pangkuan, angkat salah satu kakinya lebih tinggi. Sesuai dengan hukum gravitasi, lendir kental yang encer akan mengalir dengan mudah dari sistem pernapasan ke mulut bayi. Ibu bisa sambil menepuk punggung bayi.

2. Jika masih ada dahak yang belum keluar, ibu bisa menggunakan alat khusus dari material karet untuk membantu menyalurkan lendir tersebut. Tengkurapkan bayi agar dapat mengeluarkan dahak dengan mudah.

3. Batuk pada bayi 1 bulan membuatnya merasa tidak nyaman. Untuk mengelurkan dahaknya posisikan bayi tengkurap lalu tepung punggung kiri dan kanan.

4. Tempatkan bayi dengan posisi miring kiri atau kanan sambil terus ditepuk dadanya. Bila dahak dalam tenggorokannya sangat banyak secara otomatis bayi akan memuntahkannya. Lakukan cara ini sebelum memberikan ASI pada bayi.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Efek Negatif Saat Dahak Tidak Dikeluarkan

Membiarkan bayi tetap mengalami batuk berdahak nyatanya menyebabkan banyak masalah bahkan bisa membuat bayi merasa trauma ketika minum.

  • Bayi mudah rewel sehingga tidak bisa beristirahat
  • Bayi sulit menelan ASI
  • Berisiko tinggi tersedak saat minum susu
  • Bayi merasa tersiksa karena sulit bernapas dan terus batuk

Meskipun dahak memiliki manfaat untuk menjaga saluran pernapasan tetap segar. Namun bila produksinya berlebihan juga beresiko buruk terhadap kesehatan terutama pernapasan. baca juga: Agar Bayi 1 Bulan Cepat Gemuk

Untuk mengatasi bayi 1 bulan berdahakorang tua bisa melakukan berbagai cara alami sehingga tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia yang memang tidak dianjurkan dokter.