Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Tenggorokan Sakit Saat Menelan (Penyebab dan Cara Mengatasi)

Tenggorokan Sakit Saat Menelan memanglah cukup mengganggu kita ketika sedang makan ataupun minum serta tenggorokan sakit saat menelan dan juga menguap pastinya sangat menjengkelkan. Tenggorakan sakit ketika saat menelan dalam istilah medis biasanya disebut dengan nama Faringitis.


Kasus seperti ini muncul biasanya dikarenakan adanya infeksi virus atau bakteri yang biasa menyerang pada flue dan juga pilek. Sakit ini biasanya sering menyerang remaja dan juga anak-anak. Hal ini disebabkan karena kekebalan menghadapi berbagai macam gangguan tenggorokan baru terbentuk ketika usia menginjak dewasa.

Tenggorokan Sakit Saat Menelan makanan atau minuman

Tenggorokan sakit ini juga biasa diikuti dengan rasa sakit pada bagian kepala, kemudian kelenjar di bagian leher membesar, nyeri pada otot, batuk, hidung beringus dan juga tonsi serta amandel menjadi bengkak akibat radang.

Maka dari itu ada beberapa cara mengobati tenggorokan sakit saat menelan yang mungkin dapat anda lakukan, yakni dengan cara membeli obat sakit tenggorokan di apotik atau langsung datang ke dokter untuk konsultasikan masalah tersebut.

Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Sebenarnya ada beberapa cara atau obat sakit tenggorokan ampuh yang saat ini banyak sekali dilakukan oleh mereka yang terkena masalah sakit pada tenggorokan. Nah penasaran apa saja cara mengobati tenggorokan sakit saat menelan dan ada benjolan di bagian leher?

Dibawah ini kami telah menyiapkan beberapa cara mengobati tenggorokan sakit saat menelan yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

baca :  Sakit Perut Sebelah Kanan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tenggorokan Sakit Saat Menelan - minum teh hangat

  1. Minum teh hangat

Minum teh hangat ini dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan saat menelan atau mengurangi rasa sakit peradangan pada tenggorokan. Teh ini dapat kalian seduh di rumah dengan menambahkan madu murni atau gula biasa setiap pagi atau hendak tidur. Minumlah teh hangat ini secara rutin agar sakit pada bagian tenggorokan akan segera sembuh.

Tenggorokan Sakit Saat Menelan teh jahe

  1. Teh Jahe

Dan cara mengobati tenggorokan sakit saat menelan yang kedua adalah dengan mengkonsumsi minuman teh jahe. Minuman ini dapat menjadi alternatif utama untuk mengobati sakit pada tenggorokan.

Cara membuatnya juga cukup mudah yakni dengan mencampurkan teh dengan jahe. Campuran teh dan Jahe memiliki kandungan ekspektoran yang dapat membuat tenggorokan mengeluarkan lendir.

Nah sedangkan untuk jahenya sendiri ini memiliki khasiat yang mampu meningkatkan kadar oksigen pada sel sehingga mampu untuk membuang racun dan tentunya dapat mempercepat penyembuhan pada area tenggorokan yang terkena radang.

Tenggorokan Sakit Saat Menelan Lemon dan Madu

  1. Lemon dan madu

Selain dapat menggunakan teh hangat dan juga teh jahe, kalian juga dapat menggunakan lemon dan madu untuk mengobati tenggorokan sakit saat menelan.

Khasiat campuran lemon dan madu ini cukup tinggi, yakni dapat memberikan rasa nyaman pada tenggorokan dan mampu membasmi bakteri penyebab sakit tenggorokan. Kalian juga dapat menambahkan jahe pada campuran lemon dan madu ini agar sakit tenggorokan lebih cepat sembuh.

baca :  Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Ampuh

Tips Agar Terhindari dari Penyakit Tenggorokan

Tips Agar Terhindari dari Penyakit Tenggorokan

Setelah kalian mengetahui beberapa cara untuk mengobati tenggorokan sakit saat menelan yang sudah kami sampaikan diatas, kalian juga harus wajib mengetahui beberapa tips agar terhindar dari jenis penyakit yang satu ini. Langsung saja kita simak tips agar terhindar dari penyakit radang tenggorokan dibawah ini :

Hindari lingkungan yang penuh polusi udara

  1. Hindari lingkungan yang penuh polusi udara

Polusi udara biasanya menjadi salah satu faktor umum yang dapat menyebabkan orang terkena berbagai macam penyakit, termasuk radang tenggorokan yang satu ini.

Asap memang sangat mengganggu pernapasan, maka dari itu bagi kalian yang perokok lebih baik menjauh ketika anak anda atau orang di dekat anda sedang mengalami gangguan pada tenggorokan.

Hisap permen yang dapat melegakan tenggorokan

  1. Hisap permen yang dapat melegakan tenggorokan

Untuk orang tua dan juga remaja, kalian dapat mengkonsumsi jenis permen pelega tenggorokan agar rasa sakit pada tenggorokan akan sedikit berkurang.

Menelan makanan serta minuman dengan kondisi tenggorokan sakit memang sangat menyusahkan, maka dari itu konsumsilah permen pelega tenggorokan dengan cukup rutin agar terhindar dari penyakit tenggorokan.

Kumur dengan air garam yang hangat

Cara Mengobati Luka di Dalam Mulut

  1. Kumur dengan air garam yang hangat

Mengurangi rasa sakit pada radang tenggorokan, kalian dapat menggunakan air hangat yang telah dicampuri garam kemudian kalian gunakan untuk berkumur-kumur. Jangan terlalu banyak mencampuri garam, cukup ½ sendok teh saja untuk satu gelas minuman.

✰ advertisement ✰