Bayi 1 Bulan Batuk Berdahak? Inilah Cara Efektif Mengatasinya

Tidak beda jauh dengan orang dewasa, bayi 1 bulan batuk berdahak pun bisa terjadi. Meski bukan kondisi serius, batuk berdahak bisa mengganggu aktivitas bayi karena mereka merasa tidak nyaman.

Batuk disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus seperti yang ada pada kasus penyakit batuk croup, batuk rejan, pneumonia dan bronkiolitis.

Namun dalam beberapa kasus lainnya, bayi mengalami batuk berdahak bisa karena tidak sengaja menelan benda, alergi, asma, iritasi pada saluran pernapasan, asam lambung naik dan menghirup asap rokok.

Cara mengatasi bayi 1 bulan batuk berdahak

Bayi yang mengalami batuk berdahak biasanya akan kehilangan nafsu makan, demam, sakit tenggorokkan, mata memerah dan hidung tersumbat. Agar bayi merasa lebih baik, orang tua perlu mencoba beberapa cara mengatasi batuk berdahak pada bayi berikut ini:

  1. Memperbanyak asupan cairan

Ketika bayi mengalami batuk berdahak, pastikan untuk meningkatkan asupan cairan. Hal ini karena efektif untuk membantu mengencerkan dahak sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh bayi sehingga bisa melawan infeksi batuk berdahak. Cara memperbanyak asupan cairan yang paling dianjurkan yaitu melalui pemberian ASI.

  1. Lembabkan udara di dalam ruangan bayi

Salah satu cara mengatasi batuk pada bayi adalah dengan memastikan ruangan bayi selalu lembab. Cara ini efektif untuk menghilangkan lendir pada tenggorokkan bayi serta melegakan hidung sehingga saluran pernafasan terasa lega.

  1. Bayi 1 Bulan yang batuk Perlu Istirahat yang Cukup

Bayi yang terserang batuk berdahak tentu mudah menangis dan menjadi rewel karena kondisi tubuhnya yang tidak enak.

Meskipun demikian, orang tua harus memastikan bayi bisa istirahat secukupnya untuk mempercepat proses pengobatan. Ibu dapat menyiapkan tempat tidur nyaman atau menina bobokannya.

  1. Hindarkan bayi dari asap rokok, asap knalpot, debu

Bila ada anggota keluarga yang merokok, ingatkan untuk membatasi aktivitas tersebut di dalam rumah apalagi di ruangan bayi. Tujuannya agar bayi tidak terpapar udara yang kotor yang membuat batuk berdahaknya semakin parah.

Apakah perlu memberikan obat batuk berdahak?

Pemberian obat batuk untuk bayi 1 bulan sebaiknya dihindari, apalagi jika tidak diresepkan oleh dokter. Lebih bijaksana lagi bila orang tua menghilangkan kebiasaan memberikan madu pada bayi yang berusia kurang dari 12 bulan karena bisa menyebabkan botulisme.

Namun bila batuk berdahak pada bayi tidak juga berhenti. Bahkan warna lendirnya  berbau dan berubah menjadi kuning, hijau atau cokelat maka orang tua bisa pergi ke dokter untuk menghindari terjadinya infeksi yang lebih serius.

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Pilek Apa Penyebabnya?
Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebenarnya tidak perlu berlebihan ketika menemukan bayi batuk berdahak. Tapi bukan berarti orang tua lepas pengawasan, bayi harus tetap diawasi. Monitoring setidaknya selama 5 hari jika batuk tidak sembuh bisa lakukan penanganan lebih lanjut.

Itulah informasi tentang batuk berdahak dan bagaimana cara mengatasi bayi 1 bulan batuk berdahak,semoga bisa memberikan manfaat.