Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah (Penyebab & Cara Mengobati)

Tenggorokan sakit saat menelan ludah tentu menjadi kondisi yang sangat tidak mengenakkan bagi setiap orang. Yang lebih membuat kesal, rasa sakit atau nyeri di tenggorokan sering kali memicu infeksi atau nyeri di bagian lagi seperti di tenggorokan sampai area tulang tepat di belakang dada. Pada umumnya kondisi ini terjadi karena radang tenggorokan atau hendak terkena flu hingga panas dalam.


Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah

Ternyata tak hanya beberapa hal di atas yang dapat membuat tenggorokan terasa sakit ketika menelan ludah atau makanan. Terdapat beberapa penyebab rasa sakit datang pada tenggorokan pada saat menelan.

tenggorokan sakit saat menelan ludah, sakit saat menelan sampai ke telinga, obat sakit tenggorokan, sakit tenggorokan sampai ke telinga

  • Mengidap penyakit asam lambung

Kondisi sakit saat menelan sampai ke telinga menjadi salah satu konsekuensi iritasi tenggorokan yang terjadi. Penyebab pertama yang dapat menjadi alasan mengapa sakit tersebut muncul adalah karena terkena penyakit asam lambung.

Kadar asam lambung yang tinggi mampu memicu iritasi dinding esophagus atau kerongkongan. Tingginya asam lambung dapat naik menuju kerongkongan sehingga iritasi terjadi. Kondisi ini tentu tidak dapat menghalau rasa nyeri saat menelan.

  • Difteri

Ternyata rasa sakit pada saat menelan ludah maupun makanan juga dapat disebabkan oleh difteri. Difteri merupakan kondisi infeksi yang terjadi karena bakteri Corynebacterium diphtheria. Bakteri ini mampu memberi pengaruh pada selaput lendir hidung sehingga dapat membentuk selaput tebal di atas permukaan hidung, lidah, tenggorokan serta saluran pernapasan lainnya.

πŸ“‹ Recommended  Cara Mengobati Diabetes Kering dengan Herbal Alami dan Efektif

Kondisi ini akan memicu pembengkakan kelenjar pada leher yang mampu membuat penderitanya kesakitan saat menelan. obat sakit tenggorokan yang disebabkan oleh hal ini tentu berbeda dengan yang lainnya. Dokter atau ahli medislah yang akan memberikan resep obat paling tepat untuk dikonsumsi.

tenggorokan sakit saat menelan ludah, sakit saat menelan sampai ke telinga, obat sakit tenggorokan, sakit tenggorokan sampai ke telinga

  • Radang amandel

Selain difteri, radang amandel juga dapat membuat rasa nyeri pada saat menelan ludah maupun makanan. Radang amandel terjadi karena infeksi yang terjadi pada dua kelenjar gerah bening pada masing-masing bagian yang terletak di area belakang tenggorokan. Kondisi inilah yang akan mempengaruhi kemampuan untuk menelan. Rasa nyeri yang muncul akan sangat besar.

Radang amandel sangat perlu diobati supaya infeksi yang terjadi tidak semakin parah dan semakin menjalar. Perlu diketahui bahwa radang amandel sendiri dapat terjadi akibat bakteri serta virus. Untuk gejala radang amandel sendiri antara lain tenggorokan sakit, demam dan terjadi pembengkakan pada amandel yang disertai kemerahan dan bercak putih kekuningan.

Ketika gejela-gejala ini sudah muncul, sebaiknya langsung konsultasikan pada dokter. Jangan biarkan bakteri dan virus semakin memperparah kondisi kesehatan. Dokter akan lebih ahli dalam menentukan langkah pengobatan dan penyembuhan.

  • Radang tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan sampai ke telinga yang satu ini adalah yang paling sering tejadi yakni karena radang tenggorokan. Radang tenggorokan dapat disebabkan karena beberapa hal antara laun infeksi, reaksi alegi, pertumbuhan bakteri hingga penyebaran virus.

πŸ“‹ Recommended  Menu Diet Seminggu Menurunkan Berat Badan 7 Kilogram

Salah satu jenis bakteri penyebab radang tenggorokan yang sangat intens adalah streptococcal. Bakteri ini terletak di area amandel dan tenggorokan. Bakteri dan virus tersebut akan menimbulkan iritasi dan inflamasi pada dinding tenggorokan sehingga pembengkakan dan rasa nyeri pda tenggorokan pun tidak dapat terelakkan.

Segera periksakan diri pada dokter atau ahli medis mengenai radang tenggorokan yang diderita. Dokter akan memberikan obat yang tepat untuk penderita radang tenggorokan seperti antibiotic, amoxilin, penicillin atau cephalexin yang dapat ditemukan di apotek atau toko obat terdekat.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa terdapat beberapa hal yang bahkan belum banyak diketahui yang dapat membuat tenggorokan sakit saat menelan ludah bahkan makanan. Konsumsi obat yang tepat sehingga dapat meredakannya dengan efektif dan aman.

✰ advertisement ✰