Bayi 0 Bulan Mencret? Inilah Penyebab dan Penanganan yang Tepat

Bayi 0 bulan mencret bisa mengalami dehidrasi secara cepat dibandingkan orang dewasa. Itulah sebabnya Anda perlu untuk mengatasi diare pada bayi baru lahir agar tidak terjadi komplikasi lebih berbahaya.

Salah satu penyebab diare umumnya adalah karena pemberian ASI eksklusif. Namun diare yang terjadi karena ASI adalah hal yang wajar sehingga Anda tidak perlu berhenti memberikan ASI bagi buah hati.

Inilah penyebab bayi 0 bulan mencret

Penyebab bayi mencret minum ASI karena pada air susu mengandung jumlah laktosa yang tinggi. Terkadang kandungan inilah yang dapat menyebabkan bayi mengalami diare, meski laktosa bermanfaat baik untuk tumbuh kembang otak anak.

bayi 0 bulan mencret - penyebab bayi mencret minum asi

Jika diare tidak menyebabkan berat badannya berkurang maka tidak perlu menghentikan ASI dan normalnya bayi dapat BAB sebanyak 10-15 kali.

Bayi yang mengonsumsi ASI memang mengeluarkan feses yang lebih encer daripada bayi yang meminum susu formula. Warna feses yang normal pada bayi yang meminum ASI umumnya kekuningan dengan tekstur cair dan lembut.

Meski begitu bayi juga bisa mengalami diare dengan frekuensi buang air besar berubah dan menjadi lebih sering dan bayi nampak lemas. Feses juga berubah menjadi lebih lunak dan cair.

Penyebab diare seperti ini bisa terjadi karena bakteri, virus, parasit yang masuk dari benda-benda kotor di sekitarnya, susu formula yang diolah tak tepat, alergi, kurang enzim, konsumsi antibiotik, dsb. Jika sudah seperti itu maka ibu harus segera mengatasinya agar tidak makin parah.

Cara mengatasi bayi 0 bulan yang mencret

Tanda diare pada bayi 0 bulan antara lain tampak lemah, mata cekung, jarang buang air kecil, bibir kering dan pecah-pecah, rewel dan gelisah, tidak mau makan/ minum, urine berwarna gelap, mengalami muntah-muntah, dll. Jika sudah seperti itu maka atasi dengan cara:

  • Memastikan bayi tetap mendapatkan asupan cairan yang cukup.
  • Berikan ASI seperti biasa dengan tambahan pemberian ASI tiap kali muntah atau mencret.
  • Hindari memberi obat antidiare apalagi pada bayi baru lahir karena efek sampingnya bisa serius.
  • Jika bayi mengonsumsi susu formula, maka segera hentikan karena susu formula mengandung gula yang bisa membuat diare makin parah.
  • Gantilah popok sesering mungkin karena feses yang encer bisa membuat popol bayi lebih cepat kotor dan terkena kuman.

Sebaiknya bayi baru lahir yang terkena diare usia di bawah 6 bulan segera diperiksakan ke rumah sakit. Pada umumnya bayi akan dirawat menggunakan infus agar bayi tidak mengalami dehidrasi parah.

Selain itu, mungkin dokter juga akan memberikan obat oral yang aman bagi bayi untuk menghentikan diare, terutama diare yang disebabkan oleh infeksi virus.

Demikian informasi penting mengenai penyebab bayi 0 bulan mencret serta penanganannya secara tepat agar bayi kembali sehat. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Merawat Bayi 0 Bulan yang Baru Lahir


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah