Penyebab Alergi Dingin dan Metode Penyembuhan yang Tepat

Penyebab Alergi Dingin. Ketika menjelang liburan, banyak dari beberapa orang di Indonesia lebih memilih untuk menghabiskan waktunya berlibur ke daerah dingin, seperti puncak.

Alasannya cukup umum karena ingin merasakan keindahan alam yang asri serta hawa dan udaranya yang sejuk membuat liburan terasa sangat nyaman dan menenangkan pikiran setelah penat dengan pekerjaan.

Meski begitu, beberapa orang yang berlibur ke daerah dingin memiliki alergi dingin atau urtikaria dingin yang menyebabkan gatal-gatal ketika merasakan udara yang dingin.

Hal tersebut akan sangat mengganggu aktivitas, tetapi beberapa orang yang memiliki alergi dingin atau urtikaria dingin bisa hilang dengan sendirinya setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

obat alergi dingin

Sebenarnya tidak ada obat khusus yang dapat menyembuhkan kondisi alergi ini, akan tetapi ada beberapa obat alami maupun yang berasal dari dokter sebagai perawatan dan pencegahan yang dapat membantu. Nah, apakah penyebab alergi dingin itu ? yuk simak penjelasannya dibawah ini

Penyebab Alergi Dingin

Penyebab alergi ini terjangkit pada orang masih belum diketahui secara pasti. Namun beberapa orang menjadi lebih sensitif terhadap dingin disebabkan karena faktor keturunan, terkena sejenis virus atau memiliki penyakit yang menyebabkan kulit semakin sensitif.

Tetapi pada kenyataannya secara umum, paparan dingin menghantarkan instamin dan zat kimia lainnya pada aliran darah yang dapat menyebabkan kemerahan dan reaksi gatal – gatal.

Setiap penyakit pasti memiliki tanda – tanda atau gejala termasuk alergi dingin ini. Lalu apa saja tanda – tanda atau gejala pada alergi dingin ?

Tanda – tanda atau Gejala Alergi Dingin

Gejala – gejala umum yang sering terjadi dikarenakan alergi dingin, yaitu :

Gatal – gatal dan muncul ruam kemerahan

Gejala yang satu ini umum terjadi dan paling khas karena ketika kulit sensitif merasakan udara dingin, maka akan muncul ruam kemerahan dan terasa gatal – gatal.

Gejala alergi ini cenderung sulit untuk di hilangkan meski penderitanya telah berpindah ke daerah yang lebih hangat. Dalam beberapa kasus yang terjadi, gejala ruam ini bisa bertahan sampai 24 jam atau bahkan lebih.

Tangan membengkak

Gejala ini jarang terjadi tetapi jika anda setelah melakukan kontak dengan benda yang bersuhu dingin lalu tangan anda membengkak berarti tanda bahwa anda terjangkit alergi dingin.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Pembengkakan ini terjadi hanya sesaat saja, misalnya ketika anda sedang memegang minuman dingin, mandi di pagi hari, dan terkena paparan suhu dingin lainnya. selain itu, pembengkakan ini biasanya tidak hanya terjadi di tangan saja.

Akan tetapi dapat terjadi di lidah atau tenggorokan dan menyebabkan edema faring. Gejala edema faring ini jika tidak mendapatkan pertolongan medis, hal ini dapat membuat seseorang menjadi sulit untuk bernafas dan bisa berujung ke arah kematian.

Muncul bentol – bentol merah

Gejala ini umum terjadi ketika kulit sensitive bereaksi dengan suhu dingin. Gejala ini biasanya disebut dengan nama biduran. Paparan alergi dingin membuat sel darah putih melepaskan histamine ke aliran darah. Akibatnya tubuh akan memberikan respon peradangan dengan munculnya bentol merah, bengkak, gatal dan perubahan kulit lainnya yang biasa terjadi ketika terkena alergi dingin.

Faktor Keturunan

Gejala alergi dingin karena faktor keturunan biasanya muncul ketika kulit sensitif terpapar suhu dingin selama 30 menit dan kemungkinan akan bertahan selama 48 jam. Umumnya penderitanya mengalami kulit kemerahan dan gatal di sertai demam atau sakit kepala, nyeri pada sendi, dan reaksi sel darah putih yang berlebihan dalam darah.

Dalam kasus yang pernah terjadi, alergi dingin ini juga dapat menimbulkan stress yang tidak semestinya. Itulah sebabnya jangan menyepelehkan alergi yang anda alami. Lalu apakah ada obat alami atau obat dari apotik yang dapat mencegahnya ? jawabannya adalah Ada. Yuk simak detail lengkapnya di bawah ini :

penyebab alergi dingin

Obat Alergi Kulit yang Alami

Bahan – bahan dirumah yang bisa anda gunakan untuk mencegah atau mengobati alergi kulit yaitu :

  • Yoghurt

Bahan ini mengandung probiotik yang tinggi dapat membantu reaksi gatal pada alergi kulit.

  • Bawang Bombay

Kandungan bioflavonoid dalam bawang Bombay dapat menstabilkan sel – sel tubuh yang bereaksi secara berlebihan ketika terpapar alergi dingin.

  • Bayam

Mengandung kadar magnesium yang tinggi yang dapat membantu melemaskan otot pernapasan. Berguna ketika penderita terserang asma ketika terpapar udara dingin.

Obat Alergi Kulit dari Apotik

Selain itu, obat dari apotik juga dapat membantu menyembuhkan, salah satunya yang manjur adalah :

  • Anthihistamin

Zat ini mengandung kimia vasoaktif yang dapat menyembuhkan alergi dingin terutama rasa gatal.

  • Kotikosteroid sistemik

Obat ini memiliki efek anti peradanganyang mendalam yang dapat menyembuhkan dengan mudah alergi dingin.

  • Leukotriene Antagonis

Obat ini disebut dengan antileukotriene yang berfungsi menghambat leukotriene yang dapat menimbulkan peradangan pada tenggorokanakibat alergi dingin.

Itulah informasi yang dapat penulis bagikan, semoga bermanfaat.