Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal agar Optimal Hingga Usia Senja

Cara menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting karena ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Fungsinya adalah untuk melakukan proses sekresi dalam sistem pencernaan manusia. Ginjal yang berfungsi dengan baik mampu menjauhkan manusia dari berbagai penyakit membahayakan.


cara menjaga gigi agar tetap sehat loc:ID

Berbagai Jenis Penyakit Ginjal

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan berbagai penyakit atau kelainan pada ginjal. Penyakit ginjal akan memberikan dampak buruk pada kesehatan serta dapat memicu berbagai penyakit kronis lainnya.

cara menjaga kesehatan ginjal

Beberapa jenis penyakit ginjal antara lain:

  • Batu ginjal
  • Masalah dengan sirkulasi darah
  • Munculnya rasa nyeri pada saat buang air kecil
  • Gagal ginjal
  • Pendarahan pada ginjal
  • Infeksi ginjal

Penyakit ginjal juga dapat terjadi karena kelainan fungsi ginjal bawaan yang ada semenjak lahir.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebutkan di atas, wajib hukumnya bagi manusia untuk menjaga kesehatan ginjal. Ginjal yang sehat akan membuat seseorang dapat terhindar dari berbagai penyakit komplikasi lainnya. Beberapa cara merawat ginjal agar tetap sehat ialah sebagai berikut:

  • Hindari atau hentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol

Rokok dan alcohol adalah dua bahan yang sangat berpengaruh buruk bagi ginjal. Tak hanya ginjal, kebiasaan merokok atau mengkonsumsi miniman beralkohol juga dapat memicu berbagai penyakit kronis lainnya seperti kanker, sesak nafas, impotensi hingga infeksi pada organ tubuh. Untuk itu, hindari atau hentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alcohol mulai sekarang juga.

πŸ“‹ Recommended  Penyebab Tumbuh Uban di Usia Muda yang Perlu Anda Ketahui

cara menjaga kesehatan ginjal hingga usia uzur tua

  • Tidak mengkonsumsi obat-obatan kimia secara berlebihan

Kinerja ginjal dapat terganggu karena banyaknya bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh. Obat merupakan salah satu asupan yang mengandung banyak sekali bahan kimia.

Untuk itu, ketika mengalami masalah kesehatan jangan langsung atau terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Cobalah dahulu bahan-bahan herbal untuk mengobati seperti lidah buaya, kunyit, jahe, daun sirsak dan berbagai jenis tanaman obat lainnya.

  • Melakukan olahraga secara rutin

Supaya kesehatan ginjal selalu terjaga, jangan upa untuk melakukan olahraga secara rutin. Selain mampu membakar kalori, berolahraga juga dapat mengoptimalkan sirkulasi darah serta suplai oksigen yang duperlukan oleh masing-masing organ tubuh.

Terlebih olahraga juga sangat baik untuk kesehatan ginjal. Tak perlu melakukan olahraga yang ekstrim atau berat. Lakukan saja beberapa olahraha ringan seperti jogging, bersepeda, senam, lompat tali, jalan kaki dan sebagainya.

  • Melakukan medical check-up teratur

Medical check-up adalah cara mengetahui ginjal sehat yang paling tepat untuk dilakukan. Melalui medical check-up, Anda akan mengetahui kondisi kesehatan dari seluruh organ termasuk ginjal.

Mengetahui sejak dini apabila terdapat masalah pada ginjal adalah sangat baik untuk menentukan langkah pengobatan yang selanjutnya. Kini medical check-up dapat dilakukan dengan mudah dan telah disiapkan oleh berbagai klinik pelayanan kesehatan.

  • Selalu mengontrol kadar kolesterol serta tekanan darah

Cara untuk menjaga kesehatan ginjal yang selanjutnya adalah dengan selalu mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah secara rtutin.

πŸ“‹ Recommended  Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Ketidak normalan kadar kolesterol dan tekanan darah merupakan salah satu pemicu munculnya penyakot-penyakit kronis salah satunya penyakit ginjal. Untuk itu, jangan anggap sepele kadar kolesterol atau tekanan darah yang terlalu tinggi atau rendah karena dapat memicu terjadinya berbagai penyakit.

  • Banyak minum air putih

Minum air putih sangatlah diwajibkan bagi manusia agar dapat menjaga kesehatan termasuk kesehatan organ ginjal. Banyak mengkonsumsi air putih mampu meningkakan sistem metabolisme tubuh dan mampu melancarkan sistem pencernaa.

Banyak mengkonsumsi air putih juga mampu meringankan beban organ ginjal dalam bekerja mensekresi makanan. Banyak penyakit yang dapat muncul karena kurang mengkonsumsi air putih termasuk penyakit ginjal. Aturan konsumsi air putih minimal adalah 8 hingga 10 gelas per harinya.

  • Mengkonsumsi makanan sehat

Cara merawat ginjal secara tradisional juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Penerapan pola makan yang sehat juga dapat membantu tubuh menjaga kesehatan seluruh organ tak hanya ginjal.

Beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan ginjal antara lain bawang putih, kol, bawang Bombay, blueberry, apel, putih telur minyak zaitun dan ikan salmon. Berbagai bahan makanan tersebut mengandung ebrbagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh khuuanya ginjal.

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa cara menjaga kesehatan ginjal dapat dengan mudah dilakukan.

✰ advertisement ✰