Pantangan Makanan Batu Ginjal (Lauk, Sayuran, Cemilan, Minuman)

Pantangan makanan batu ginjal memang harus dijalani agar tidak memperparah kondisi penderita. Batu ginjal adalah pembentukan materi keras yang menyerupai batu berasal dari garam serta mineral di dalam ginjal.

Batu ginjal ini terbentuk dari limbah yang ada di dalam darah kemudian membentuk kristal dan lama-kelamaan menumpuk di ginjal. Endapan batu yang ada bisa terjadi salah satunya karena disebabkan oleh makanan. Itulah sebabnya pola dan asupan makan harus dijaga demi mencegah peningkatan resiko ataupun memperparah keadaan batu ginjal.

Jenis-jenis pantangan makanan batu ginjal

  1. Makanan asin

Makanan asin merupakan salah satu pantangan penderita batu ginjal karena garam yang terdapat pada makanan asin mengandung sodium. Sodium ini bisa memicu peningkatan kalsium di urine yang diolah oleh ginjal. Akibat kelebihan kalsium maka bisa mengikat oxalate dalam makanan sehingga menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

pantangan makanan batu ginjal

  1. Makanan laut

Mereka yang menderita batu ginjal juga sebaiknya menghindari atau mengurangi makanan laut alias seafood. Hal ini disebabkan beberapa jenis makanan laut mengandung zat purin tinggi yang bisa meningkatkan resiko asam urat. Biasanya peningkatan asam urat dapat memicu terbentuknya batu asam urat.

  1. Sayuran berdaun gelap

Jenis-jenis sayuran yang berdaun gelap misalnya kacang panjang, bayam serta sayuran dengan kandungan asam oksalat tinggi harus dihindari. Kandungan asam oksalat ini dapat meningkatkan penumpukan kalsium dalam tubuh yang kurang baik bagi penderita batu ginjal.

Ganti sayuran tersebut dengan konsumsi aman sayuran dan buah-buahan sehat bagi penderita batu ginjal. Contoh buah-buahan penghancur batu ginjal antara lain buah anggur, apel, semangka dan ceri. Sementara untuk sayurannya sendiri, Anda bisa mengonsumsi asparagus.

  1. Cokelat

Cokelat memang merupakan salah satu jenis makanan manis yang banyak disukai orang. Akan tetapi bagi Anda yang hobi atau doyan makan cokelat namun menderita batu ginjal, maka sebaiknya mulai kurangi atau hindari. Pasalnya cokelat ini mengandung oxalate yang dapat memperparah keadaan ginjal.

  1. Kopi dan teh

Teh memang menjadi salah satu minuman yang menawarkan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi penderita batu ginjal sebaiknya menghindari konsumsi minuman ini sebab kandungan di dalamnya dapat memperbesar ukuran batu ginjal hingga menyebabkan komplikasi. Kafein di dalam minuman kopi dan teh bisa mengganggu sistem pembuluh darah sehingga menekan ginjal bekerja terlalu keras.

  1. Minuman manis dan berkarbon

Selain teh, minuman manis dan berkarbon juga jadi pantangan, misalnya minuman bersoda yang mengandung banyak gula. Minuman ini harus dihindari karena dapat meningkatkan produksi asam urat di dalam tubuh. Minuman ini juga mengandung kombinasi asam oksalat, kalsium, natrium serta kreatinin tinggi yang bisa meningkatkan resiko terjadinya gagal ginjal.

  1. Daging merah

Konsumsi daging merah dengan kandungan protein tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Pemecehan protein yang ada bisa membuat ginjal bekerja terlalu berat karena terlalu banyak racun yang perlu disaring. Daging merah juga dapat meningkatkan produksi asam oksalat yang membuat resiko batu ginjal semakin tinggi.

Ganti pantangan di atas dengan makanan serta cemilan untuk penderita batu ginjal yang aman. Misalnya saja kue jahe, orange cupcake yang mengandung jeruk alami, wortel, mentimun dan seledri. Lalu makanan pokok seperti beras merah juga baik bagi penderita batu ginjal.

Baca Juga:
Pantangan Makanan Batu Empedu agar Proses Recovery Lebih Mudah

Demikian beberapa daftar pantangan makanan batu ginjal yang sebaiknya memang dicatat jika tidak ingin memperburuk kondisi penyakit ataupun untuk mengurangi resiko terkena batu ginjal. Semoga bermanfaat.