Sayuran Penurun Darah Tinggi, Kolesterol dan Penderita Asam Urat

Sayuran penurun darah tinggi memang dianjurkan untuk dikonsumsi demi membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit seperti serangan jantung, stroke, dan sebagainya.

Gejala seseorang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi antara lain seperti sakit kepala parah, nyeri di bagian dada, mudah lelah, denyut jantung tidak teratur dan gangguan pada penglihatan.

Untuk mencegah atau mengobati hal tersebut, maka bisa dilakukan dengan pola makan benar termasuk sayuran yang dikonsumsi. Metode ini butuh niat dan kedisiplinan karena biasanya di tengah jalan kadang timbul keinginan untuk makan enak berkolesterol.

Daftar sayuran penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi

Berikut adalah daftar sayuran yang bisa ikut disajikan ke dalam menu makanan untuk penderita darah tinggi:

  1. Seledri

Seledri merupakan jenis sayuran yang bisa dimasak dan dicampurkan ke dalam berbagai macam makanan. Seledri ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Di dalamnya terdapat kandungan kalsium dan kalium yang berguna mengobati darah tinggi.

  1. Bayam

Sama seperti seledri, bayam juga mengandung kalium yang cukup tinggi berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

✔️  Gejala dan Ciri Ciri Kanker Ovarium saat Stadium Awal (Stadium 1)

Selain itu, bayam juga menawarkan kadar serat yang cukup banyak dan baik serat maupun kalium ini merupakan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan.

sayuran penurun darah tinggi

  1. Tomat

Tomat merupakan sayuran yang terkenal bagus untuk kesehatan mata. Namun, tomat juga bisa dimakan untuk membantu menurunkan darah tinggi karena di dalamnya terdapat antioksidan dan likopen untuk mencegah darah tinggi. Likopen ini juga dapat mencegah kolesterol jahat menempel pada dinding pembuluh darah.

  1. Brokoli

Brokoli termasuk ke dalam sayuran hijau dan umumnya sayuran hijau sangatlah baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Brokoli menawarkan kandungan potassium tinggi yang bisa membantu menurunkan darah tinggi. Brokoli juga mengandung jumlah sodium yang sedikit sehingga amat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan diet rendah sodium.

  1. Buncis

Buncis juga termasuk sayuran hijau dengan kandungan vitamin serta mineral yang tinggi dan bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

✔️  11 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Pada dasarnya, kebanyakan sayuran hijau baik buncis maupun brokoli sangatlah enak dan menyehatkan untuk dikonsumsi terutama berkat nutrisinya yang baik.

  1. Kentang

Kentang termasuk ke dalam golongan umbi-umbian yang menawarkan banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah kandungan potassium dan magnesium yang bisa membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, senyawa magnesium juga terbukti bisa memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

  1. Wortel

Apabila tekanan darah tinggi Anda sudah terlanjur berdampak pada kesehatan jantung, maka sayuran seperti wortel adalah makanan penurun tekanan darah tinggi yang harus dikonsumsi.

Hal ini karena wortel mengandung banyak kalium dan beta karoten yang sangat baik untuk mengendalikan denyut jantung serta fungsi ginjal. Selain itu, konsumsi wortel diyakini bisa membantu mengontrol tekanan darah.

sayuran penurun darah tinggi

  1. Lobak

Lobak mungkin jarang yang mengonsumsi, tapi rupanya sayuran ini sebenarnya sangatlah baik sebab mengandung anti-inflamasi. Lobak juga bisa dimakan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Asparagus

Asparagus kaya akan serat dan vitamin seperti vitamin A, C, E, B dan K. Serat dan vitamin B yang ada di dalamnya bisa membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, asparagus memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mencegah sakit jantung.

  1. Kacang polong

Terakhir, terdapat kacang polong yang menawarkan serat tinggi dan juga kalori yang sangat rendah. Kacang polong juga mengandung kadar protein yang tinggi dan tugas menurunkan tekanan darah tersebut ada pada protein ini. Vitamin B6 dan asam folat pada kacang polong juga sangat baik bagi kesehatan jantung.

✔️  Ciri Ciri Penyakit HIV AIDS yang Penting untuk Di Ketahui

Itulah tadi daftar sayuran penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan tekanan darah.