Efek Samping Pil KB Andalan Warna Biru untuk Ibu Menyusui

Semenjak digalakannya Program Keluarga Berencana oleh Pemerintah, banyak wanita memilih pil KB sebagai solusi mencegah kehamilan mereka. Sebagai contohnya adalah pil KB Andalan.

Obat yang wajib dikonsumsi selama 28 hari ini memiliki 21 kapsul mengandung 0.15 mg Levonorgestrel yang berpengaruh pada hormon Progestin, 0.003 mg Etinilestradiol yang mempengaruhi hormon Estrogen, serta  7 pil lain yang tak memiliki kandungan hormon apapun.

Kapsul ini berfungsi untuk mencegah lepasnya sel telur sehingga tidak akan menyebabkan pembuahan. Namun di balik fungsinya yang sangat berguna tersebut, terdapat efek samping pil KB Andalan yang wajib diketahui oleh setiap wanita. 

Mencermati Efek Samping Pil KB Andalan

KB Andalan mengandung hormon yang dapat mengentalkan lendir rahim dan menebalkan dinding rahim sehingga menyulitkan sel sperma untuk membuahinya. Berikut adalah efek samping yang biasa terjadi pada wanita saat mengonsumsi pil KB.

efek samping pil Kb andalan

  1. KB Andalan Bisa Menyebabkan Mual

Rasa mual yang timbul di minggu-minggu pertama pasti dirasakan setiap wanita yang mengonsumsi pil KB. Sebenarnya hal ini normal terjadi, namun jika mual tidak hilang hingga beberapa minggu ke depan, maka ada baiknya Anda memeriksakannya ke dokter.

  1. Periode Menstruasi Kacau

Periode menstruasi yang tidak teratur akan terjadi setelah satu hingga tiga minggu pertama setelah meminum kapsul KB. Masalah kacaunya periode haid ini juga bisa terjadi jika Anda lupa meminumnya.

Namun, jika pendarahan terjadi lebih dari satu minggu maka Anda mungkin harus mengganti metode lain untuk menghindari efek samping pil KB tidak teratur yang mungkin membahayakan tubuh.

  1. Emosi Naik Turun

Naik turunnya emosi yang dialami wanita pengonsumsi pil KB seperti mendadak sedih, menangis, atau mungkin marah rentan terjadi pada mereka yang memiliki tekanan batin. Meskipun tubuh pada akhirnya bisa menyesuaikan diri setelah beberapa saat menggunakan pil KB, para wanita tetap disarankan untuk melakukan olahraga ringan untuk meredakan perubahan emosinya.

  1. Dampak KB Andalan Bisa Mengakibatkan Pusing

Wanita yang mengalami tekanan atau stress ringan juga bisa terkena pusing. Rendahnya kandungan estrogen juga bisa memicu sakit kepala. Sakit kepala ini akan hilang dengan sendirinya dan tak perlu perawatan khusus kecuali jika lebih dari seminggu. Jika semakin parah maka periksakan segera ke Dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

baca: Pil KB yang Tidak Bikin Gemuk dan Flek Coklat

  1. Naiknya Berat Badan

Naiknya berat badan secara signifikan menjadi salah satu efek sampingnya. Meskipun di beberapa kasus terdapat wanita yang justru menurun berat badannya setelah mengonsumsi pil KB Andalan.

Perubahan ini terjadi karena tingginya kadar estrogen dalam kontrasepsi tersebut, sehingga mempengaruhi nafsu makan. Kondisi berat Anda akan kembali ke semula jika Anda tetap memperhatikan nutrisi tubuh secara seimbang.

  1. Efek Konsumsi KB Andalan berupa Keputihan

Keputihan selama mengonsumsi pil KB akan semakin parah jika ternyata kesehatan organ wanita tidak terjaga dengan baik. Bau yang tidak sedap dan perubahan warna saat keputihan menjadi pertanda jika Anda terkena infeksi. Dibutuhkan konsultasi dan perawatan lebih lanjut untuk menghilangkan keputihan tersebut.

Cara Mengatasi Keputihan pada Ibu Hamil

Itulah tadi 6 efek samping pil KB Andalan. Selain efek samping yang disebutkan tadi masih ada beberapa efek samping lain seperti pandangan kabur, nyeri di payudara, dan gairah seks yang menurun.

Jika sekiranya efek tersebut sudah mengganggu Anda, maka wajib hukumnya bagi Anda untuk mengonsultasikannya lagi ke Dokter agar mendapat solusi terbaik bagi pencegahan kehamilan Anda dan keluarga.