Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

6 Buah Penurun Kolesterol Yang Ampuh, Alami dan Efektif

Buah Penurun Kolesterol – Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh penderita kolesterol untuk menurunkan kolesterol tersebut. Anda dapat melakukan pola makan yang teratur dan secara rutin mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki manfaat dapat menurunkan kolesterol.


Buah-buahan segar memang memiliki manfaat tersebut terlebih lagi dengan tambahan beberapa kandungan vitamin yang ada didalamnya, tentunya dapat mempercepat masa penyembuhan bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

Menyembuhkan penyakit kolesterol dengan cara alami memang harus sabar dan butuh proses. Nah lantas apa saja jenis buah yang mampu menurunkan kolesterol jahat yang ampuh? Dibawah ini kami telah menyiapkan daftar buah penurun kolesterol yang ampuh dan tentunya dapat langsung anda simak berikut ini.

Buah Untuk Kolesterol

Jenis Buah Penurun Kolesterol Yang Ampuh

  1. Alpukat

Alpukat memang salah satu buah yang dikenal memiliki kandungan lemak yang cukup banyak. Buah ini juga sering dihindari oleh para penderita kolesterol dan bagi sebagian orang yang sedang dalam masa diet. Akan tetapi hal ini ternyata tidak seratus persen benar, karena Alpukat ini hanya memiliki kandungan lemak sebesar 16% saja.

Buah Penurun Kolesterol

Kandungan lemak sehat pada alpukat ini mempunyai peran sebagai antioksidan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh dan bermanfaat untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri. Hal inilah yang perlu dihindari karena mampu memicu adanya tumpukan kolesterol jahat.

  1. Anggur

Kandungan senyawa (flavonoid) yang ada di dalam buah anggur ini dapat mencegah penggumpalan darah dan juga menurunkan lemak kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Selain itu buah anggur juga dapat mencegah radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Penderita kolesterol ini memang harus membutuhkan zat catechin dan serat yang cukup banyak.

baca :  Tanaman Transgenik : Teknik Tanam, Manfaat, Kelebihan & Kekurangan

Buah Penurun Kolesterol

  1. Mangga

Jenis buah penurun kolesterol yang selanjutnya adalah Mangga. Mangga ini memang banyak dicari oleh mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Selain manis dan juga enak, buah mangga ternyata memiliki kandungan serat prebiotik, pectin dan juga vitamin C yang mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dan mencegah kolesterol teroksidasi serta mencegah adanya penumpukan plak.

Buah Penurun Kolesterol

  1. Jambu Merah

Ada sebuah penelitian yang menyatakan jika seseorang penderita kolesterol ini mengkonsumsi jus jambu merah selama 3 bulan secara rutin dan dengan porsi yang pas, konon dapat menurunkan kolesterol hingga 52,64%. Walaupun Jambu Merah ini memiliki rasa yang cukup asam, akan tetapi buah ini mengandung vitamin E, vitamin C, flavonoid, selenium dan juga karotenoid yang sangat baik untuk tubuh.

Buah Penurun Kolesterol

  1. Jeruk Nipis

Buah penurun kolesterol yang satu ini adalah Jeruk Nipis. Jeruk nipis merupakan buah yang sering dikonsumsi sebagai teman minum dan juga sebagai pelengkap tambahan pada masakan.

baca :  Tanaman Hortikultura : Jenis , Ciri-ciri dan Manfaat Tanaman

Buah Penurun Kolesterol

Buah yang satu ini memang cukup baik untuk menurunkan kolesterol jahat, hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid. Dan cara untuk mengkonsumsinya yakni :

  • Cuci bagian permukaan luar dengan air bersih
  • belah jeruk nipis menjadi dua bagian dan iris tipis-tipis
  • Masukan kedalam gelas dan tambahkan air hangat lalu tunggu selama 30 menit
  • Setelah tercampur merata barulah diminum.
  • Lakukan hal ini secara rutin pada pagi dan malam hari.
  1. Apel

Dan yang terakhir adalah buah apel. Buah apel ini dipercaya mengandung zat beta glucan yang mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Buah ini juga baik dikonsumsi dalam jangka panjang secara rutin agar dapat mencegah pengerasan arteri dan tentunya meningkatkan kolesterol baik.

Buah Penurun Kolesterol

Baiklah mungkin hanya ini saja informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis buah penurun kolesterol yang ampuh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua yang memiliki kolesterol tinggi. Cukup sekian dari kami dan terima kasih.