Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Hikmah Ibadah Qurban dalam Kehidupan Sehari-hari Kaum Muslim

Hikmah ibadah qurban sangatlah banyak apalagi berkurban merupakan salah satu bentuk beribadah dengan harapan dapat semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hukum mengenai berkurban juga tertuang di dalam Al-Quran yang merupakan sunnah muakkad yang berarti sangat dianjurkan.


Khususnya bagi orang yang mampu, berkurban menjadi hal yang begitu dianjurkan dan orang yang mampu tapi tidak berkurban, maka hukum bagi dirinya ialah makruh atau tidak disukai oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

Inilah hikmah ibadah Qurban sebagai muslim

Menyembelih hewan kurban dilakukan setelah shalat Idul Adha dan dari sana ada berbagai hikmah berkurban pada Idul Adha seperti:

hikmah ibadah qurban, pahala ibadah qurban, hikmah berkurban pada Idul Adha

  1. Bukti cinta kepada Allah SWT sebagai yang tertinggi

Dalam berkurban, biasanya yang diminta adalah sesuatu atau barang yang paling dicintai/ disukai. Hal ini menguji kesetiaan seseorang apakah dia benar-benar adalah hamba yang mencintai Allah SWT di atas segalanya sampai mau mengorbankan segalanya.

Lewat berkurban di hari Idul Adha inilah, kita sebagai umat muslim membuktikan cinta kepada Allah. Selain itu juga menegaskan bahwa Allah adalah pemilik segalanya termasuk yang dititipkan kepada manusia.

  1. Mendapatkan bekal berupa taqwa

Demi keselamatan di akhirat nanti, maka manusia sangat perlu mencari bekal taqwa. Caranya yaitu dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan dari Allah SWT. Manusia yang memiliki taqwa akan tumbuh dalam dirinya perasaan sebagai hamba dari Allah. Berkurban sendiri merupakan salah satu bentuk ketaqwaan/ ketaatan dan tunduk atas perintah Allah.

  1. Sebagai penebusan dosa untuk mendapat pengampunan

Hikmah berkurban yang lainnya yaitu dosa-dosa sang pelaku yang ada terampuni. Selain itu lewat berkurban maka kita menghindarkan diri serta keluarga dari segala macam cobaan. Hal ini juga dituangkan di dalam kitab Lawaqih al-Anwar (I/94) Syaikh Abdul Wahab as-Sya’rani.

📋 Recommended  Makam Nabi Muhammad, Fakta Unik dan Menarik

Secara singkat, dalam kitab tersebut tertulis ayat bahwa lewat berkurban, maka dosa terampuni dan hilangnya penyakit serta dapat menolah bala. Tidak lupa juga diingatkan bahwa berkurban harus dari harta yang halal.

  1. Berkurban menambah amalan atau pahala yang baik

Dari setiap bulu hewan yang kita kurbankan, maka akan ditimbang pahalanya di kemudian hari di akhirat. Selain itu, kurban juga mengajarkan kepada para pelakunya untuk tidak rakus atau kikir serta bersikap dermawan. Hal ini jelas karena melalui kurban, kita memupuk kasih sayang kepada sesama yang pastinya nanti akan diperhitungkan sebagai salah satu bentuk amalan atau pahala ibadah qurban.

  1. Sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT

Kurban berasal dari akar kata qaruba dimana membentuk kata taqarrub (mendekatkan diri) atau qurb (dekat) dan aqriba (kerabat). Seseorang yang semakin tua dan bertambah usianya maka semakin dekat pulalah kematian dan perjumpaan dengan Allah. Melalui kurban, kita diingatkan dan menjadi insaf sehingga pada akhirnya bisa berjumpa dengan-Nya di dalam setiap kebaikan yang dilakukan.

  1. Menghidupkan sunnah para nabi yang dahulu

Dengan beribadah kurban maka kita juga turut menghidupkan sunnah para nabi yang terdahulu. Ibadah hewan kurban menjadi syiar Islam yang melestarikan sunnah para nabi khususnya sunnah dari Nabi Ibrahim as. Nabi Ibrahim adalah seorang nabi yang berjulukan Khalilulah atau orang yang begitu dekat dengan Allah.

📋 Recommended  Adab dan Doa Masuk Kamar Mandi

Itulah berbagai macam hikmah ibadah qurban khususnya di hari Idul Adha. Melalui pengertian dan rahasia hikmah dalam berkurban di atas, diharapkan semakin mendorong kita untuk mau melakukan ibadah kurban baik itu dengan sapi atau kambing atau hewan yang diperbolehkan dalam syariat Islam.

✰ advertisement ✰