Cara Merawat Bayi 0 Bulan yg Baru Lahir buat Pasangan Muda

Bagi pasangan muda yang baru saja memiliki momongan pastinya harus tahu cara merawat bayi 0 bulan. Merawat bayi baru lahir hingga usia 6 bulan memang memiliki tantangannya sendiri.

Usia ini adalah di saat bayi membutuhkan perhatian khusus sehingga fase tumbuh kembangnya berjalan lancar dan sehat. Berikut ini tips yang sebaiknya Anda ketahui untuk merawat sang buah hati.

cara merawat bayi 0 bulan kulit bayi mengerut

Inilah cara merawat bayi 0 bulan saat baru lahir

  1. Menjaga kebersihan serta keamanan

Ketika hendak menggendong atau memegang bayi, sebaiknya cuci tangan dulu. Hal ini bisa mencegah bayi terkena serangan virus dan kuman. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati saat menggendong bayi dengan memastikan memegang bagian kepala dan leher bayi dalam posisi benar.

Jangan mengguncangkan bayi ketika mau membangunkan atau menenangkan mereka karena bisa beresiko memicu pendarahan otak.

  1. Merawat tali pusatnya

Bayi baru lahir harus dirawat tali pusatnya karena tali pusat biasanya masih terlihat. Jagalah tali pusat dan kulit di sekitarnya supaya tetap kering dan bersih.

Perhatikan apakah tali pusat berubah menjadi berbau dan muncul kemerahan karena bisa jadi bayi mengalami infeksi. Segeralah periksakan ke dokter apabila Anda melihat kondisi tersebut.

  1. Perhatikan waktu tidur

Cara merawat bayi 0-6 bulan biasanya memiliki waktu tidur yang lebih lama dari orang dewasa. Rata-rata hingga 18 jam setiap hari sehingga bayi sering mengalami pola tidur tidak tetap dan mereka masih belajar menyesuaikan.

Waktu tidur bayi akan berangsur teratur setelah di atas 6 bulan. Anda bisa memastikan bayi tidur nyaman dengan memberikan pijatan perlahan, memandikan dengan air hangat, dan membuat tempat tidur nyaman.

  1. Mengganti popok

Dalam sehari, Anda mungkin bisa saja mengganti popok bayi lebih dari 10 kali. Biasanya warna kotoran bayi baru lahir berupa mekonium yang terdiri dari lendir dan cairan.

Bunda harus sering-sering membiasakan mengganti popok bayi secara teratur sebagai perawatan bayi baru lahir dan jangan membiarkan buah hati memakai popok yang sama selama berjam-jam.

  1. Pemberian ASI Ekslusif tiap 1-2 Jam sekali

Bayi yang baru lahir perlu untuk diberi minum ASI sekitar 8-15 kali dalam sehari. Kapasitas perut bayi masih kecil sehingga mereka tidak bisa makan banyak.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Jangan memberi bayi new born dengan susu berlebihan dan sebaiknya atur jadwal pemberian ASI. Anda tidak perlu menunggu mereka menangis atau berteriak kencang dulu untuk memberikan ASI.

  1. Memandikan bayi

Anda cukup menyeka tubuh bayi dengan waslap atau kain lembut dan jangan memandikan bayi sebelum tapi pusat mereka copot dan area sekitarnya mengering.

Saat tali pusat sudah copot, maka Anda baru bisa memandikan bayi dengan sabun dan sampo khusus bayi. Benda-benda pendukung lain untuk mandi bayi juga harus diperhatikan benar seperti handuk halus serta bak mandi.

Itulah cara merawat bayi 0 bulan hingga 6 bulan yang bisa Anda lakukan untuk sang buah hati. Semoga bermanfaat. Baca juga: Bayi 0 Bulan Tidur Miring Apakah Diperbolehkan?