hamilplus.com

Efek Samping Minum Rebusan Daun Salam Apabila Berlebihan

Efek samping minum rebusan daun salam dapat terjadi pada siapa saja yang mengonsumsinya. Daun salam selama ini dikenal sebagai salah satu jenis bumbu dapur. Ternyata daun salam bukan hanya digunakan sebagai penyedap masakan saja.

Daun salam sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan secara alami berkat berbagai kandungan senyawa yang bekerja secara efektif di dalamnya.

Inilah efek samping minum rebusan daun salam

Daun salam atau dalam Bahasa latinnya disebut syzigium polyanthum dapat dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Cara mengonsumsi daun salam untuk kesehatan dan kecantikan adalah dengan merebusnya lalu diminum airnya.

efek samping minum rebusan daun salam

Beberapa manfaat minum daun salam untuk kesehatan antara lain dapat mengobati diare, asam urat, tekanan darah tinggi, maag, gatal, kudis, hingga kanker. Tapi konsumsi air rebusan daun salam secara berlebihan justru dapat menimbulkan efek samping buruk bagi kesehatan, antara lain:

  1. Eksim

Eksim merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang harus sesegera mungkin ditangani. Terlalu banyak mengonsumsi rebusan daun salam dapat memicu kemunculan penyakit ini. Seringnya, eksim akan muncul pada bagian wajah, tangan dan berbagai bagian tubuh lainnya.

baca juga :  Efek Samping Ranitidine Yang Perlu Diwaspadai Dampaknya

Efek samping munculnya eksim saat mengonsumsi rebusan daun salam secara berlebihan sangat bergantung pada kondisi ketahanan dan sistem imun tubuh.

  1. Menyebabkan kecanduan

Meskipun belum terbukti secara ilmiah, namun telah banyak pendapat yang mengemukakan bahwa daun salam dapat menimbulkan efek kecanduan. Hal ini dapat dilihat ketika seseorang sudah membubuhkan daun salam ke dalam masakan, pasti akan terus melakukan hal yang sama karena merasa ada yang kurang jika tidak ditambah daun salam.

Hal itulah yang perlu diwaspadai apalagi ketika mengonsumsi air rebusan daun salam. Sebagai langkah antisipasi, konsumsilah air rebusan daun salam dalam takaran yang sesuai.

  1. Memicu konstipasi

Efek samping konsumsi rebusan daun salam yang tidak disangka adalah dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit. Efek ini muncul ketika mengonsumsi rebusan daun salam terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak.

Makanya minumlah rebusan daun salam sesuai dengan aturan minum daun salam, dengan begitu sembelit tidak akan menyerang. Anda juga dapat menetralisirnya dengan mengonsumsi ekstrak cincau untuk mempermudah buang air besar.

  1. Sesak nafas

Mengkonsumsi rebusan daun salam sangat tidak direkomendasikan bagi penderita asma atau gangguan pernapasan lainnya. Daun salam bagi mereka akan memicu sesak napas.

  1. Kehamilan bermasalah

Begitu pula dengan ibu hamil yang sangat dianjurkan untuk menjauhi air rebusan daun salam. Hal ini dikarenakan rebusan daun salam justru akan berpengaruh buruk pada tumbuh kembang sang buah hati. Bahkan efek paling buruknya dapat menyebabkan keguguran.

baca juga :  Apakah Manfaat dan Efek Samping Fruitamin Soap? Mari Disimak!

Efek Samping Kianpi Pil Penggemuk Badan

Di samping segudang manfaatnya sebagai bumbu dapur dan bahan alami untuk pengobatan serta kecantikan, daun salam juga mengandung efek samping negatif. Efek samping minum rebusan daun salam dapat muncul apabila dilakukan dengan intensitas tinggi dan berlebihan. Konsumsilah rebusan daun salam secara bijak.

⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆