★ efek samping daun afrika ★ Efek minum ramuan daun afrika ★ efek daun afrika ★ efek negatif daun afrika ★
hamilplus.com

Efek Samping Daun Afrika Sebagai Tanaman Obat Herbal

Efek samping daun afrika sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu sebelum berencana mengonsumsinya. Sama dengan namanya, daun afrika dahulunya memang berkembang di daratan benua Afrika.

Seiring berjalannya waktu, tanaman ini dapat tumbuh di negara-negara tropis, salah satunya Indonesia. Daun afrika merupakan salah satu tanaman herbal untuk pengobatan.

Manfaat daun Afrika

Sebelum lebih lanjut membahas tentang efek samping daun afrika, simak beberapa manfaat daun afrika berikut ini:

  • Menurunkan dan menetralisir asam urat
  • Mencegah dan mengobati penyakit diabetes
  • Menetralisisr tekanan darah sehingga dapat mencegah dan mengobati stroke
  • Membantu melakukan pencegahan terhadap pengerasan pada organ hati
  • Meminimalisisr kadar kolesterol jahat di dalam tubuh

efek samping daun afrika efek samping daun afrika efek samping daun afrika dampak

Kandungan zat dan nutrisi dan terdapat di dalam daun afrika memang sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengobati beberapa penyakit yang disebutkan di atas. Seperti daun-daun herbal yang lainnya, daun afrika dapat dijadikan obat dengan cara direbus dan diminum airnya.

baca:  Efek Samping Sabun Black Walet / Reaksi Awal, Apakah Ada?

Efek samping daun Afrika

Walaupun daun afrika mengandung banyak sekali manfaat untuk pencegahan dan pengobatan penyakit, namun daun ini tetap mengandung efek samping. Semua pengobatan di dunia ini, medis ataupun herbal selalu mengandung efek samping. Berikut ini adalah beberapa efek samping daun afrika:

  • Menimbulkan gatal-gatal

Respon tubuh terhadap bahan atau zat baru yang masuk ke dalamnya sangatlah beragam. Salah satunya ialah ketika mengonsumsi daun afrika dalam rangka pengobatan. Bagi tubuh yang sistem imunnya terlalu sensitive terhadap benda asing yang baru saja masuk, konsumsi daun afrika akan menyebabkan gatal-gatal.

Gatal-gatal yang muncul layaknya alergi seseorang terhadap makanan laut sehingga dapat meruam atau memerah. Biasanya gatal-gatal akan hilang setelah tubuh mampu beradaptasi.

  • Membahayakan kandungan jika dikonsumsi ibu hamil

Kandungan daun afrika diyakini dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan kandungan. Karena alasan itulah bagi ibu hamil sangat dilarang untuk mengonsumsi daun afrika. Bahkan saat sedang menstruasi pun tidak diperbolehkan mengonsumsi daun ini. Memang belum ada penelitian terkait. Jadi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya adalah langkah yang sangat tepat.

  • Menyebabkan mual hingga muntah

Daun afrika memiliki rasa pahit yang luar biasa. Meskipun hanya meminum air rebusannya, namun rasa pahit yang teramat sangat masih terasa. Rasa pahit inilah yang sering menimbulkan mual hingga muntah bagi orang-orang yang memang tidak tahan dengan pahit. Kebanyakan orang memang tidak menyukai sayuran atau bahan makanan yang memiliki rasa pahit.

  • Memicu terjadinya pembengkakan

Efek samping konsumsi daun afrika yang selanjutnya adalah terjadinya pembengkakan. Pembengkakan dapat terjadi di berbagai bagian tubuh seperti kaki, tangan dan yang lainnya. Meski tidak terlalu terlihat, namun pembengkakan cukup mengganggu kelancaran aktifitas sehari-hari.

baca:  Efek Samping Minyak Lintah yang Wajib Diketahui Sebelum Pakai

Efek Samping Lidah Buaya buat Kesehatan

Efek samping daun afrika yang tergolong dalam tanaman obat herbal tetap ada. Meskipun demikian, efek samping yang dijelaskan di atas adalah efek samping yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan obat medis yang mengandung berbagai bahan kimia.

Efek Samping Daun Afrika Sebagai Tanaman Obat Herbal

durasi baca: 3 min
⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆