★ efek samping daun sirih ★ efek samping daun sirih bagi rahim ★ efek daun sirih untuk rahim ★ efek samping minum rebusan daun sirih ★ epek samping daun sirih jika di makan ★
hamilplus.com

Efek Samping Daun Sirih Dari Segi Positif dan Sisi Negatifnya

Efek samping daun sirih bagi wanita banyak macamnya dari sisi positif maupun sisi negatif. Daun sirih merupakan salah satu tanaman obat yang mengandung berbagai zat alami yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan zat tersebut antara lain vitamin C, alkaloid, fitokimia, dan polifenol yang masing-masing memiliki fungsi untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Efek samping daun sirih dilihat dari sisi positif

Selain memiliki efek samping negatif bagi kesehatan, daun sirih ternyata memiliki segudang efek samping positif atau manfaat yang sudah dibuktikan oleh dunia kesehatan. Berikut ini adalah manfaat daun sirih:

efek samping daun sirih

  • Menjaga kebersihan area kewanitaan

Keputihan merupakan suatu hal yang wajar yang terjadi pada wanita. namun terdapat pula jenis keputihan yang tidak normal dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan reproduksi. Efek samping daun sirih bagi kewanitaan dalam segi positif sangatlah besar karena dapat menghilangkan keputihan secara optimal serta dapat menjaga kebersihan organ reproduksi wanita.

Hal itu dikarenakan kandungan kavikol dalam daun sirih yang dapat membasmi jamur pemicu keputihan hanya dengan membasuhkan air rebusan daun sirih pada organ kewanitaan secara rutin.

  • Dapat menyembuhkan jerawat

Daun sirih mengandung minyak atsiri yang sangat ampuh dalam membasmi bakteri penyebab jerawat dibandingkan zat fenol. Masalah jerawat yang membandel dan sulit dihilangkan dapat diatasi oleh daun sirih secara efektif. Caranya hanya dengan rutin membasuh wajah dengan air rebusan daun sirih.

  • Mengatasi bau badan tak sedap

Keringat meupakan hal yang wajar bagi setiap orang. Namun, keringat yang memunculkan bau badan tidak sedap dapat menjadi masalah tersendiri karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Daun sirih juga merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk menumpas bau badan tak sedap yang sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri.

baca:  Efek Samping Fiforlif Sebagai Produk Olahan Jus Herbal

Kandungan kavikol pada daun sirih dapat menjadi disinfektan sekaligus anti jamur penyebab bau badan. Cara mengaplikasikannya sangat mudah yakni dengan mengonsumsi secara harian air rebusan daun sirih.

  • Mengobati iritasi pada mata

Menjadi gangguan terbesar ketika mata mengalami iritasi. Namun masalah ini dapat diatasi dengan membasuh atau mengompres mata dengan air rebusan daun sirih secara rutin. Kandungan riboflavin dapat meringankan dan menyembuhkan iritasi pada mata.

  • Menurunkan resiko kanker

Efek samping rebusan daun sirih di bidang positif juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker yang saat ini menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Kandungan polifenol, flavonoid dan alkaloid dalam daun sirih dapat bekerja secara efektif sebagai antioksidan serta anti-inflamasi yang mecegah penyakit kanker serta meningkatan sistem kekebalan tubuh.

Cara mengonsumsi daun sirih untuk manfaat ini secara tepat adalah dengan meminum air rebusan daun sirih yang dapat ditambah gula jawa atau gula batu sebagai pemanis secara rutin setiap hari.

baca:  Efek Samping Glucogen Bagi Kesehatan Tubuh/Kulit Manusia

Efek samping daun sirih dilihat dari sisi negatif

Di samping sederet manfaat daun sirih, terdapat pula efek samping dari daun sirih yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Efek samping negatif daun sirih yang dikonsumsi atau diaplikasikan secara berlebihan antara lain:

  • Dapat membunuh bakteri baik

Antibiotik dan antiseptik yang terkandung dalam daun sirih sangatlah major dalam membasmi bakteri. Namun konsumsi secara berlebihan justru dapat membunuh bakteri baik yang justru dibutuhkan oleh tubuh.

  • Membuat rahim menjadi kering

Daun sirih juga dapat berdampak negatif bagi rahim. Efek samping daun sirih bagi rahim terlebih dapat terjadi pada wanita yang masih single namun terlalu sering mengonsumsi daun sirih atau air rebusannya. Hal ini akan memicu kekeringan pada rahim yang membuatnya menjadi sulit hamil.

  • Menyebabkan iritasi pada area kewanitaan

Menggunakan air rebusan daun sirih secara berlebihan untuk membasuh area kewanitaan juga dapat memberikan efek samping negatif karena membuat organ reproduksi menjadi mudah iritasi. Untuk itu, jangan terlalu intens dalam menggunakannya untuk membasuh organ kewanitaan.

  • Mempercepat detak jantung

Konsumsi rebusan daun sirih juga dapat memicu jantung berdebar yang beresiko menyebabkan penyakit jantung. Untuk itu, sebaiknya segera berhenti mengonsumsi rebusan daun sirih apabila hal ini terjadi.

  • Terserang kanker otak

Selain memicu penyakit jantung, konsumsi daun sirih melebihi takaran dan dilakukan dalam jangka waktu lama juga dapat memicu penyakit kanker otak.

baca:  Deretan Efek Samping Green Coffee, Nomor 3 Mencengangkan!

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Mata

Demikianlah beberapa ulasan mengenai efek samping daun sirih yang dapat dilihat dari sisi positif dan negatif. Yang terpenting dalam mengaplikasikan daun sirih sebagai obat yang berkhasiat adalah dengan takaran dan ukuran yang sesuai dengan aturan pakai dan jangan berlebihan.

Efek Samping Daun Sirih Dari Segi Positif dan Sisi Negatifnya

durasi baca: 5 min
⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆